5 Cara Memainkan Mobile Legend untuk Pemula Terupdate 2023

Mobile Legend sendiri merupakan game MOBA yang amat populer dan memiliki jutaan pemain di penjuru dunia. Menariknya, gameplay permainan ini terbilang cukup kompleks. Tentunya cara memainkan Mobile Legend untuk pemula adalah informasi yang penting untuk diketahui.

Hal tersebut menantang para pemain pemula untuk bisa menguasai permainan ini dengan cepat. Berikut ini 5 cara bermain game Mobile Legend yang bisa dipraktikkan oleh pemain pemula agar cepat menguasai permainan:

1. Kenali Hero-Hero di Mobile Legends

Pertama-tama yang harus dilakukan pemula adalah mengenali hero-hero yang ada di dalam permainan. Apalagi dengan banyaknya jumlah yang mencapai ratusan karakter, di mana masing-masing hero tersebut mempunyai kemampuan dan spesialisasi yang berbeda-beda.

Karakter-karakter tersebut tidak akan langsung muncul sekaligus. Pemula cukup mengamati karakter yang muncul di setiap level sehingga lambat laun pun akan dihafalkan dengan sendirinya. Berikut rangkuman kategori-kategori hero di dalam game Mobile Legends:

  • Fighter: Kategori ini memiliki tingkat damage yang tinggi dan bertugas menyerang musuh dalam jarak dekat. Hero fighter antara lain Ruby, Sun, dan Chou.
  • Tank: Kategori ini memiliki tingkat defense yang tinggi dan bertugas di garis terdepan pasukan untuk menahan dan mengunci pergerakan musuh. Hero tank antara lain Grock, Tigreal, dan Johnson.
  • Assassin: Kategori ini memiliki tingkat kecepatan yang tinggi dan serangan yang mematikan sehingga efektif untuk melumpuhkan musuh. Hero assassin antara lain Hayabusa, Hellcrust, dan Fanny.
  • Mage: Kategori ini merupakan DPS yang dapat menciptakan damage dari jarak jauh untuk melumpuhkan musuh. Hero mage antara lain Harith, Eudora, dan Alice.
  • Marksman: Kategori ini merupakan penyerang jarak jauh yang memiliki spesialisasi pada crit. Hero marksman antara lain Lesley, Layla, dan Miya.
  • Support: Kategori ini memiliki keahlian pendukung seperti healing yang digunakan untuk menyembuhkan dan melindungi hero lain. Hero support antara lain Rafaela, Diggie, dan Angela.

2. Kuasai Hero Favorit

Setelah mempelajari hero-hero yang ada, maka selanjutnya adalah menentukan hero yang ingin dikuasai. Pemain bisa memulainya dengan mempelajari skill yang dimiliki hero. Caranya tekan tombol panah di bagian kanan, maka informasi skill hero akan muncul.

Baca dengan teliti dan manfaatkan skill hero sesuai dengan situasi di dalam permainan. Sebelum game dimulai, pasanglah Battle Spell yang bisa memberikan skill tambahan untuk meningkatkan kekuatan dan/atau mengatasi kelemahan hero yang digunakan.

3. Pakai Item yang Tepat

Item merupakan fitur yang berfungsi menambah power hero selama match berlangsung. Pemain harus mengatur loadout item sebelum permainan dimulai karena item hanya bisa dibeli saat match berlangsung. Jumlah item yang boleh dibawa adalah 6 buah.

Pastikan untuk membawa item yang tepat dan sesuai dengan kekuatan hero sehingga serangan yang dihasilkan bisa maksimal melumpuhkan musuh. Sebagai referensi, pemain bisa melihat loadout item milik para pemain ahli yang telah terbukti kekuatannya.

4. Pelajari Map Permainan

Mempelajari setiap map yang terdapat di dalam game adalah cara memainkan Mobile Legend untuk pemula yang dapat dipraktikkan selanjutnya. Mobile Legends membagi map-nya ke dalam tiga segmen, berikut penjelasannya:

  • Base: Di dalam map ini terdapat markas tim pemain dan tim musuh yang letaknya ada di pojok kanan bagian atas dan kiri bagian bawah.
  • Lane: Merupakan jalur bergeraknya minion dari base pemain menuju ke base Lane dibagi menjadi 3 macam, yaitu top lane, bottom lane, serta middle lane.
  • Jungle: Merupakan area tempur yang terdapat banyak monster di dalamnya. Pemain yang bisa membunuh monster-monster tertentu akan mendapatkan gold, ekstra HP, ataupun buff yang disesuaikan dengan role

5. Pahami Positioning

Mobile Legends adalah permainan yang berbasiskan tim, di mana para pemainnya harus membantu satu sama lain untuk memenangkan match. Adapun kunci dalam bertarung secara tim adalah positioning, yaitu pengaturan posisi antar hero.

Positioning ini penting untuk dipahami karena dapat mempengaruhi jalannya pertandingan. Tidak hanya itu, positioning ini pun dapat mengubah hasil pertandingan ke arah yang diinginkan tim pemain apabila tim mampu mengeksekusinya dengan baik.

Itulah 5 cara memainkan Mobile Legend untuk pemula yang bisa dipraktikkan. Selain memahami cara-cara di atas, yang juga perlu diperhatikan adalah berlatih secara rutin agar memperoleh banyak pengalaman bertarung yang akan berguna di dalam match.