Ketahui Cara Mengecek Gula Darah di Android Menggunakan 5 Aplikasi

Majunya teknologi sekarang membuat pengguna dapat menggunakan smartphone Android untuk memantau kesehatannya, termasuk gula darah. Melalui uraian cara mengecek gula darah di Android lewat beberapa aplikasi berikut, pengguna bisa mengawasi kadar gula darahnya kapan saja.

Pemantauan gula darah penting dilakukan secara rutin, khususnya bagi pasien diabetes guna menilai efektivitas pengobatan dan penyesuaian pola makannya. Tanpa berlama-lama, berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa memantau kadar gula darah dengan mudah dan efektif:

1. Gunakan Dnurse

Perusahaan China, Dnurse Technology, telah menciptakan aplikasi pengukur gula darah yang dapat digunakan melalui smartphone. Aplikasi ini telah disetujui oleh CE (European Conformity), sebagai bukti bahwa produknya memenuhi persyaratan dan standar, serta diakui secara global.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, mula-mula pengguna dapat mengunduh kemudian memasang Nurse ke smartphone melalui headphone jack. Setelah sampel darah diambil dan diteteskan pada paper prick, hasil pengukuran gula darah akan muncul di layar pengguna.

Alat ini juga dapat menganalisis tren hasil pengukuran gula darah, serta mengingatkan tentang jadwal pemeriksaan darah, minum obat, dan jadwal olahraga. Bahkan, hasil pengukuran dapat dikirim kepada anggota keluarga dan dokter melalui teks atau email.

2. Manfaatkan Glucose Buddy Diabetes Tracker

Aplikasi Glucose Buddy Diabetes Tracker sangatlah populer hingga pernah disebut beberapa kali dalam media besar, seperti NYTimes, majalah Wired, hingga MobiHealthNews. Tampilannya yang sederhana dan professional juga memudahkan pengguna untuk memanfaatkan aplikasi ini.

Fitur gratis aplikasi ini meliputi mencatat, melacak, dan melihat perubahan gula darah, serta mendukung satuan mg/dL dan mmol/L. Sedangkan, untuk mengakses kalkulator A1C dan aplikasi kesehatan terbaik, pengguna perlu beralih ke premium terlebih dahulu.

3. Cek Dengan Blood Sugar Log – Diabetes Tracker

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini sebagai catatan gula darah, pelacak diabetes, glukosa darah, tekanan darah, berat badan, dan pelacak A1C. Maka dari itu, aplikasi ini sangatlah berguna bagi seseorang yang sering memeriksa kadar glukosa darahnya.

Cara mengecek gula darah di android menggunakan aplikasi Blood Sugar Log ini sangatlah mudah karena fiturnya lengkap dan beragam. Selain itu, semua catatan di dalam aplikasi dapat dikirimkan ke email maupun dicadangkan ke cloud.

4. Analisis Dengan Glucose Tracker – Diabetic Diary

Aplikasi ini akan menjadi asisten terbaik sebagai buku catatan diabetes dan menganalisis dinamika dalam pemantauan gula darah. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan penghitungan indeks insulin, pemantauan glukosa darah, serta obat yang diminum dalam aplikasi ini.

Semua catatan yang dimasukkan ke aplikasi bisa diekspor dalam bentuk file .txt., XLS, dan PDF. Jadi, pengguna dapat memberikan laporan rinci kondisinya kepada dokter spesialis mana pun dengan bantuan hasil analisis dari aplikasi ini.

5. Catat Dengan Blood Glucose Tracker

Aplikasi ini akan memudahkan pencatatan dan analisis tingkat gula darah pengguna di perangkat Android pribadinya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur seperti pemantauan kadar gula darah, statistik, buku catatan, pengingat harian, dan lain-lain.

Semua data dalam aplikasi akan disinkronkan dan dicadangkan ke Google Drive agar tidak hilang ketika pengguna berganti perangkat. Fitur pelacakan obat juga bisa dicoba untuk melacak obat yang cocok bersamaan dengan hasil pembacaan gula darah.

Demikianlah rekomendasi aplikasi beserta cara mengecek gula darah di Android yang tentunya praktis dan mudah dipergunakan. Namun, perlu diingat bahwa pengguna tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.