Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Ini Penyebab dan Solusinya

Tidak sedikit kendala yang dirasakan oleh pengguna WhatsApp ketika menggunakan apk satu ini. Salah satunya ketika notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Tentunya keadaan ini cukup merugikan, karena tidak ada pemberitahuan saat ada pesan atau telpon masuk ke WA. Menyebabkan panggilan atau pesan penting tidak dapat segera direspon.

Ketika permasalahan ini timbul, pasti membuat sebagaian orang merasa jengkel dan sebal. Untuk itu, kami akan berbagai apa penyebab dan cara mengatasi masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul melalui artikel ini.

Mengapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul?

Kami mengutip dari laman resmi WhatsApp tentang penyebab pemberitahuan pesan atau telpon tidak muncul karena beberapa hal. Yakni, karena apk yang digunakan terlampau usang alias belum di-update sama sekali.

Bisa juga diakibatkan karena jaringan yang kurang stabil atau kurang memadai. Sehingga membuat apk ini tidak memberikan pemberitahuan secara langsung ke layar kunci ponsel atau melalui pop up.

Penyebab lainnya, karena terjadi kesalahan saat proses mengkonfigurasi pengaturan pemberitahuan WA. Sehingga membuat notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Karena saat notifikasi WA dimatikan maka, pemberitahuan enggan timbul. Inilah beberapa penyebab mengapa tidak ada pemberitahuan pesan atau telpon masuk ke apk WA yang Anda gunakan.

Setelah mengetahui sejumlah penyebabnya, kami akan membahas juga bagaimana cara mengatasi masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul di hp pengguna.

Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya sampai selesai.

Dengan begitu, Anda bisa langsung mempraktikkannya dan kembali mendapatkan notif dari apk WA. Berikut ini sejumlah solusinya;

1. Koneksi Internet Stabil

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini, pastikan koneksi internet memadai atau sudah cukup stabil. Sehingga pemberitahuan bisa muncul dengan baik.

Jika terjadi gangguan cobalah untuk matikan data internet terlebih dahulu, kemudian hidupkan kembali. Jika masih belum berhasil, hidupkan mode pesawat, biarkan dan matikan kembali mode pesawatnya.

2. Pastikan Tidak Ada Aplikasi di Latar Belakang

Bail ponsel Android maupun iOS seringkali menyimpan banyak apk di latar belakang. Tentunya apk tersebut dapat berjalan begitu saja dan membuat kuota internet tetap diambil oleh apk tersebut.

Inilah yang seringkali membuat jaringan jadi kurang stabil dan menjadi penyebab mengapa notif WA tidak bisa muncul. Untuk mengatasinya hilangkan atau hentikan apk yang berjalan di latar belakang.

3. Cek Konfigurasi Pengaturan

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul lainnya, dengan cara mengecek konfigurasi pengaturan. Jika merasa bingung, maka ikut langkah seperti berikut ini;

  • Buka ‘Pengaturan’ pada apk WhatsApp
  • Kemudian pilih opsi ‘Pemberitahuan’
  • Pastikan bagian pemberitahuan sudah diaktifkan

Jika sudah diaktifkan, pastinya notifikasi bisa langsung segera muncul jika Anda mengaktifkan opsi ini.

4. Perbarui Apk WhatsApp

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul terakhir, cobalah untuk mengupdate aplikasi WhatsApp yang ada pada ponsel. Kunjungi Play Store, kemudian cari apk WA, dan tekan button ‘Update’.

Dengan begitu, apk WA yang ada pada ponsel bisa berjalan dengan lancar. Selain itu pengguna juga bisa mendapatkan berbagai fitur-fitur terbaru yang sudah diberikan oleh developer.

Cara-cara di atas terbukti sangat membantu, karena kami juga telah merangkumnya dari halaman resmi aplikasi WhatsApp.

Gunakan salah satu cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di atas, agar notif bisa muncul kembali. Baik pada bagian pop-up, atau melalui screen hp secara langsung.