Tata Cara Nonton TV Di Android Tanpa Internet, Simak Dibawah Ini

Saat ini pemerintah telah menghentikan acara nonton TV secara analog. Dampaknya adalah orang   nonton TV secara digital, dan nonton TV di android. Hal ini membuat orang ingin tahu cara nonton tv di android tanpa internet.

Ketika orang mau nonton TV di android, maka pastinya akan membutuhkan bantuan internet. Baik itu melalui WIFI atau data seluler. Dampaknya adalah orang tidak bisa menonton TV ketika mati lampu atau tidak ada jaringan internet.

Alat Bantu Nonton TV Tanpa Internet

Orang akan dapat nonton TV tanpa internet ketika telah tersedia beberapa alat bantu. Beberapa peralatan yang diperlukan agar seseorang dapat nonton TV tanpa internet, yaitu sebagai berikut:

1. TV Turner Digital

Alat pertama yang diperlukan agar seseorang dapat nonton tv di android tanpa internet, yaitu TV turner digital. Dimana, fungsinya adalah sebagai alat yang membantu agar sinyal siaran berbentuk digital dapat ditangkap oleh HP.

TV turner ini memiliki bentuk seperti flashdisk dengan nama USB DVB T2 Stick. TV turner ini dapat diperoleh di toko alat elektronik terdekat atau di toko online shop dengan harga sekitar dua ratus ribu rupiah.

2. USB OTG (USB On The Go)

Alat kedua sebagai pendamping USB DVB T2 Stick adalah kabel micro USB (USB OTG)  dengan tipe B atau C. Fungsi dari USB OTG adalah sebagai konverter (alat penghubung) antara HP android dengan USB DVB T2 Stick.

3. Antena UHF

Selain USB OTG, seseorang juga memerlukan sebuah antena UHF. Untuk antena UHF ini terdapat dua jenis, yaitu yang ukuran kecil dan ukuran besar. Perbedaan fungsi antara kedua jenis tersebut hanya terletak pada fungsinya.

Antena UHF ukuran besar digunakan ketika menonton TV di luar ruangan, dipasang di kendaraan atau ketika bepergian. Sedangkan antena UHF ukuran kecil digunakan pada saat menonton di dalam ruangan.

Kegunaan dari antena UHF ini adalah supaya suara yang dihasilkan lebih jernih. Selain itu antena UHF akan membuat gambar yang dihasilkan menjadi terlihat lebih terang (bagus).

4. HP Android

Alat yang paling penting selain ketiga alat sebelumnya adalah HP android (smartphone). Dimana, tanpa smartphone, maka cara nonton tv di android tanpa internet tidak akan dapat dilakukan.

Tata Cara Nonton TV Di Android Tanpa Internet

Ketika alat-alat telah disiapkan agar dapat nonton TV di android tanpa internet, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengeksekusinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Memasang Semua Alat Bantu Untuk Dapat Nonton TV Di Android

Seseorang perlu memasang terlebih dahulu semua alat tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Antena UHF dipasang terlebih dahulu pada USB DVB T2 stick.
  • TV Tunner (USB DVB T2 stick) disambungkan dengan kabel USB OTG (kabel micro USB).
  • Kabel USB OTG yang sudah selesai dipasang menjadi satu dengan DVB T2 Stick, disambungkan langsung ke HP Android.

2. Install Aplikasi

Ketika semua alat telah selesai terpasang menjadi satu, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menginstall aplikasi untuk dapat menonton TV di android. Adapun aplikasi tersebut telah banyak bertebaran di google playstore.

Aplikasi untuk menonton TV tersebut pada umumnya gratis, dan dapat digunakan untuk menonton acara TV secara offline. Salah satunya adalah aplikasi PadTV HD produksi dari Geniatech Inc. Seseorang hanya perlu menginstalnya di google play store.

3. Menjalankan Aplikasi

Setelah selesai menginstall aplikasi nonton TV di android, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menjalankan aplikasi tersebut. Misalkan yang diinstall adalah aplikasi PadTV HD, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi PadTV HD dibuka terlebih dahulu.
  • Lakukan proses scan untuk mendapatkan channel TV digital.
  • Cari dan pilih negara tujuan, misalkan negara Indonesia, dan lakukan sekali lagi proses scan untuk dapat melihat channel TV digital di Indonesia.
  • Tunggu hingga proses scan selesai, dan channel- channel di TV digital tersebut dapat dinikmati di HP android secara offline.

Sebagai catatan, pada saat menonton kemungkinan cara nonton tv di android tanpa internet sedikit terganggu. Hal ini dikarenakan TV turner digital ini tidak lancar waktu menangkap sinyal karena ada halangan.

Inilah cara nonton tv di android tanpa internet yang dapat dilakukan setiap orang. Cukup hanya dengan menyiapkan alat-alat yang diperlukan, dan install aplikasi saja. Maka, acara menonton TV di android sudah dapat dilakukan secara offline.