6 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio Android Terbaik

Kehadiran aplikasi edit audio android sangat membantu para pembuat konten untuk mengedit suara hanya dengan menggunakan smartphone dari mana saja. Apalagi bagi kreator yang senang membuat podcast hanya untuk sekedar hobi atau pun memperoleh penghasilan.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk mengedit audio, tetapi tidak semuanya memiliki kemampuan atau kualitas yang baik. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pengedit audio yang banyak digunakan para pembuat konten karena kualitasnya yang bagus.

1. AudioLab

AudioLab adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan memproses dan menganalisis data audio. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk memproses sinyal audio secara real-time atau offline seperti aplikasi perekaman suara,  pemrosesan suara, dan pengolahan sinyal audio.

Aplikasi tersebut mampu untuk melakukan trim audio yang meliputi crop, cut, paste, fade, redo, undo, serta add silence. Tidak hanya itu, dengan Audiolab juga mampu mengubah suara, mengonversi audio, merge audio, dan membuat ringtone sendiri.

2. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor adalah pengedit audio untuk perangkat seluler untuk merekam, memotong, menggabungkan, dan memodifikasi berbagai format file audio. Adapun file audio yang bisa diedit menggunakan aplikasi ini berupa MP3, WAV, AAC, AMR, dan M4A.

Lexis Audio Editor juga memiliki fitur untuk menambahkan efek suara, seperti chorus, echo, reverb, dan flanger. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui play store yang terdapat di android dengan berbagai tipe, merk, atau jenis apapun.

3. Mstudio

MStudio adalah pengedit yang menyediakan berbagai alat dan fitur untuk membuat musik dan mengedit audio. Aplikasi ini kemampuan yang intuitif dan mudah digunakan dengan berbagai instrumen virtual dan efek suara yang digunakan dalam produksi musik.

Mstudio tidak hanya berguna untuk untuk melakukan edit audio saja, tetapi juga mampu memutar mp3. Adapun beberapa fitur yang bisa ditawarkan adalah mengonversi mp3 dengan mengubahnya menjadi format WAV, AAC, M4A, dan banyak jenis lainnya.

4. Music Editor

Music Editor dapat digunakan untuk merekam, memotong, menggabungkan, dan memodifikasi berbagai format file audio, seperti MP3, WAV, AAC, dan AMR. Music Editor juga memiliki fitur untuk menambahkan efek suara, seperti chorus, echo, reverb, dan flanger.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang semakin memudahkan penggunanya untuk mengedit audio di smartphone. Beberapa fitur pelengkapnya yaitu ringtone maker,  mp3 cutter, dan song editor. Music Editor juga sudah dilengkapi dengan speed editor.

5. Wave Editor

Wave Editor merupakan aplikasi edit audio android yang mampu merekam, memotong, menggabungkan, dan memodifikasi audio. Tidak hanya itu, aplikasi Wave Editor juga menyediakan beberapa fitur untuk menambahkan efek suara, seperti chorus, echo, reverb, dan flanger.

6. Voice Pro

Voice Pro adalah salah satu rekomendasi perangkat lunak pengedit audio yang dirancang khusus untuk merekam dan mengedit suara manusia. Aplikasi Voice Pro juga dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu menghilangkan kebisingan dan memperbaiki kualitas suara.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk menambahkan music pada background audio yang dibuat. Mampu juga mengkonversi teks menjadi suara, sehingga dapat membantu dalam produksi podcast, buku audio, dan aplikasi lain. Selain itu juga mampu menghilangkan vokal.

Jadi, terdapat 6 aplikasi edit audio android yang direkomendasikan sebagai alat bantu untuk mengedit suara. Sehingga sangat berguna bagi para konten kreator yang sering kali membuat podcast atau jenis konten lainnya yang menggunakan audio suara.