Inilah 5 Aplikasi yang Hemat Kuota Internet di Handphone Android, Sudah Pernah Mencobanya?

Kehadiran 4G dan 5G memang membuat koneksi internet lebih cepat, tetapi kecepatan tersebut ternyata membuat pemakaian data internet semakin boros. Namun, jangan khawatir, karena penggunaan aplikasi yang hemat kuota dapat mengatasi kuota yang boros lho!

Pada perangkat Android sendiri, ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat kuota. Mulai dari browser, media sosial, sampai aplikasi khusus untuk mengontrol kuota yang dipakai. Apa sajakah aplikasinya? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Opera Mini

Opera Mini merupakan browser yang menawarkan pengalaman berselancar di internet dengan aman, nyaman, cepat, serta bisa menggunakan mode hemat. Aplikasi ini ringan, dapat memblokir iklan-iklan yang mengganggu, dan pemutar medianya juga memiliki mode satu tangan.

Opera Mini juga memiliki fitur pengunduhan pintar dan pembagian file offline yang bisa dibagikan menggunakan kode QR pada sesama pengguna. Tampilan browser-nya pun bisa dikustomisasi sesuai selera dan penjelajahan di internet bisa dilakukan secara privat.

Aplikasi ini bisa diperoleh di Google Play Store dengan ukuran unduh 21 MB. Jika ingin menggunakannya, pastikan untuk menggunakan perangkat Android dengan versi minimal 5.0. Aplikasi yang diluncurkan oleh Opera ini memiliki rating 4,3 lho!

2. UC Browser

Terdapat fitur penghemat data, memutar video di latar belakang, mode small Window, dan fitur pengunduhan cepat jika menggunakan UC Browser. Selain itu, ada mode khusus Facebook, mode incognito, dan fitur pemblokir iklan atau ad block.

Pada fitur penghemat datanya, UC Browser akan mengompres data agar navigasinya lebih cepat dan data selulernya hemat. Meski hemat, pengunduhan tetap berjalan cepat, bahkan jika gagal UC akan memulai dari titik gagal, bukan dari awal.

Jika masih menggunakan handphone Android 4.1, aplikasi ini masih bisa digunakan di perangkat tersebut dengan ukuran unduhnya 57 MB. Agar tidak salah mengunduh, cari dan unduhlah aplikasi yang dirilis oleh UCWeb Singapore Pte. Ltd. ya!

3. Facebook Lite

Apabila merasa Facebook biasa terlalu menguras kuota saat digunakan, cobalah untuk mengunduh aplikasi Facebook Lite. Selain ukuran aplikasinya yang kecil, yakni hanya 2 MB, penggunaan datanya jauh lebih sedikit namun dapat memuat gambar dengan cepat.

Facebook Lite juga lebih stabil digunakan di seluruh jaringan, bahkan 2G sekalipun. Sehingga perangkat Android lama, seperti versi 4.0.3 dapat menggunakannya. Aplikasi yang hemat kuota ini juga diluncurkan oleh perusahaan raksasa bernama Meta Platforms, Inc.

4. Samsung Max VPN

Khusus pengguna Samsung, terdapat aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk menghemat kuota internet, aplikasinya adalah Samsung Max VPN. Aplikasi ini berukuran 20 MB dan dapat digunakan di handphone Samsung dengan versi Android 5.0 ke atas.

Terdapat fitur untuk menghemat data seluler, mengelola penggunaan data aplikasi, dan peningkatan dalam konektivitas Wi-Fi. Samsung Max VPN juga menyediakan fitur keamanan Wi-Fi, mode penyamaran, serta proteksi lebih terhadap privasi saat mengunjungi situs yang beresiko.

5. My Data Manager

Jika tidak menggunakan handphone merek Samsung, pengguna Android lain bisa menggunakan aplikasi My Data Manager sebagai pengendali pemakaian kuota internet. Tersedia fitur pelacak data, alarm untuk mencegah tagihan membengkak, dan pelacak aplikasi yang memboroskan kuota.

Tersedia juga pelacak pemakaian data pada paket kuota bersama/keluarga, histori pemakaian data, dan fitur hemat uang. Aplikasi ini bisa dinikmati oleh perangkat Android minimal versi 6.0 dengan ukuran yang sangat kecil, yakni 6 MB saja.

Demikianlah pembahasan mengenai apa saja aplikasi yang hemat kuota di handphone Android. Selain menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, kesadaran dalam penggunaan internet di handphone juga penting. Jadilah pengguna yang bijak dalam menghabiskan waktu dengan internet.