Cara Membuat Undangan Digital Sendiri Menggunakan Laptop

Jika Anda belum tahu, cara membuat undangan digital itu sangat mudah di era digital seperti sekarang. Bila ada waktu, lakukan sendiri dari pada harus meminta jasa orang lain, perlu mengeluarkan 300rb-500rb dalam proses pembuatannya.

Apakah aplikasi yang digunakan itu gratis? Semua gratis dan Anda bisa menggunakannya dengan bebas. Tapi memang, jika ingin membuatnya, perlu pertimbangan hingga menetapkan desain paling tepat.

Bagi Anda yang mau menikah dengan minim budget, kami akan memberitahu bagaimana cara membuat undangan digital, tentu saja pertimbangannya matang dan bisa berhasil menciptakan undangan digital terbaik.

Cara Membuat Undangan Digital Minim Budget

 Saat ini memang undangan digital sangat digemari oleh banyak orang. Sebab, Anda tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuat undangan kertas.

Selain mengehemat pengeluaran, Anda juga berkontribusi untuk menjaga lingkungan dari limbah kertas. Karena undangan kertas, sekali dibaca, kebanyakan orang langsung membuangnya.

Untuk itulah, versi digital lebih disukai. Tinggal tulis nama orang yang diundang, bagikan melalui WhatsApp, e-mail atau media sosial dari orang terundang.

Sekarang bahkan Anda bisa belajar cara membuat undangan digital dengan mudah hanya melalui internet.

Tentu saja bisa menggunakan websitenya secara gratis tanpa harus membayar. Jika ingin lebih bagus hasilnya, mungkin bisa upgrade ke premium, tapi tidak masalah bila fiturnya tidak begitu banyak.

Langsung saja, berikut adalah cara membuat undangan digital sendiri dengan teknik sederhana :

1. Pertimbangan yang Harus Dilakukan

Setiap orang yang ingin membuat undangan digital, tentu ada pertimbangan yang perlu dilakukan. Gunanya melahirkan konsep terbaik dan tidak terlihat norak.

Undangan yang terlalu ramai dengan ornament, justru terkadang bingung dibacanya, sehingga kurang praktis. Dan inilah pertimbangannya sebelum membuat undangan digital :

  • · Tentukan konsep undangan yang diinginkan. Jika undangan tersebut adalah pernikahan, tambahkan ornament yang bernuansa pernikahan di dalam undangannya.
  • · Menentukan juga sketsa undangannya. Jika tidak bisa membuat sketsanya, lihat contoh di Google atau platform lain sebagai inspirasi saja. Jangan dijiplak agar terlihat orisinil.
  • · Konten di undangan juga perlu dipikirkan, seperti tempat, tanggal acara, jam, nama orang yang diundang dan mungkin dress code.
  • · Dan terakhir, pilih website paling tepat untuk bisa membuat undangan digital.
  1. Contoh Konsep Undangan Digital Mudah Tapi Bagus

Jangan lupa, pikirkan juga konsep undangannya bagaimana. Karena ini yang bisa membuat Anda tergerak untuk membuatnya.

Berdasarkan cara membuat undangan digital, konsepnya itu ada banyak tinggal kreasikan sendiri. Berikut contoh-contohnya :

  • Konsep minimalis yang memadukan dua warna yang soft dan tidak mencolok dengan tambahan desain tidak terlalu ramai.
  • Ada juga konsep elegan, di mana undangannya didominasi warna kuning emas, coklat dan sebagainya.
  • Kemudian simple, yang didominasi dengan warna putih.
  • Bisa juga konsep islami dengan memasukkan unsur-unsur islam ke dalamnya.
  • Dan bisa juga konsep estetik seperti scrapbook.
  • Jika Anda membuat undangan untuk ulang tahun anak, buatlah yang full color khas anak-anak.
  1. Rekomendasi Website Untuk Membuat Undangan Digital

Tarif untuk membuat undangan digital itu cukup mahal, padahal aslinya cukup mudah. Dari pada harus mengeluarkan uang, buat sendiri saja dengan memanfaatkan website berikut :

  • Pertama ada canva. Ini bisa mempermudah Anda membuat undangan digital karena memang ada beragam template di dalamnya.
  • Kedua Mivitation, yaitu website spesialis membuat undangan digital dengan beragam template di dalamnya.
  • Dan terakhir, Invitation Card Maker, hampir sama dengan canva, tapi memang khusus untuk membuat undangan.

Sudah memikirkan konsep undangan setelah membaca artikel ini? Jika memang ada banyak waktu, tidak masalah menggunakan cara membuat undangan digital yang telah kami sebutkan untuk menghemat pengeluaran.