5 Rekomendasi Aplikasi Chatting Selain Whatsapp Yang Patut Dicoba

WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan dan media terpopuler di dunia, namun bukanlah satu-satunya opsi yang tersedia. Terdapat banyak aplikasi chatting selain WhatsApp yang perlu dicoba, dan masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Jadi, alternatif aplikasi-aplikasi chatting tersebut dapat digunakan saat WhatsApp mengalami down atau maintenance oleh server. Oleh karena itu, berikut ini adalah sejumlah rekomendasi aplikasi untuk chatting selain WhatsApp yang digemari banyak pengguna di seluruh dunia:

1. Telegram

Telegram tersedia gratis di Playstore dan memiliki sedikit kesamaan dengan WhatsApp dalam penggunaan enkripsi end-to-end. Namun, Telegram dianggap lebih aman karena telah menggunakan protokol MTProto, serta memiliki banyak fitur menarik.

Kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp di antaranya adalah kualitas data atau media yang dikirim hanya mengalami sedikit penurunan. Selain itu, kapasitas peserta yang dapat masuk grup pada Telegram juga lebih besar daripada WhatsApp.

Pengguna juga dapat membuat channel khusus untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk berbagi materi pelajaran maupun streaming film. Jadi, tak heran jika banyak pengguna yang beralih ke telegram sebagai media bertukar pesan ketika WhatsApp mereka bermasalah.

2. Line

Pengguna dapat mengunduh aplikasi chatting yang cocok bagi kalangan muda ini secara gratis di Playstore dan Appstore. Sama dengan aplikasi chatting lainnya, pengguna dapat melakukan panggilan video maupun suara, serta berbagi media lewat Line.

Fitur stiker yang tersedia dalam berbagai bentuk dan desain yang lucu tentu membuat pengguna betah menggunakan Line. Stiker-stiker lucu tersebut dapat dibeli atau diunduh secara gratis lewat fitur toko stiker Line.

Kelebihan dari Line juga tidak dapat dianggap remeh, seperti adanya pembaruan informasi terbaru di fitur timeline. Fitur ini mirip dengan media sosial lainnya, di mana pengguna dapat membagikan foto, video, dan pesan ke teman-teman mereka.

3. WeChat

WeChat merupakan satu di antara aplikasi chatting selain WhatsApp yang viral dan populer di China. WeChat memiliki fitur-fitur seperti panggilan video, voice message, bertukar stiker, membuat grup chat, dan lainnya.

WeChat juga menyediakan fitur “Moment” yang memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar atau video. Selain itu, WeChat dilengkapi dengan fitur “Nearby” yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan teman baru hanya dengan menggoyangkan smartphone.

4. Facebook Messenger

Aplikasi ini terintegrasi dengan kontak dan akun Facebook, dan tersedia di semua platform seperti Android, iOS, dan desktop. Facebook Messenger juga menyediakan fitur mode gelap untuk kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini.

Seperti aplikasi chatting lainnya, Facebook Messenger memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan chat dan melakukan panggilan video ataupun suara. Yang membedakan adalah, pada aplikasi ini, pengguna tidak perlu mengetahui nomor telepon seseorang untuk mengirim pesan.

5. Snapchat

Layaknya Instagram, Snapchat adalah aplikasi sharing foto dan video yang sekaligus bisa dipakai untuk bertukar pesan. Konten yang dibagikan di SnapChat hanya tersedia sementara sebelum hilang otomatis, sehingga tidak membebani media penyimpanan.

Selain itu, Snapchat memiliki fitur Discover yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten dari media dan merek terkemuka. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar serta mengirimkan pesan dalam bentuk foto atau video.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi chatting selain WhatsApp yang bisa diunduh dan dicoba sesuai kebutuhan dan kepentingan pengguna. Selain itu, pastikan untuk menjaga privasi data penting dan keamanan chat dengan memilih aplikasi yang aman dan terpercaya.