Mengenal Lebih Jauh Aplikasi Pengenal Wajah Untuk Menjaga Keamanan Privasi

Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir sejumlah aplikasi pengenal wajah yang cukup populer hingga detik ini. Bahkan yang awalnya hanya berguna untuk menjaga keamanan perangkat, kini sudah digunakan sebagai alat untuk mendeteksi wajah yang mirip dengannya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan berbeda-beda, ada yang menjadikannya sebagai hiburan dan ada juga yang memastikan foto dirinya tidak disalahgunakan. Semua hal ini dapat dilakukan dengan mudah hanya berbantuan aplikasi untuk mengenal wajah sebagai berikut:

1. LogMe

Mungkin beberapa pengguna android tidak asing lagi dengan nama aplikasi LogMe, hanya saja manfaat dari aplikasi ini belum tersebar luas. Perlu diketahui LogMe merupakan salah satu aplikasi untuk mengenal wajah yang memiliki sistem operasi sederhana.

Pengguna hanya perlu mengunggah gambar dari kamera maupun memori penyimpanan smartphone, kemudian LogMe secara otomatis akan mendeteksi wajah pada gambar. LogMe akan memberi seluruh daftar wajah yang memiliki tingkat kemiripan sama dengan foto yang diunggah.

2. IObit AppLock

Jika tengah mencari aplikasi untuk mengenal wajah sebagai pengamanan perangkat, IObit AppLock dapat menjadi solusinya. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mengunci seluruh pengaturan sistem sehingga pengguna hanya perlu menampilkan wajah jika ingin membuka kunci.

IObit AppLock dapat mengenali wajah para penggunanya ketika ingin membuka kunci pada layar smartphone miliknya. Jika ada pihak yang memaksa untuk membuka perangkat maka aplikasi akan bergerak cepat dengan memberikan notifikasi pada pengguna melalui email.

3. AppLock Face

Selain IObit AppLock, terdapat pula aplikasi pengenal wajah yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan perangkat yakni AppLock Face. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat memungkinkan para pengguna lain untuk memberikan keamanan pada perangkat melalui suara.

Sama dengan beberapa perangkat lain, agar dapat menjalankan aplikasi pengguna harus menyinkronkan wajah dan suaranya. Kemudian pengguna hanya perlu menunggu hingga sistem biometric pada aplikasi telah selesai dalam menyimpan data dan aplikasi dapat langsung digunakan.

4. Luxand

Aplikasi untuk mengenal wajah berikutnya adalah Luxand yang merupakan salah satu aplikasi  paling canggih untuk mengenal wajah seseorang. Luxand merupakan aplikasi yang sangat akurat sehingga para pengguna dapat memanfaatkan seluruh fitur yang tersedia.

Tak hanya melalui smartphone, aplikasi Luxand kini juga dapat dioperasikan melalui perangkat PC baik berupa laptop maupun komputer. Seiring perkembangannya kini banyak organisasi di dunia yang sudah mulai memanfaatkan kecanggihan aplikasi Luxand ini.

5. Face Recognition

Teknologi untuk mengenal wajah berikutnya adalah Face Recognition yang merupakan salah satu jenis aplikasi buatan MMM Developers. Aplikasi Face Recognition ini dirancang secara khusus agar dapat digunakan pada perangkat berupa android saja.

Aplikasi ini memiliki kapasitas ukuran yang sangat kecil yakni sekitar 25 MB saja sehingga pengguna handphone kentang tidak perlu khawatir. Face Recognition juga dapat digunakan secara gratis oleh pengguna tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

6. Pictriev

Daftar aplikasi untuk mengenal wajah berikutnya adalah Pictriev, aplikasi ini dapat digunakan pada seluruh perangkat smartphone. Aplikasi ini dapat mengenali berbagai bentuk wajah baik yang berasal dari gambar maupun diambil secara langsung.

Pictriev akan memberikan informasi detail mengenai gambar wajah yang diunggah bahkan informasi terkait gambar tersebut jika berada pada suatu grup. Aplikasi banyak digunakan masyarakat sebagai hiburan bahkan kepentingan pribadi yang cukup menarik untuk dicoba.

Itulah informasi Pictriev menarik terkait daftar aplikasi pengenal wajah terbaik, masing-masing aplikasi pastinya memiliki manfaat tersendiri. Entah untuk menjaga keamanan atau bahkan hanya untuk hiburan semata, semuanya bergantung pada tujuan masing-masing pengguna.