Kenali Kelebihan Aplikasi SAKTI dan Keamanannya

Aplikasi SAKTI atau sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai sarana bagi satker yang terdapat dalam mendukung implementasi SPAN. Aplikasi ini memberikan beberapa kelebihan di dalamnya.

Tentunya beberapa kelebihan tersebut akan menjadi sangat membantu. Tujuannya adalah untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan sampai pertanggungjawaban anggaran.

Aplikasi ini mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada di dalamnya. SAKTI ini memiliki fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan sampai Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu aplikasi juga menerapkan konsep single database.

Keamanan yang Ada di Aplikasi SAKTI

Supaya semua proses perihal penggunaan data yang menggunakan aplikasi ini tetap terjaga dengan aman. Maka seluruh data akan terkoneksi antara SAKTI dan SPAN. Yang mana setidaknya harus memenuhi syarat keamanan berikut ini.

  1. Adanya register user yang berfungsi untuk pembatasan akses. Sehingga dalam pengambilan atau pengiriman data hanya dapat dilakukan oleh orang yang bersangkutan saja
  2. Menggunakan PIN untuk setiap ADK. Tujuannya adalah untuk memastikan jika ADK tersebut telah diketahui dan disetujui oleh pejabat yang memiliki wewenang.
  3. Terdapat hash code yang membuat data akan tetap aman dan juga tidak mengalami perubahan selama proses pengiriman berlangsung
  4. Kerahasiaan data yang mana setiap ADK yang keluar dari SAKTI alam melalui proses enkripsi terlebih dahulu. sehingga bisa dipastikan perihal data tersebut hanya akan terbaca oleh si pengirim dan juga menerima saja.

Ruang Lingkup dan Modul Aplikasi SAKTI

Untuk sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola keuangan yang kompleks pastinya diperlukan banyak modul yang ada di dalam pengoperasiannya. Aplikasi ini sekarang dikembangkan dengan beberapa jenis modul, yaitu:

  1. Modul pelaporan
  2. Modul pembayaran
  3. Modul administrator
  4. Modul bendahara
  5. Modul persediaan
  6. Modul aset tetap
  7. Modul komitmen
  8. Modul penganggaran

Masing-masing dari modul di atas ini tentunya memiliki peran yang berbeda-beda. Mengingat fungsi aplikasi SAKTI ini merupakan aplikasi keuangan tingkat instansi yang meliputi semua proses pengelolaan keuangan negara. Peran tersebut antara lain:

  1. Untuk proses pelaporan anggaran yang akan diperlukan modul pelaporan dan GL.
  2. Untuk proses perencanaan anggaran modul yang digunakan merupakan modul penganggaran.
  3. Sedangkan untuk proses pelaksanaan rencana anggaran akan memerlukan peran modul yang lebih kompleks. Di antaranya yaitu modul bendahara, modul aset tetap, modul pembayaran, modul persediaan dan juga modul komitmen.

Untuk modul komitmen ini sendiri dibagi atas dua hal yaitu, sub modul Manajemen komitmen dan sub-modul manajemen supplier.

Ketahui Beberapa Kelebihan Aplikasi SAKTI

Aplikasi ini terdiri atas SAKTI offline dan SAKTI online. Aplikasi ini menggunakan sistem single entry point, akuntansi yang berbasis akrual dan juga single database. Periodisasi yang terdapat dalam SAKTI ini meliputi dari Januari hingga Desember, audit, unedited.

Aplikasi yang dikembangan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan ini biasanya digunakan oleh seluruh satuan kerja Kementerian atau Lembaga yang terdapat dalam mengelola keuangan negara. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SAKTI.

  1. Aplikasi SAKTIini bersifat user friendly atau mudah digunakan oleh para penggunanya
  2. Memiliki kinerja aplikasi yang lebih konsisten
  3. Bersifat kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti Linux dan windows.
  4. Dapat dioperasikan dengan menggunakan spesifikasi perangkat yang cukup besar
  5. Memiliki sistem operasi database yang terpusat

Sebab kegiatan tersebut dilakukan secara real dengan menggunakan elektronik. Dengan adanya aplikasi SAKTI ini diharapkan sistem pengelolaan dalam setiap kegiatan transaksi akuntansi dan juga pelaporan bisa dikerjakan secara transparan dan juga profesional.