Daftar 5 Aplikasi Saham Terbaik Cocok untuk Pemula

Semakin banyak bermunculan aplikasi saham terbaik. Aplikasi ini menarik perhatian para pemuda hingga orang dewasa. Tapi memang bila membahas tentang saham, yang paling banyak tertarik untuk mempelajarinya adalah generasi muda.

Saham merupakan jenis nilai yang mengacu terhadap kepemilikan suatu perusahaan. Ketika sebuah perusahaan menerbitkan saham, berarti mereka menawarkan kepemilikannya kepada masyarakat umum.

Sekarang ini berinvestasi semakin dipermudah dengan adanya aplikasi. Kapan saja dan di mana saja, pengguna bisa mengetahui pergerakan aset mereka secara real time. Bagi Anda yang sedang bingung mencari aplikasi untuk pemula, bisa mencoba daftar berikut.

Daftar 5 Aplikasi Saham Terbaik Cocok untuk Pemula Bisa Dicoba

Sebagai seorang pemula, jangan terburu-buru mengeluarkan uang untuk membeli aset tanpa melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Pahami aplikasi yang dipilih, baru Anda bisa mulai untuk berinvestasi. Inilah daftar 5 aplikasi terbaik yang cocok untuk pemula dapat dicoba:

1. Bibit

Aplikasi saham terbaik pertama marak digunakan, yaitu Bibit. Sebab, Bibit sangat mudah di akses dan ramah bagi pemula yang sedang belajar tentang investasi. Hanya dengan modal kecil, mulai dari Rp. 10.000 saja pengguna bisa berinvestasi.

Jadi, cocok dijadikan pilihan bagi pemula yang mempunyai budget sedikit tapi ingin mencoba melakukan investasi. Bibit sudah terdaftar OJK, sehingga aman digunakan dan tidak perlu khawatir.

Bukan hanya saham, pengguna bisa melakukan investasi reksa dana berjenis pasar uang dan obligasi. Salah satu fitur menarik dari Bibit yaitu adanya robo advisor yang akan membantu pengguna melakukan investasi sesuai profil risiko.

2. Ajaib

Melakukan investasi juga bisa melalui Ajaib. Aplikasi ini akan menginformasikan kepada pengguna mengenai kelebihan sebuah perusahaan serta perbandingannya dengan perusahaan sejenis lain.

Dengan hal ini, pengguna akan menjadi lebih bijak dalam berinvestasi. Aplikasi saham terbaik Ajaib menyediakan fitur bernama Alert yang akan memberitahukan kepada pengguna terkait pergerakan tarif saham.

3. Bareksa

Daftar berikutnya diisi oleh Bareksa yang menyediakan lebih dari 150 produk reksa dana. Di mana produk tersebut bukan hanya yang sifatnya konvensional saja, tapi juga syariah. Ada manajer investasi dengan jumlah lebih dari 50 yang akan membantu mencapai target.

Sama halnya dengan aplikasi sejenis lain, transaksi Bareksa dilakukan secara online. Proses pendaftaran juga dilakukan secara daring, sehingga lebih praktis dan efisien waktu.

4. Stockbit

Stockbit mempunyai fitur utama bernama Stream atau orang-orang media sosialnya saham. Dengan Stream pengguna memang bisa berdiskusi tentang saham dengan orang lain. Tapi, terkadang juga ada saja yang berbicara tidak penting bahkan merusuh.

Jadi, memang tetap harus mampu menyaring dan memilah informasi bermanfaat. Melalui aplikasi saham terbaik satu ini, pengguna bisa membuat timelinenya sendiri. Selain itu, Anda dapat melakukan pemantauan pergerakan aset secara langsung.

5. RTI Business

Software terbaik terakhir yaitu RTI Business. Data yang disajikan oleh RTI Business cukup lengkap, dimulai dari fundamental sampai profil sebuah perusahaan. Salah satu fitur menariknya yaitu simulasi trading saham.

Jadi, bisa memudahkan pemula yang sedang ingin belajar tentang investasi maupun trading saham. Salah satu kekurangan dari RTI Business yaitu pada situasi tertentu berjalan lambat saat di akses, apalagi jam sibuk.

Selain pergerakan pasar modal, pengguna bisa memperoleh informasi tentang cash flow, probability, income statement, balance sheet serta earning. Dengan adanya informasi ini, Anda bisa terbantu untuk menganalisa bagaimana kinerja perusahaan.

Dari daftar software tersebut, masing-masing mempunyai fitur dan keunggulannya tersendiri. Sebaiknya pahami dengan baik fitur maupun cara penggunaan aplikasi saham terbaik yang diinginkan supaya meminimalisir kesulitan saat sudah terjun ke dalamnya.