Cara Menonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain Paling Aman

Saat menikmati video YouTube di sebuah perangkat Android terkadang pengguna perlu membuka aplikasi lain dengan bersamaan. Jika tidak mengetahui cara menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain tentu terpaksa harus menghentikan YouTube sejenak untuk akses aplikasi lain.

Cara tersebut sama sekali tidak efisien dan cenderung merepotkan, padahal ada cara yang jauh lebih praktis. Beberapa perangkat sudah ada fitur khusus untuk memungkinkan hal tersebut terjadi, atau bisa juga dengan aplikasi tambahan, inilah penjelasannya.

Menggunakan Fitur Bawaan

Keberadaan fitur bernama Split Screen pada beberapa Android ini merupakan jawaban atas kebutuhan penggunanya yang multitasking. Fitur ini ketika diaktifkan akan memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi bersamaan tanpa ribet.

  • Jalankan aplikasi pertama yaitu YouTube kemudian kembali ke halaman awal perangkat atau home. Setelah itu bukalah aplikasi yang kedua.
  • Ketuk Recent apps biasanya bagian ini ada di sudut layar bagian bawah yang bentuknya bisa berupa tiga garis sejajar dan vertikal.
  • Ketuk ikon dari salah satu aplikasinya tadi sampai menu berupa pop-up muncul, lalu ketuk fitur in split-screen view. Nantinya aplikasi yang dipilih pertama akan ada di bagian layar sebelah sementara lainnya akan ada di bawah.
  • Ketika sedang dalam mode split, para pengguna bisa mengatur ukuran layarnya dengan mengetuk serta menahan garis berwarna hitam yang ada di antara aplikasi tadi. Kemudian geser sesuai keinginan.
  • Untuk mengubah aplikasi yang sedang ditampilkan ketuklah Recent apps lagi dengan cara yang sama, kemudian ketuk aplikasi lainnya untuk ditampilkan.

Perlu pengguna ketahui bahwa fasilitas bawaan ini tidak muncul di semua tipe perangkat telepon pintar. Maka jika ingin mengetahui apakah fitur ini tersedia, pengguna harus mencoba menggunakannya atau cari pada perangkat tersebut.

Menggunakan Bantuan Aplikasi

Apabila ternyata perangkat milik pengguna tidak ada fitur Split Screen, maka alternatif satu-satunya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Google Chrome

Cara menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang aneh-aneh. Karena faktanya aplikasi yang merupakan browser favorit ini biasanya telah dipasang pada perangkat, yaitu dengan penggunaan seperti berikut.

  • Akses video yang Youtube dengan menggunakan browser Chrome. Putarlah video tersebut dengan layar penuh caranya yaitu dengan menekan ikon khusus yang biasanya ada di bagian kanan.
  • Setelah itu kembali ke tampilan awal perangkat dengan tap ikon home, maka mode layar picture-in-picture berhasil diaktifkan.
  • Selanjutnya tinggal ketuk satu aplikasi lainnya dan aturlah layar akan keduanya bisa digunakan dengan nyaman.

2. YouTube Premium

Aplikasi YouTube berbayar alias premium akan memberikan berbagai manfaat satu yang terpenting yaitu bisa melakukan PIP. Split screen yang lain biasanya akan membagi layar untuk menampilkan aplikasi yang berbeda.

Sedangkan fitur Picture-in-Picture yang disediakan YouTube premium ini akan menampilkan aplikasi lainnya dengan penuh. Kemudian untuk YouTube tersebut akan ditampilkan dalam jendela yang lebih kecil dan melayang sehingga lebih fleksibel. Berikut caranya.

  • Buka dan kemudian putar video dari YouTube premium kemudian tekan perintah khusus untuk kembali ke halaman awal perangkat.
  • Ketuk satu aplikasi lain untuk ditampilkan setelah itu akses aplikasi yang baru dibuka, dalam tampilannya akan ada YouTube premium yang tadi sempat diakses.
  • Selanjutnya tap pada layar YouTube maka aplikasi tersebut akan kembali terbuka namun dengan mengambang di depan aplikasi kedua.

Demikian cara menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain yang paling aman karena tidak melibatkan aplikasi luar yang tidak terpercaya. Melakukan pekerjaan atau kegiatan berbeda dalam satu waktu memang telah menjadi hal umum yang biasa dilakukan.