2 Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp yang Sangat Ampuh

Anda harus tahu bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp karena suatu saat nanti pasti hal ini akan sangat dibutuhkan. WhatsApp merupakan salah satu social media yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Bahkan tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri.

Jika Anda merasa memiliki banyak rahasia di dalam WA, maka pastikan sudah tahu bagaimana caranya untuk mengunci aplikasi ini agar tidak dilihat oleh orang lain. Di bawah ini adalah cara menguncinya yang benar.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Pengaturan

Rekor penggunaan WhatsApp saat ini sudah jauh lebih tinggi daripada penggunaan SMS. Hal ini karena cara memakainya yang mudah dan lebih hemat. Dengan SMS orang-orang perlu meluangkan banyak pulsa. Sedangkan dengan WA Anda hanya perlu kuota internet secukupnya.

Dengan kemudahan dari social media ini untuk mengirimkan pesan, tidak heran jika aplikasinya banyak digunakan untuk mengirim berbagai pesan Hal ini yang membuat WA terkadang menjadi social media yang dirahasiakan, sehingga harus tahu cara mengunci aplikasi WhatsApp.

Cara paling mudah adalah dengan memakai pengaturan di dalam WhatsApp itu sendiri. Tujuan mengubah pengaturan ini adalah agar aplikasinya hanya bisa dilihat oleh pemiliknya dengan menggunakan sandi atau finger print. Inilah beberapa langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp terlebih dulu
  2. Buka pengaturan yang biasanya terletak di menu titik tiga pojok kanan atas
  3. Cari menu account dan pilih privacy
  4. Scroll dn temukan menu finger print lock
  5. Nyalakan finger print lock, lalu aplikasinya akan terkunci

Setelah selesai, Anda hanya bisa membuka aplikasinya dengan memakai sidik jari. Kemudian orang lain tidak akan bisa membukanya. Hanya saja cara ini masih belum tentu bisa dilakukan di semua jenis HP, mengingat tidak semua jenis HP memiliki program untuk mendukung sidik jari.

Namun mayoritas HP saat ini sudah bisa menggunakan cara mengunci aplikasi WhatsApp dengan memakai pengaturan di dalam aplikasinya sendiri. Misalnya keluaran terbaru dari merek Oppo, Samsung, Realme, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Tetapi jika memang HP Anda tidak mendukung sidik jari, cobalah memakai cara lainnya seperti memanfaatkan apk lock atau pengunci.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Apk

Apk untuk mengunci atau lock banyak tersedia baik di website atau Play Store. Cara ini bisa dilakukan jika tidak bisa menggunakan sidik jari. Tentu saja hasilnya akan sama yaitu bisa mengunci aplikasinya. Ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  1. Buka Play Store untuk mengunduh apknya
  2. Ketikkan nama apk lock lalu enter untuk mendapat hasilnya
  3. Ada beberapa jenis apk lock, lebih baik pilih apk lock dengan penilaian terbaik
  4. Unduh apk lock tersebut. Pastikan koneksi internet stabil
  5. Buka apk lock dan pilih aplikasinya yang akan dikunci. Dalam hal ini adalah WA.
  6. Kemudian pilih pola kuncinya, biasanya ada pilihan pattern atau sandi
  7. Setelah selesai akan ada gambar gembok kecil di WA

Jadi setiap kali ingin membuka WAnya Anda harus memasukkan sandi atau menggambar pola sesuai dengan pengaturan sebelumnya. Dengan begitu, semua pesan rahasia di dalam WA akan aman dari orang lain yang tidak tahu apa sandi untuk membuka aplikasinya.

Setelah memahami bagaimana langkah-langkahnya untuk mengunci WA, Anda bisa lebih tenang jika memiliki pesan atau chat rahasia di dalam WAnya. Dengan begitu Anda juga bisa menghindari konflik dengan orang lain jika melakukan cara mengunci aplikasi WhatsApp.