Cara Mudah Menentukan Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi sangat perlu diketahui oleh umat muslim di Indonesia. Karena ketika sedang perjalanan atau mengunjungi suatu tempat, terkadang untuk melakukan ibadah perlu mengetahui arah kiblat. Sehingga ketika tidak menemukan masjid atau mushola, seseorang bisa menjalankan kewajiban tersebut.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui arah kiblat. Akan tetapi bagi pengguna yang tidak memiliki perangkat yang mendukung ketika menginstalnya tidak perlu khawatir. Karena jika ingin mengetahuinya, selain memakai aplikasi juga bisa menggunakan internet.

Cara Tahu Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui penjelasan mengenai manfaat mengetahui arah kiblat online tanpa aplikasi, berikut beberapa cara menggunakannya. Untuk mempraktikannya perlu diketahui juga bahwa perangkat harus tersambung dengan internet, baik paket data atau wifi.

1. Buka Browser

Langkah pertama agar tahu arah kiblat melalui internet yaitu dengan menggunakan browser. Ada banyak yang bisa digunakan, seperti Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox dan lain-lain. Caranya masukan url yaitu qiblafinder.withgoogle.com untuk mengetahuinya menggunakan ponsel.

2. Pilih Bahasa

Setelah masuk url yang sudah disebutkan, nantinya pengguna akan diarahkan menuju halaman utama web arah kiblat online tanpa aplikasi dan akan muncul pilihan bahasa. Pengguna bisa memilih bahasa yang dipahami, semisal Indonesia atau English. Selain itu juga bisa menggunakan bahasa lainnya yang tersedia pada website tersebut.

3. Pilih Ayo dan Ok

Tahan selanjutnya akan muncul tampilan halaman dari website Qibla FInder, dan di bawahnya juga muncul tombol Ayo. Hal ini pengguna perlu mengklik tombol tersebut untuk meneruskan langkah berikutnya. Setelah itu pengguna akan dialihkan pada halaman selanjutnya, dan klik saja tombol OK.

4. Izinkan Akses Kamera

Kemudian langkah berikutnya yaitu akan muncul halaman meminta untuk mengizinkan mengakses kamera. Di mana nanti akan muncul pemberitahuan pada halaman web dan sistem meminta akses kamera, pilih saja tombol izinkan. Setelah itu kotak akan muncul lagi dan terdapat pilihan jenis kamera, yaitu kamera belakang atau depan pilih saja kamera depan dan klik OK.

5. Izinkan Akses GPS

Setelah mengizinkan akses kamera, perlu juga mengizinkan akses lokasi agar bisa mengetahui arah kiblat online tanpa aplikasi. Nantinya pengguna akan diarahkan atau disajikan notifikasi yang berisikan mengenai akses lokasi untuk sistem bisa mengetahui keberadaan saat ini, pilih saja izinkan.

6. Klik Kalibrasikan Kompas

Kemudian pengguna akan masuk halaman kompas ketika sudah mengizinkan akses lokasi terkini. Pada halaman tersebut, nantinya kan ada notifikasi untuk mengarahkan kompas pada arah yang benar. Pengguna perlu klik tombol kalibrasi kompas yang ada di bawahnya.

Kemudian muncul notifikasi untuk mengarahkan dan memiringkan ponsel seperti anjuran gambar yang telah disediakan di halaman. Pengguna perlu menggerakan sebanyak tiga kali. Setelah itu tinggal klik tombol selesai yang ada bagian bawahnya.

7. Arah Kiblat Muncul

Jika sudah klik selesai memiringkan ponsel untuk mengizinkan lokasi terkini. Nanti halaman kompas akan muncul arah kiblat yang bisa digunakan sebagai acuan arah melakukan ibadah sholat.

Nah, ketika sedang berada di sebuah tempat di mana tidak menemukan tempat ibadah yaitu masjid atau mushola. Dan pada saat itu tidak memiliki perangkat yang bisa menginstal aplikasi untuk mengetahui arah kiblat. Cara bisa dilakukan dengan menggunakan internet agar mengetahui arah kiblat online tanpa aplikasi.