Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Apakah Anda sedang mencari cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi? Ketika saling berkirim pesan WA dengan orang lain, terkadang ada situasi di mana pesan tersebut tiba-tiba dihapus oleh pengirimnya, padahal belum sempat dibaca.

Seringkali ketika mengalami situasi ini, penerima pesan merasa penasaran sebenarnya apa isi tulisannya. Atau ada juga momen di mana pesan sudah terlanjur dihapus, padahal ada yang penting dan diperlukan untuk kebutuhan tertentu.

Jangan panik, karena Anda bisa mengatasi kondisi seperti ini. Tidak perlu menggunakan repot mengunduh aplikasi tambahan. Beberapa cara bisa dicoba untuk dilakukan akan diulas pada pembahasan berikut.

Inilah 4 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi Mudah Diterapkan

Ketika pesan WA sudah dihapus padahal ada bagian penting yang ada di dalamnya, tidak perlu khawatir. Inilah 4 cara bisa Anda coba lakukan untuk melihat kembali pesan WA tersebut tanpa aplikasi:

1. Melihatnya Lewat Google Drive

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi pertama melalui Google Drive. Google Drive merupakan layanan yang dikeluarkan oleh Google untuk tempat menyimpan berbagai jenis berkas maupun file, termasuk chat WA.

WA menyediakan fitur cadangkan pesan di Google Drive yang dapat dimanfaatkan. Bila Anda tertarik untuk mencoba melihat chat melalui Google Drive, ikuti langkah berikut ini:

1. Pertama-tama, buka aplikasi WA yang sudah terpasang di ponsel.

2. Bila halaman WhatsApp sudah terbuka, tekan bagian menu Settings atau Setelan pada titik tiga pojok kanan paling atas.

3. Akan muncul beberapa pilihan menu, tekan Chats, lanjutkan dengan Chat Back Up.

4. Setelah itu, tekan menu Back Up to Google Drive.

5. Lanjutkan dengan memilih waktu obrolan yang ingin dicadangkan.

2. Mengaktifkan Notification History

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan fitur notification history. Tapi, tidak semua ponsel bisa menggunakan fitur satu ini, hanya untuk versi Android 11 ke atas. Berikut caranya:

1. Awali langkah dengan membuka menu Setting pada ponsel.

2. Setelah itu, tekan bagian menu bertuliskan Notification.

3. Lanjutkan dengan menekan Advanced settings, lalu aktifkan notification history.

4. Sesudah itu, seluruh notifikasi pesan WhatsApp akan masuk ke ponsel. Termasuk di dalamnya chat yang telah dihapus sebelumnya juga akan muncul.

Sebagai tambahan informasi, chat yang muncul akan ditumpuk dengan pemberitahuan lainnya selama kurun waktu 24 jam. Tapi sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan oleh pengguna untuk memulihkan file dalam bentuk media, seperti video, audio maupun foto.

3. Memanfaatkan Ekspor Chat

Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur ekspor chat. Bukan hanya pengguna ponsel Android saja yang bisa menerapkan metode ini, tapi juga iOS. Langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, buka menu Settings pada WhatsApp.

2. Kemudian, tekan menu Chats, lanjutkan dengan memilih bagian Chat History.

3. Setelah itu, tekan Export Chat.

4. Lanjutkan dengan memilih kontak WA yang ingin diketahui pesannya. Bila ingin mengembalikan file dalam bentuk video, foto atau jenis lain, tekan bagian Sertakan Media.

5. Sekarang Anda tinggal menunggu selama beberapa saat sampai proses pencadangan selesai.

6. Sesudah selesai, transkrip pesan bisa disimpan di Google Drive atau alamat email.

7. Langkah terakhir, cek Google Drive atau email Anda untuk melihat chat terhapus.

Cara lainnya bisa dicoba adalah melakukan install ulang. Setelah melakukan pengunduhan ulang, bisa menekan bagian Restore untuk mengembalikan seluruh pesan WA. Ingin mencoba cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi mana disesuaikan kebutuhan.