Cara Menggunakan Remot AC Panasonic Bagi Pemakai Baru

Cara menggunakan remot AC Panasonic penting diketahui bagi pengguna baru. Apalagi merek ini terkenal dan mempunyai banyak kelebihan. Sayang sekali jika Anda tidak memaksimalkan fitur-fitur pendingin tersebut.

Zaman sekarang cuaca di siang hari semakin panas. Tentu AC seperti barang wajib untuk mendinginkan ruangan agar aktivitas kita tidak terganggu. Mood menjadi buruk kalau bekerja dalam kondisi gerah.

Namun tidak banyak orang mengetahui fitur di dalam alat pendingin. Padahal AC di rumah dapat kita atur sendiri sesuai kebutuhan. Misalnya Anda ingin menambahkan efek angin sepoi-sepoi atau meningkatkan suhunya.

Terkadang para pengguna juga protes karena ruangan kurang dingin. Ada juga yang mengeluh karena anginnya terlalu kencang sehingga membuat badan sakit. Padahal mengatur AC sangat mudah melalui remote bawaannya.

Kenali Fitur pada Remote AC Panasonic Dahulu

Sebelum mengetahui cara menggunakan remot AC Panasonic, sebaiknya Anda ketahui macam-macam tombol beserta fungsinya. Tombol tersebut dilengkapi ikon tertentu. Beberapa contoh dapat kita ketahui seperti:

  1. ON dan OFF merupakan tombol utama sekaligus terpenting. ON untuk menghidupkan sedangkan OFF mematikan pendingin tersebut.
  2. Transmitter, adalah tombol perintah indoor agar AC bisa diarahkan secara tepat.
  3. Display merupakan tampilan kecil pada remote Panasonic. Layar tersebut memperlihatkan informasi seperti suhu ruangan, mode, serta pengaturan lainnya.
  4. Mode Auto sifatnya otomatis sehingga Anda tidak perlu mengaturnya lagi secara manual. Ini berlaku untuk kecepatan fan yang berubah-ubah sesuai temperatur ruangan.
  5. Cool dan Dry Mode adalah fitur pengaturan kondisi suhu AC. Kita bisa membuat suhunya kering ataupun lembab.
  6. Timer berfungsi untuk setting durasi waktu pendingin tersebut bekerja. AC dapat mati sendiri sesuai pengaturan time yang kita tetapkan seperti 30 menit, 1 jam, dsb.
  7. Air Swing merupakan bagian pengatur gerak udara. Pengguna bisa mengarahkannya ke satu titik tertentu atau bergerak secara beraturan.
  8. Eco Smart menjadi fitur andalan pada merek pendingin Panasonic. Tujuannya untuk menghemat daya apalagi kalau Anda selalu menghidupkan pendingin setiap hari.
  9. Fan Mode memberikan efek angin sehingga temperaturnya semakin dingin. Terdapat cara menggunakan remot AC Panasonicpada pengaturan laju kipas mulai dari mode rendah hingga tertinggi.

Cara Menggunakan Remot AC Panasonic untuk Pemula

Pengguna baru merek pendingin ini harus belajar cara menggunakan remot AC Panasonic dengan tepat. Jangan sampai Anda tidak nyaman karena settingannya buruk. Ikuti langkah berikut supaya tidak terjadi kesalahan!

  1. Tekan tombol ON untuk menyalakannya sampai muncul lampu indikator berwarna hijau. Letaknya paling ujung atas remote Panasonic sehingga mudah ditemukan. Untuk mematikan hanya perlu menekannya kembali.
  2. Lihat pada bagian display yaitu layar kecil yang menunjukkan pengaturan dasar. Anda dapat melihat berapa suhu ruangan saat ini, mode fan, air swing, dsb.
    Dari situlah kita dapat menentukan kondisi pendingin sesuai keinginan. Kalau terlalu dingin maka naikkan suhu awal serta matikan mode fan. Sebaliknya, jika merasa ruangan terlalu gerah maka turunkan temperatur.
  3. Menentukan temperatur sifatnya sangat mudah karena terdapat tombol panah naik dan turun. Panah naik untuk meningkatkan suhu sehingga ruangan lebih hangat. Sedangkan panah turun untuk menurunkan temperaturnya.
    Anda bisa membuat setting otomatis supaya menghemat daya listrik. Caranya dengan menggunakan mode timer pada remote Panasonic tersebut. Aturlah waktu dimana AC bisa mati sendiri setelah digunakan.
  4. Ada model swing kalau pengguna ingin mengarahkan angin ke satu titik. Kita dapat meningkatkan kecepatan fan supaya suhu dingin dapat menyebar di ruangan secara merata.

Sekarang Anda dapat menentukan sendiri setting pendingin ruangan bergantung keinginan. Kenyamanan pribadi akan menentukan produktivitas sehari-hari. Apalagi cara menggunakan remot AC Panasonic tidaklah sulit bagi pemula.