Inilah Aplikasi Detak Jantung Janin, Kontrol Janin Jadi Mudah!

Bagi seorang ibu yang mengandung, mengetahui keadaan janin menjadi hal yang utama. Kini, ada beberapa aplikasi detak jantung janin yang bisa membantu untuk mengontrol keadaan harian janin. Untuk itu, beberapa aplikasi berikut mungkin bisa dicoba:

1. My Baby’s Beat

Aplikasi pertama dalam rekomendasi kali ini adalah aplikasi dengan nama My Baby’s Beat. Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan layanan dasar untuk mendeteksi detak jantung janin. Aplikasi ini bisa dioperasikan dari semua ponsel baik Android maupun iOS.

Yang digemari dari aplikasi ini adalah ibu bisa memasukkan data tentang janin. Kemudian aplikasi akan memvisualisasikan keadaan janin pada usia tersebut, meski bukan visualisasi nyata. Selain mengetahui detak jantung, ibu bisa membayangkan kondisi janin.

2. Bellabeat

Jika ibu hamil ingin mengetahui detak jantung dan kondisi janinnya, aplikasi Bellabeat bisa menjadi satu aplikasi yang bisa diandalkan. Fitur perekaman detak jantung janin saat diukur juga menjadi fitur yang sangat membantu ibu hamil.

Kebanyakan aplikasi seperti ini memang tidak bisa menjamin keakuratannya. Namun aplikasi Bellabeat ini memungkinkan ibu untuk mendapatkan rekaman dan catatan detak jantung janin. Kemudian, rekaman pengukuran ini bisa dibandingkan dengan hasil kontrol di dokter kandungan.

3. Sprout

Aplikasi pendeteksi detak jantung janin bernama Sprout bisa menjadi opsi untuk ibu hamil yang ingin mendeteksi detak jantung janinnya. Cara penggunaannya yang cukup mudah membuat ibu hamil tetap nyaman.

Seluruh pengukuran detak jantung akan dirangkum dalam aplikasi ini. Selain itu, catatan tentang gerakan janin dan usia janin bisa dimasukkan sekaligus. Hal ini tentu akan membantu ibu hamil saat melakukan kontrol ke dokter kandungan.

4. I’m Expecting

Banyak ibu hamil yang mengharapkan fitur yang lebih banyak dari sebuah aplikasi yang pendeteksi dan pengontrol detak jantung janin. Untuk itu, aplikasi I’m Expecting mungkin menjadi satu yang dicari oleh ibu hamil.

Fitur utamanya sudah tentu pengukuran detak jantung janin. Selain itu, dari detak jantung yang diukur, aplikasi bisa membuat perkiraan berat badan janin. Kemudian, ibu hamil juga bisa memasukkan catatan waktu kehamilan.

5. Pregnancy+

Selanjutnya ada aplikasi detak jantung janin yang bisa dioperasikan dari Android dengan nama Pregnancy+. Dengan aplikasi ini, banyak ibu mengandung yang sangat terbantu karena bisa memeriksa detak jantung janinnya.

Dalam satu aplikasi, bisa didapatkan berbagai informasi sekaligus. Fitur utamanya adalah detak jantung janin dan model janin interaktif. Untuk melengkapi layanannya, catatan tentang janin dari dokter dan bidan bisa disertakan dalam aplikasi ini.

6. Hear My Baby Heartbeat

Aplikasi nomor enam dalam daftar ini adalah Hear My Baby Heartbeat. Jika ibu adalah pengguna iOS, aplikasi ini diluncurkan khusus untuk pengguna iOS. Temukan aplikasi di AppStore dengan mengetikkan namanya.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah karena ibu bisa memonitor detak jantung janin dengan mendekatkan ponsel. Hasilnya pun lumayan akurat untuk menjadi catatan ibu. Namun yang perlu diperhatikan adalah, perbedaan posisi janin mungkin memengaruhi hasilnya.

7. My Baby’s Beat

Yang terakhir adalah aplikasi dengan nama My Baby’s Beat. Aplikasi yang satu ini sudah banyak diandalkan oleh pengguna untuk mengetahui detak jantung janin.

Setiap pengukuran detak jantung janin yang dilakukan akan direkam oleh aplikasi ini. Jadi, ibu bisa sekaligus mendapatkan monitor perkembangan janin. Fitur ini tentu sangat membantu ibu hamil saat sedang tidak jadwal kontrol.

Itulah beberapa aplikasi detak jantung janin yang bisa dimanfaatkan. Jadi, kontrol terhadap janin tidak hanya bisa dilakukan saat bersama dokter saja. Dengan begitu, ibu bisa tenang karena bisa mengetahui detak jantung janin setiap hari.