Man watching TV on tablet. Television, multimedia streaming services

Aktifkan Play Store yang Terhapus di Ponsel

Play store merupakan aplikasi penting yang harus tetap ada di dalam ponsel android, sehingga saat hilang harus aktifkan play store itu kembali. Memang banyak dari sebagian pengguna tidak tahu harus melakukan apa tentang masalah ini.

Seperti yang Anda ketahui bahwa play store sendiri merupakan aplikasi cukup penting dan harus tetap ada di ponsel Android. Dengan begitu, penggunanya dapat mengunduh aplikasi-aplikasi lainnya secara resmi.

Biasanya keberadaan aplikasi ini sudah menjadi bawaan ponsel saat baru saja dibeli. Sedangkan ada dua cara bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengembalikannya apabila hilang tanpa disadari dari perangkat yang digunakan.

Untuk cara mudahnya memang seorang pengguna dapat langsung menyetel ulang pengaturan pabrik yang terdapat di menu pengaturan. Namun, tentu cara ini akan membuat seluruh aplikasi di ponsel ikut terhapus.

Untuk mengunduh aplikasi yang hilang tersebut, tentunya membutuhkan jumlah kuota tidak sedikit. Maka beberapa orang lebih memilih untuk aktifkan play store dengan cara lain, sehingga aplikasi lainnya tidak perlu diunduh kembali karena hilang.

Sedangkan keunggulan dari play store sebagai penyedia aplikasi, semuanya memiliki izin. Jadi, para pengguna tidak perlu khawatir tentang adanya virus yang menyerupai aplikasi. Jadi, menggunakan aplikasi tersebut bisa dikatakan sangat aman.

Aktifkan Play Store yang Sempat Terhapus

Sebenarnya langkah-langkah yang akan Anda lakukan ini terbilang cukup mudah, bahkan bagi pengguna baru bisa melakukan proses ini. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna yaitu sebagai berikut ini.

1. Menu Setting

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna android, apabila aplikasi play storenya hilang, maka bisa masuk ke menu setting terlebih dahulu. Setelah masuk ke menu tersebut, maka pengguna bisa segera klik security.

2. Aktifkan Menu Unknown

Begitu, Anda sudah ke menu security, maka langkah yang bisa dilakukan berikutnya yaitu aktifkan menu unknown sources. Dalam menu untuk atifkan play store ini, pengguna dapat memiliki unknown access.

3. Buka Situs Web Apk

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan oleh para pengguna untuk aktifkan play store kembali yaitu membuka situs web APK Mirror. Sedangkan untuk memasuk ke situs tersebut, Anda memulai dari membuka browser di dalam ponsel android.

4. Unduh Aplikasi Play Store

Begitu proses sebelumnya selesai dilakukan, maka pengguna android hanya perlu mengunduh aplikasi google storenya saja. Tentunya, dalam proses ini, Anda bebas memiliki aplikasi untuk versi berapa apabila ingin dipasang ke ponsel.

5. Buka Pengelola File

Apabila proses unduhan ini selesai sebagai upaya aktifkan play store di ponsel Android, maka bisa langsung membukan menu pengelola file. Tujuannya agar aplikasi terpasang karena jenis apk tidak memiliki izin seperti halnya aplikasi di google store bawaan.

6. Install

Setelah semua proses yang Anda lakukan selesai sepenuhnya, maka aplikasi tersebut bisa langsung di install sebagaimana menginstall aplikasi kebanyakan saat diunduh. Proses ini, tentunya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

7. Membuat Akun

Supaya bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi lainnya setelah aktifkan google store tersebut, maka pengguna perlu membuat akun baru atau memasukan akun lama. Untuk prosesnya sendiri sama seperti halnya saat membuat akun di app store bawaan.

Proses pembuatan akun baru tersebut biasanya melibatkan alamat email, nama id, dan lain sebagainya. Tentunya, proses untuk aktifkan play store tersebut tidaklah sulit, sehingga prosesnya dapat dilakukan secara singkat.

Sekarang bagi para pengguna android yang kebetulan dengan sengaja maupun tidak sengaja menghapus aplikasi penting tersebut tidak perlu khawatir. Proses aktifkan play store kembali, bisa melakukan beberapa hal di atas.