7 Aplikasi Buku Kas untuk PC Secara Online

Bingung cara menuliskan laporan keuangan dapat diatasi dengan aplikasi buku kas untuk PC yang dapat diakses secara online. Laporan keuangan merupakan catatan penting dalam kehidupan pribadi, apalagi bagi pelaku bisnis yang arus masuk/keluar uangnya cepat.

Kurang paham ilmu akuntansi menjadi kerancuan untuk meletakkan suatu proses transaksi keuangan pada kolom yang mana dan harus balance. Maka, aplikasi berikut dihadirkan untuk membantu dalam bentuk formula yang telah terprogram, yaitu antara lain:

1. Quicken

Quicken adalah salah satu aplikasi untuk membuat buku kas yang sifatnya berbayar, namun hasil kerjanya sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Meski awal aplikasi ini dibuat khusus untuk PC saja, kini telah dikembangkan untuk semua perangkat.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pencatatan keluar masuk arus pada kas keuangan pribadi secara terstruktur. Penghitungannya dapat sedemikian detil karena ada formula yang sudah langsung dapat dikenakan di sini, bahkan pembuatan anggaran dapat dilakukan.

2. Zahir Accounting

Berbicara tentang Zahir Accounting tentunya menjadi aplikasi buku kas untuk PC yang telah akrab didengar bagi penggiat bidang bisnis. Pasalnya aplikasi ini merekam detil pemasukan juga pengeluaran serta menganalisa keuangannya, kelebihan terakhir ini paling diminati.

Kebutuhan analisa selalu dibutuhkan untuk evaluasi dalam kebijakan bisnis sedangkan untuk melakukannya membutuhkan waktu yang banyak. Sehingga bantuan aplikasi mampu memotong alur lebih efisien dan dapat melakukan pencatatan impor dan ekspor juga.

3. Money Keeper

Aplikasi satu ini lebih dikenal penggunaannya untuk pencatatan dan pengurusan laporan outcome dan income sebuah perusahaan. Sehingga sistemnya lebih seperti pengawasan tentang alur keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat dikategorikan keuangan sehat atau tidak.

Lebih jauh tentang aplikasi Money Keeper ini digunakan juga untuk membuat sebuah sistem tentang utang piutang, berikut juga dengan pembayarannya. Selain itu dapat digunakan untuk membuat taksiran harga pada sebuah event agar tidak terjadi boncos.

4. TemanBisnis

Teman Bisnis dihadirkan sebagai aplikasi buku kas untuk membantu pelaku UMKM yang terkendala dalam pembukuan keuangan. Karena kebanyakan UMKM hanya melakukan pembukuan manual bahkan berdasarkan ingatan, maka aplikasi ini dihadirkan dengan tampilan yang user friendly.

5. Mint

Aplikasi Mint termasuk salah satu aplikasi buku kas yang sayang jika dilewatkan pelaku bisnis dan dapat digunakan gratis secara online. Pengguna dapat membuat anggaran keuangan baik itu berdasarkan pemasukan maupun pengeluaran bahkan utang dan piutang.

Cukup dengan mengamati data catatan secara riil dan menempatkannya pada buku kas online sehingga akan didapatkan laporan keuangan yang aman. Memang butuh konsistensi untuk terus menuliskan setiap detil transaksi keuangan agar laporan yang dihasilkan tepat. .

6. YNAB

YNAB menjadi bagian dari aplikasi buku kas yang juga dibutuhkan biaya untuk mengaksesnya, meski awalnya ada trial 1 bulan. Penawaran ini disesuaikan dengan banyaknya edukasi yang diberikan terutama untuk pengguna yang awam dengan buku kas.

Selain edukasi penggunaan buku kas, diberikan juga edukasi untuk mengatur keuangan berupa tips-tips menghemat uang serta pengaturan pengeluaran uang. Dan pastinya penggunaan aplikasi pencatatan keuangan yang mumpuni beserta formulanya telah disiapkan agar mudah digunakan pemula.

7. Bukukas

Selanjutnya ada juga aplikasi Bukukas yang karena kemudahan dan kelengkapannya populer di Indonesia karena pencatatan keuangan yang detil dalam perusahaan. Dapat juga dilaporkan keuangan keluar atau masuk perusahaan dan ada rekapitulasi pencatatan transaksi setiap harinya.

Demikian 7 aplikasi buku kas untuk PC yang mudah digunakan dengan masing-masing kelebihan yang ditawarkan. Pencatatan keuangan sangat penting untuk mengetahui transaksi yang dilakukan apakah sesuai dengan pemasukan yang didapatkan sehingga menjadi evaluasi.