Inilah Deretan 3 Android Emulator PC yang Ringan dan Terbaik

Jika Anda ingin merasakan android emulator pc yang ringan tentunya diperlukan sebuah software khusus yang bernama emulator. Sekarang ini sudah banyak sekali berbagai pilihan android emulator yang ringan dan dapat digunakan oleh mereka yang mencari emulator dengan performa terbaik.

Sebuah sistem operasi tidak jarang menjadi penghalang untuk seseorang menggunakan perangkat lunak. Sebab, adanya suatu perangkat lunak yang tidak kompatibel dengan suatu sistem operasi tersebut. tidak heran jika banyak orang bingung dengan permasalah tersebut.

Apa Itu Android Emulator PC?

Sebelum membahas lebih jauh lagi, mari kita bahas terlebih dahulu perihal pengertian dari android emulator ini. Yang mana secara singkat emulator ini bisa diartikan sebagai suatu perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan software.

Software tersebut memungkinkan suatu sistem komputer meniru fungsi sistem yang berasal dari perangkat atau komputer lain. Emulator ini juga memungkinkan seluruh fungsi software, hardware dan juga komponen lain yang dirancang untuk sistem komputer lainnya.

Bagi pengguna biasa pengalaman tersebut bisa diperoleh ketika Anda menggunakan emulator akan sama sama seperti pada saat menggunakan sistem secara langsung. Sedangkan bagi para developer emulator ini merupakan tools yang sangat berguna untuk menguji coba aplikasi [ada sistem operasi yang dikembangkan.

Sehingga untuk pada saat ini sebagian besar emulator lebih dikenal dan juga sering digunakan dalam bermain game dan emulator yang memiliki sistem operasi iOS atau android di PC yang paling banyak diminati.

Jenis Android Emulator PC yang Bisa Mempermudah Pekerjaan

Setelah mengetahui pengertian dari emulator itu sendiri, lalu apakah emulator tersebut bisa berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia? Jawabannya adalah tentu dapat. Berikut adalah beberapa emulator yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

1. Simulator

Android emulator PC yang direkomendasikan untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia yang pertama adalah simulator. Emulator ini sendiri merupakan simulator bawaan dari Xcode yang mana merupakan sebuah Integrated Development Environment (IDE).

Biasanya emulator Simulator ini digunakan oleh para developer yang bertujuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi iOS dan macOS. Jadi, singkatnya apabila AVD merupakan semulato runtuk mengembangkan aplikasi yang berbasis android, maka simulator ini adalah emulator yang berfungsi untuk mengembangkan aplikasi iOS.

Namun, meski demikian Simulator ini hanya bisa pada Xcode dan hanya bisa dijalankan pada sistem MacOS saja.

2. AVD

AVD adalah emulator bawaan yang berawal dari android Studio yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi Android di PC atau komputer Anda.

AVD biasanya dimanfaatkan oleh para developer untuk menguji dan menjalankan aplikasi android tanpa harus menggunakan perangkat dengan menggunakan sistem operasi android.

Tidak hanya mempresentasikan smartphone android semata, android emulator PC ini juga bisa mempresentasikan tablet, Android TV, Wear OS, hingga Automotive OS selama sistem operasi yang digunakan berbasi android.

3. Bluestacks

Emulator ini merupakan salah satu emulator yang cukup populer yang bertujuan untuk membuka aplikasi android. Sebab bisa dimanfaatkan di berbagai perangkat windows maupun Mac. Tampilan dari emulator ini juga sangat mirip dengan tampilan android yang ada pada umumnya, sehingga sesuai di semua kalangan para penggunanya.

Software Bluestacks ini hadir dengan dukungan untuk Google PLAy Store. Namun, meski demikian layanan Bluestacks ini hanya mendukung sistem operasi untuk android 7. Jadi, sebelum memilih pastikan terlebih dahulu aplikasi yang hendak Anda gunakan agar sesuai.

Setelah mengetahui pengertian android emulator PC dan juga manfaatnya untuk kehidupan apakah Anda mulai tertarik? Sebelum Anda menggunakan emulator yang sesuai dengan keinginan pastikan android Anda mendukung sistem yang ada.