Ketahui Cara Memblokir Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Terdapat berbagai macam aplikasi menarik pada Playstore, namun ada pula salah satu atau beberapa dari aplikasi tersebut yang dirasa kurang pantas untuk digunakan. Tentu cara memblokir aplikasi di Playstore sangat diperlukan untuk hal tersebut.

Playstore sendiri sudah menyediakan fitur khusus yang dapat penggunanya pakai untuk memblokir aplikasi yang dianggap tak pantas. Sehingga penggunanya pun memiliki peran dalam menyaring aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Playstore seperti berikut.

Cara Memblokir Aplikasi di Playstore

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Playstore menyediakan fitur untuk memblokir sebuah aplikasi. Fitur yang dapat pengguna pakai untuk memblokir tersebut dinamakan Parental Controls.

Selain untuk memblokir sebuah aplikasi di Playstore, fitur tersebut dapat digunakan memilah aplikasi yang dirasa tak layak digunakan. Fitur ini akan sangat membantu bagi para orang tua untuk menjauhkan anak dari aplikasi yang tidak pantas.

Cara memblokir aplikasi yang terdapat di Playstore ini terbilang mudah dan cepat untuk dilakukan. Simak berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Playstore pada android yang pengguna pakai.
  • Lanjutkan dengan mengunjungi menu profil pada bagian atas kanan layar.
  • Setelah menu pada profil terbuka, lalu pilih menu setelah.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan, maka pilih Parental Controls atau keluarga.
  • Kemudian aktifkan menu parental controls dan buat PIN konten.
  • Setelah membuat PIN konten, lalu pilih menu Apps & Games.
  • Lanjutkan dengan mengubah rating usia sesuai yang diinginkan. Maka aplikasi yang akan ditampilkan pada Playstore secara otomatis akan disesuaikan dengan umur yang sudah ditentukan.
  • Langkah terakhir pilih menu save atau simpan.

Melalui langkah-langkah di atas, Playstore akan secara otomatis membantu untuk membatasi atau memblokir aplikasi yang tidak sesuai keinginan. Tentu cara ini akan sangat membantu bagi para orang tua untuk menjaga anaknya.

Keterangan Rating Aplikasi di Playstore

Selain melalui cara memblokir aplikasi di Playstore yang sudah dipaparkan, penting juga untuk mengetahui keterangan rating usia dari setiap aplikasi. Setiap aplikasi yang terdapat pada play store memiliki rating yang berbeda-beda.

Rating ini dapat dijumpai di tampilan ketika memilih sebuah aplikasi di Playstore, yang terletak tepat di bawah nama aplikasi. Berikut penjelasan dari setiap rating aplikasi yang terdapat di Playstore.

  • Rating 3+. Rating ini memiliki arti bahwa aplikasi tersebut cocok untuk semua usia. Meskipun cocok untuk semua usia, bahasa yang tidak pantas pun tidak diizinkan pada aplikasi dengan rating tersebut.
  • Rating 7+. Rating ini mempunyai arti bahwa pada aplikasi tersebut cocok untuk usia 7 tahun ke atas. Adegan atau konten suara pada aplikasi maupun game dengan rating ini hanya akan menakutkan bagi anak-anak.
  • Rating 12+. Rating ini memiliki arti bahwa aplikasi tersebut disarankan digunakan dengan bimbingan orang tua. Aplikasi atau game dengan rating ini diizinkan terdapat bahasa kasar namun masih ringan.
  • Rating 16+. Rating ini mempunyai arti bahwa aplikasi tersebut mengandung muatan kekerasan. Konten atau adegan pada aplikasi digambarkan secara nyata atau realistis. Konten gambar kriminal maupun obat-obatan pada aplikasi dengan rating ini diizinkan.
  • Rating 18+. Artinya adalah aplikasi tersebut diizinkan untuk konten kekerasan maupun seksual secara grafis. Pada rating ini juga diizinkan untuk konten obat-obatan terlarang maupun perbuatan diskriminasi, dengan kata lain aplikasi dibebaskan dalam memuat konten.

Demikian penjelasan mengenai keterangan rating aplikasi cara memblokir aplikasi di Playstore. Melalui cara memblokir aplikasi tersebut tentu akan sangat membantu bagi orangtua dalam memantau anak, tanpa perlu melakukan pemblokiran satu persatu.