Cara Program Remot TV Paling Lengkap dan Cepat Dilakukan

Cara program remot TV universal dapat dilakukan melalui berbagai metode. Beberapa diantaranya yaitu dapat dilakukan secara manual atau tanpa kode maupun memanfaatkan bantuan dari berbagai variasi kode.

Jika Anda bermasalah dengan remot yang rusak atau hilang, maka perangkat universal adalah solusi terbaik untuk membantu menggunakan televisi. Perangkat universal terkenal sangat efektif dan efisien untuk digunakan.

Perangkat tersebut merupakan jenis remot yang dapat diprogram untuk mengoperasikan berbagai merek televisi. Jika Anda berencana menggunakannya, maka berikut ini beberapa metode untuk memprogram remot universal.

Cara Program Remot TV Universal yang Bisa Dilakukan dengan Mudah dan Cepat

Untuk menggunakan perangkat universal sebagai pengganti remot TV original, maka pengguna perlu mempersiapkan pemrograman pada sistem. Berikut ini beberapa metode yang dapat pengguna lakukan untuk memprogram remot.

1. Cara Setting Tanpa Kode

Cara pertama merupakan metode manual yang dapat pengguna terapkan pada perangkat universal. Metode ini menggunakan pola pencarian dengan volume, yaitu langkah pertama pengguna perlu memastikan televisi menyala.

Kemudian arahkan remot universal ke televisi dan tekan tombol set sampai lampu indikator menyala merah. Pengguna bisa menekannya selama beberapa detik dan jangan sampai dilepaskan sampai lampu berubah.

Selanjutnya, pengguna bisa menekan tombol volume dengan cara menekan dan melepas secara terus menerus hingga indikator volume muncul di televisi. Setelah itu, pengguna bisa menekan tombol set kembali hingga padam.

Setelah itu, cara program remot TV sudah selesai dilakukan. Pengguna bisa segera melakukan pemeriksaan apakah perangkat sudah berfungsi normal dengan cara menekan satu-satu tombol pada remot universal.

2. Cara Setting dengan Kode

Jika sebelumnya tanpa kode, maka pengguna juga bisa melakukan setting dengan kode. Biasanya, pengguna perlu menyesuaikan variasi kode dengan merek televisi yang digunakan hingga dapat tersambung dengan baik.

Pengguna bahkan bisa menemukan cara program remot TV universal dari panduan yang disertakan pada produk. Caranya, pengguna perlu menekan tombol set sampai lampu menyala, kemudian masukkan atau pencet kode remot.

Sebagai contoh adalah merek TV Sharp, maka Anda bisa menekan kode 137 secara berurutan. Kemudian, periksa apakah tombol sudah berhasil berfungsi dengan baik. Jika sudah maka perangkat bisa segera dioperasikan.

3. Cara Setting Tanpa Tombol Set

Beberapa perangkat universal tidak disertai dengan tombol set. Jika membeli produk semacam ini, maka Anda perlu menggunakan cara program remot TV universal yang berbeda sesuai panduan penggunaan produk.

Anda bisa menemukan panduan pada bagian belakang produk, seperti perangkat TV C-Vision. Perangkat universal ini tidak memiliki tombol set seperti produk sejenisnya. Untuk memprogramnya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah.

Langkah pertama, pastikan perangkat mengarah pada televisi dan jika Anda menggunakan C-Vision, maka Anda bisa menggunakannya sesuai merek televisi. Kemudian langkah ini berbeda untuk jenis televisi lainnya.

Jika Anda menggunakan merek Sharp, maka Anda bisa menekan tombol power dan angka 4 secara bersamaan untuk melakukan pemrograman. Kemudian tombol power dan angka 1 jika menggunakan merek Samsung.

Setelah menemukan tombol sesuai merek televisi, Anda bisa menekan selama beberapa detik kemudian lepaskan. Setelah itu, Anda telah berhasil melakukan pemrograman tanpa bantuan tombol set.

Anda bisa segera melakukan pemeriksaan pada setiap tombol apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Jika sudah berhasil digunakan dengan baik, maka Anda telah sukses memprogram perangkat universal.

Jika Anda menemui kesulitan saat melakukan pemrograman, maka Anda akan selalu terbantu dengan buku panduan yang disertakan pada produk. Setiap perangkat universal yang dijual tentu memiliki buku panduan.

Apabila tidak berhasil, maka Anda bisa menerapkan panduan dengan lebih hati-hati. Cara program remot TV universal bisa Anda terapkan segera pada perangkat di rumah agar kegiatan menonton televisi semakin nyaman.