Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Mudah

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo banyak dilakukan oleh sebagian orang agar dapat menjaga privasi di smartphone miliknya. Hal tersebut dilakukan karena beberapa diantaranya terkadang menyimpan data pribadi.

Data pribadi tersebut dapat berupa foto, chat, video, email dan lain-lain yang tentu tidak ingin diketahui oleh banyak orang. Untuk melindungi data tersebut, Anda bisa mengunci beberapa aplikasi yang memang mengandung beberapa data penting.

Cara Mengunci Apikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi Tambahan

Saat ini smartphone merk Vivo semakin terkenal di Indonesia karena memiliki kamera depan dengan resolusi besar. Selain itu juga menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat memanjakan para penggunanya.

Salah satunya adalah fitur bawaan yang memungkinkan setiap pengguna dapat mengunci aplikasi di HP Vivo. Berikut ini cara mengunci aplikasi di HP Vivo melalui fitur bawaan yang telah tersedia di ponsel tersebut.

Pertama adalah dengan membuka menu ‘setting’ atau pengaturan yang tersedia pada home screen ponsel. Di halaman ‘setting’ Anda pilih menu ‘security and privacy’. Di halaman tersebut langsung pilih menu ‘Privacy and App Encryption’.

Kemudian Anda akan diminta untuk mengatur sandi untuk digunakan saat membuka aplikasi terkunci. Setelah membuat kata sandi, selanjutnya akan diminta untuk melakukan verifikasi kata sandi tersebut.

Lalu Anda harus mengatur pertanyaan keamanan. Jika kata sandi dan pertanyaan keamanan sudah diatur, selanjutnya Anda hanya perlu memilih aplikasi yang akan dikunci. Setelah itu saat Anda ingin membuka aplikasi, secara otomatis akan diminta kata sandi.

Cara Mengunci Apikasi di HP Vivo Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain melalui fitur bawaan, mengunci aplikasi pada smartphone Vivo juga bisa dilakukan menggunakan bantuan dari pihak ketiga. Berikut ini beberapa bantuan pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi di HP Vivo.

1. Mengunci Menggunakan Applock

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo menggunakan bantuan pihak ketiga adalah dengan Applock. Pertama download Applock melalui Play Store atau download file apknya melalui Google. Saat pertama kali membuka Applock, Anda akan diminta membuat pola.

Konfirmasi pola tersebut dan email, lalu masukkan data yang diminta. Slide ke bawah pada bagian bar umum, kemudian cari aplikasi yang ingin dikunci dan klik pada gambar gembok di Applock.

Anda akan diminta perizinan aksesibilitas dan pilih ‘izinkan’. Dengan begitu, secara otomatis aplikasi yang Anda pilih akan terlindungi. Untuk menonaktifkan fitur ini, caranya adalah dengan mematikan slider pada ‘izin aksesibilitas’.

2. Mengunci Menggunakan Smart Applock

Cara mengunci aplikasi di HP Vivo selanjutnya adalah dengan menggunakan Smart Applock atau App Protector. Pertama download dan instal Smart AppLock melalui Play Store atau download file apknya melalui internet.

Setelah terdownload dan terinstal, buka Smart Applock dan pada saat pertama kali membukanya Anda akan diminta memasukkan sandi. Masukkan sandi sesuai keinginan dimana sandi tersebut akan digunakan untuk mengunci aplikasi yang diinginkan.

Jika perangkat ponsel Vivo yang Anda gunakan memiliki sistem keamanan fingerprint, akan ada pilihan opsi mengunci dengan fitur fingerprint tersebut. Lalu pada halaman Smart AppLock, pilih aplikasi yang ingin Anda kunci.

Setelah memilih aplikasi yang ingin dikunci, klik pada bagian slider hingga menjadi warna biru dan pilih icon ‘+’ di bar bagian bawah. Saat diminta perizinan aksesibilitas, izinkan terlebih dahulu dan aplikasi akan secara otomatis terlindungi.

Beberapa tutorial yang Kami sebutkan di atas dapat dengan mudah dilakukan. Namun perlu diingat untuk beberapa tipe ponsel Vivo, mengunci tanpa bantuan pihak ketiga memiliki pengaturan berbeda.

Sehingga jangan heran jika pada ponsel Vivo milik Anda memiliki pengaturan yang berbeda dari beberapa cara diatas. Oleh karena itu, memilih bantuan pihak ketiga untuk cara mengunci aplikasi di HP Vivo dapat menjadi alternatif.