Kode Remot Panasonik untuk Tipe LED dan Tabung

Kode remot Panasonik berbeda sesuai dengan tipe atau model alat elektroniknya. Banyaknya kode yang ada disebabkan karena semakin banyak produsen elektronik khususnya remot universal dari China.

Pada umumnya, kode pada setiap brand remot universal bisa berbeda-beda satu sama lain, meskipun terkadang terdapat juga produk dengan kode sama. Hal ini disebabkan karena remot universal memiliki software tersendiri.

Developer merancang perangkat dengan berbagai macam kode untuk dimasukkan dalam chip remot televisi. Hal ini dimaksudkan agar semua merek maupun jenis televisi dapat menggunakannya termasuk Panasonik.

Kode TV Panasonik sendiri umumnya terdiri dari tiga digit angka, dimana untuk model LED dan Tabung berbeda satu sama lain. Berikut ini informasi mengenai kode Panasonik beserta cara untuk menerapkannya.

Kode Remot Panasonik dan Cara untuk Menerapkannya

Banyak variasi yang bisa diterapkan. Hal ini berguna untuk menghindari ketika setting mengalami kegagalan karena kode tidak berfungsi atau tidak cocok. Solusinya, pengguna bisa mencoba berganti variasi angka.

Anda bisa mencoba variasi lain hingga setting berhasil dilakukan pada perangkat. Jika Anda sudah mendapatkan variasi yang ingin digunakan, maka berikut ini cara menerapkannya pada perangkat dengan sangat mudah.

1. Pilih Variasi untuk Model LED atau Tabung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Panasonik memiliki model alat elektronik berupa LED dan Tabung. Keduanya memiliki kode remot Panasonik yang berbeda meskipun sama-sama berjumlah tiga digit angka.

Untuk model LED, Anda bisa menggunakan variasi 014, 066, 022, 021, 015, 001, 020, serta 059. Anda bisa mencoba memasukan variasi yang paling cocok dan berfungsi dengan baik pada televisi.

Kemudian, untuk model Tabung, Anda bisa menggunakan variasi 022, 020, 059, 001, 014, 015, dan 021. Kedua variasi dari model yang berbeda tersebut hampir sama karena sama-sama berasal Panasonik.

2. Setting Remot

Langkah kedua setelah mendapatkan variasi kode remot Panasonik, yaitu Anda perlu melakukan setting pada remot. Caranya yaitu dengan memencet tombol Set dan tahan bagian tersebut kemudian jangan sampai dilepas.

Setting selanjutnya yaitu, Anda perlu menekan tombol Power dan menunggu hingga lampu indikator berwarna merah menyala. Jika sudah menyala, maka Anda bisa melepaskan kedua tombol tersebut.

3. Masukkan Kode

Kemudian, Anda perlu memasukkan kode remot Panasonik yang akan digunakan. Anda bisa menekan tombol pada remot sesuai urutan angka. Jika berhasil, maka Anda akan menemukan lampu indikator mati.

Lampu indikator yang mati setelah angka dimasukkan tersebut menandakan bahwa setting telah selesai dilakukan. Dengan begitu, perangkat elektronik di rumah bisa segera digunakan sebagaimana fungsinya.

Penyebab Remot Masih Tidak Berfungsi Setelah Setting Dilakukan

Terkadang saat melakukan setting, Anda akan menemui beberapa masalah. Diantaranya yaitu remot masih tidak bisa berfungsi dengan baik meskipun Anda telah memasukkan beberapa variasi kode.

Biasanya, terdapat beberapa faktor atau penyebab yang mempengaruhi kegagalan konektivitas dari remot tersebut. Pertama, Anda memasukkan variasi yang salah sehingga perangkat tidak tersambung dengan baik.

Meskipun hal ini sering terjadi, namun solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti kode hingga menemukan variasi paling cocok. Kedua, baterai remot habis hingga variasi yang dimasukkan tidak diterima.

Jika kondisi ini terjadi, Anda bisa segera mengganti baterai lalu mencobanya kembali. Ketiga terdapat kotoran yang mengganggu sistem pada perangkat seperti karat dari besi penghubung baterai.

Hal tersebut dapat menyebabkan arus pada baterai tidak mengalir secara sempurna. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Anda hanya perlu membuka perangkat dan membersihkannya dengan teliti hingga tidak ada kotoran tersisa.

Anda bisa segera menerapkan langkah-langkah di atas pada perangkat di rumah. Pastikan untuk menghindari beberapa faktor penyebab perangkat masih tidak berfungsi sehingga kode remot Panasonik bisa diaplikasikan dengan baik.