Cara Download Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Menggunakannya

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan sangat dibutuhkan bagi para pemilik kartu tersebut. Melalui aplikasi tersebut Anda bisa mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi BPJS tersebut memiliki nama BPJSTKU dengan berbagai macam layanan yang bisa diakses tanpa harus ada proses yang sulit. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2018 dan membantu para pemilik kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Tujuannya untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting terkait pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Melalui aplikasi tersebut ada berbagai macam proses layanan yang bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus menggunakan cara manual.

Cara Download Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Sekalipun sudah banyak pemilik BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia, tetapi tidak banyak orang yang memiliki aplikasinya. Tidak heran jika masih banyak yang merasa bingung bagaimana cara mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut untuk menikmati berbagai macam layanannya. 

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store sesuai dengan perangkat yang digunakan. Jika Anda menggunakan Android maka bisa mendownload melalui Google Play Store. Lantas bagaimana cara mendownloadnya? Berikut ini langkah yang bisa diikuti.

  1. Pertama para pengguna Android silahkan masuk di Google Play Store. Sedangkan pengguna iOS ke App Store.
  2. Kemudian Silakan masuk ke Kolom pencarian pada bagian atas dan tulis “BPJSTKU”.
  3. Anda akan langsung menemukan aplikasi tersebut
  4. KLIK “Unduh” atau “Download”.
  5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut sudah terdownload
  6. Aplikasi akan melakukan install secara otomatis

Jika sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk aplikasinya, maka selanjutnya Anda hanya perlu melakukan login sebagai salah satu cara untuk menggunakannya.

Cara Menggunakan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut Anda harus melakukan login terlebih dahulu. Jika sebelumnya tidak pernah melakukan download BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diketahui bahwa ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan login di aplikasi tersebut.

Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan cara pendaftaran peserta baru dan dan pendaftaran pengguna baru. Namun langkah yang digunakan untuk melakukan login pada aplikasi tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda antara cara yang pertama dan kedua.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pendaftaran di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Pertama silahkan masuk alamat email Anda terlebih dahulu
  2. Pastikan bahwa email tersebut masih aktif sebab pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan PIN aktivasi
  3. Apabila PIN tersebut tidak tersedia maka pilih “verifikasi”
  4. Silakan pilih jenis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
  5. Pastikan data yang dipilih sudah sesuai
  6. Masukkan semua data yang diminta
  7. Masukkan nomor KJP atau nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan

Berapa langkah tersebut sudah bisa membantu Anda untuk melakukan login sebagai peserta baru yang menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan bahwa Anda melakukan proses pengisian data yang sesuai dengan ktp dan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jika terjadi kesalahan pada proses pengisian atau terjadi masalah pada proses login, Anda bisa menghubungi pihak customer service BPJS Ketenagakerjaan atau langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat agar bisa dibetulkan segera.

Penggunaan aplikasi untuk BPJS Ketenagakerjaan nama mempermudah mendapatkan berbagai macam layanan tanpa harus melakukan secara manual. Namun tidak banyak orang yang mengetahui keuntungan tersebut dan menggunakan aplikasi BPJS untuk ketenagakerjaan.

Aplikasi tersebut memberikan berbagai macam keuntungan bagi para pengguna. Jika ada berbagai macam informasi yang dibutuhkan terkait kebijakan BPJS Ketenagakerjaan maka Anda juga bisa mengakses melalui aplikasi BPJS ketenagakerjaan.