Kenali Aplikasi Vaksinasi PeduliLindungi, Banyak Manfaatnya

Kehadiran dari aplikasi vaksinasi dari PeduliLindungi pastinya sudah tidak asing di telinga Anda bukan? terlebih lagi pemerintah Indonesia memang menganjurkan masyarakat untuk menggunakan aplikasi ini di smartphone mereka.

Adapun tujuan utama dari penggunaan aplikasi tersebut adalah dapat membantu masyarakat agar ikut serta dalam memberantas virus COVID-19 di mana masih terjadi. Seperti sudah diketahui, bahwa virus COVID-19 memang sempat menjadi pandemi di tahun kemarin.

Sekilas Tentang Aplikasi Vaksinasi dari PeduliLindungi

Jadi, salah satu upaya pemerintah untuk menekan jumlah pasiennya adalah dengan imbauan untuk mendownload aplikasi vaksin tersebut. Agar Anda semakin paham mengenai platform satu ini, maka dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Walaupun kehadiran dari aplikasi tersebut sudah tidak asing bagi sebagian besar orang tetapi masih banyak orang belum memahaminya dengan baik. Jadi aplikasi vaksinasi PeduliLindungi sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintahan untuk pelacakan.

Adapun pelacakan tersebut adalah sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran dari COVID-19. Di mana platformnya mengandalkan partisipasi dari masyarakat agar bersedia untuk membagikan data lokasi ketika sedang berpergian.

Dengan begitu penelusuran riwayat kontak dengan para penderita COVID-19 itulah bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna dari platform inilah akan memperoleh notifikasi apabila sedang berada di keramaian ataupun berada di zona merah.

Tidak sampai di situ saja, PeduliLindungi inilah juga bisa menjadi salah satu bukti bahwa Anda sudah melakukan vaksinasi. Selain itu, juga bisa memberikan informasi terkait dengan lokasi diadakannya tes ataupun vaksin terkait dengan COVID-19 tersebut.

Bagi Anda yang akan menggunakan aplikasi vaksinasi satu ini ternyata sangat mudah karena Anda bisa menginstallnya melalui Play Store ataupun App Store secara gratis. Setelah itu, akan diminta untuk mengisi nama lengkap, nomor Hp sekaligus nomor KTP.

Apabila sudah mempunyai akun, maka hanya perlu melakukan login dengan menggunakan nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya. Di dalamnya itulah ternyata juga menawarkan banyak fitur menarik terutama mengenai diary perjalanan dari penggunanya.

Manfaat Menggunakan PeduliLindungi, Cek Berikut

Kehadiran dari aplikasi vaksinasi untuk COVID-19 inilah ternyata memberikan beberapa manfaat bagi para penggunanya. Bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk menggunakan apk tersebut, maka sebaiknya dapat menyimak penjelasannya berikut.

1. Memberikan Peringatan Kepada Users

Manfaat paling utama yang ditawarkan oleh apk ini adalah dapat memberikan peringatan kepada para penggunanya. Di mana Anda akan memperoleh pemberitahuan apabila sedang berada di keramaian ataupun zona merah.

Tidak sampai di situ saja, Anda mungkin juga akan memperoleh peringatan apabila berada di lokasi di mana terdapat banyak orang yang sedang terinfeksi COVID-19 ataupun pasien di dalam pengawasan.

2. Untuk Download Sertifikat Vaksin

Masyarakat yang sudah mendapatkan suntik vaksin COVID-19 ternyata juga bisa dengan mudah mendownload sertifikat vaksin melalui fitur di dalamnya. Jangan khawatir karena sertifikat itulah bisa diunduh secara gratis.

3. Paspor Digital

Manfaat lainnya yang ditawarkan oleh layanan ini adalah kehadiran paspor digital di dalam PeduliLindungi. Fitur inilah mampu menampilkan sertifikat COVID-19 sekaligus hasil tes COVID-19 yang didapatkan dari laboratorium.

Tidak sampai disitu saja, kehadirannya juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19 melalui PeduliLindungi terutama di dekat lokasi.

4. Menampilkan Digital Perjalanan

Manfaat terakhir adalah kemampuannya yang bisa menampilkan diary digital dari perjalanan Anda. Sebab PeduliLindungi inilah bisa membantu untuk menyimpan ataupun menampilkan history dari perjalanan user.

Walaupun pandemi COVID-19 sudah semakin mengalami penurunan drastis selama beberapa tahun ini, tetapi masyarakat tetapi harus berhati-hati dan patuh. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi vaksinasi dari PeduliLindungi.