Cara Menggunakan Remot AC dan Penjelasan Setiap Fungsinya

Sebagian masyarakat banyak yang belum mengetahui cara menggunakan remot AC. Hal tersebut disebabkan karena kecenderungan untuk menggunakan pendingin ruangan yang jarang dilakukan dan lebih memilih menggunakan kipas angin biasa.

Namun, bagi masyarakat pengguna AC Window, beberapa diantaranya juga akan menemui kesulitan jika berganti menggunakan AC Split. Perbedaan panel atau tombol pada remot merupakan faktor utama penyebab kesulitan tersebut muncul.

Sebagai pengguna baru, tentu saja hal tersebut wajar terjadi. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena untuk mengoperasikan remot pendingin ruangan sangat mudah dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Langkah Paling Tepat dalam Mempraktekkan Cara Menggunakan Remot AC Beserta Fungsinya

Remot AC tentu memiliki berbagai jenis tombol yang cukup membingungkan. Berikut ini penjelasan mengenai langkah penggunaan remot AC beserta fungsi setiap tombolnya yang bisa Anda pelajari sebelum menggunakan pendingin ruangan.

1. Power

Fungsi utama dari tombol power on/off tentu saja untuk menghidupkan dan mematikan pendingin ruangan. Cara untuk menggunakannya sangat mudah, dimana Anda bisa membedakannya dari warna tombol-tombol lainnya.

Power on/off memiliki warna yang berbeda dengan pengaturan lainnya. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk menggunakannya, dimana Anda bisa mengarahkan remot ke unit AC dan menyalakan atau mematikannya menggunakan power.

2. Display

Berbeda dengan remot pada televisi yang tidak memiliki display, remot pendingin ruangan biasanya menggunakan display. Fungsinya tidak lain untuk menunjukkan pengaturan pada pendingin ruangan yang Anda lakukan.

Anda bisa melihat suhu pendingin ruangan pada bagian display. Selain itu, bagian ini juga akan membantu pengguna untuk melihat mode tertentu yang digunakan saat pendingin ruangan dinyalakan.

Anda tidak membutuhkan cara untuk melakukan setting pada bagian display karena area ini hanya berfungsi untuk menunjukkan informasi pengaturan AC yang Anda lakukan melalui tombol-tombol pada remot.

3. Temperatur

Cara menggunakan remot AC berikutnya yaitu pada bagian tombol temperatur. Semakin tinggi suhu pendingin ruangan, maka Anda akan merasakan hawa panas, sehingga tingkat suhu perlu ditentukan sesuai kebutuhan.

Hal tersebut menjadi fungsi utama tombol temperatur, dimana Anda bisa menaikkan dan menurunkan suhu menggunakan tombol tersebut. Cara menggunakannya yaitu dengan menekan sesuai tombol arah tanda panah.

Jika Anda ingin mengecilkan suhu, maka tekan tanda panah atas beberapa kali sesuai kebutuhan. Kemudian tekan tanda panah bawah untuk membesarkan suhu pendingin ruangan hingga sesuai dengan suhu yang diinginkan.

4. Timer

Berikutnya adalah cara menggunakan remot AC pada bagian tombol timer. Tombol tersebut berfungsi untuk mengatur penggunaan pendingin ruangan sesuai waktu yang telah ditentukan dan bermanfaat jika ingin menghemat listrik.

Anda bisa mengatur kapan pendingin ruangan mati secara otomatis. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu melakukan pengaturan berapa lama AC akan mati, sebagai contoh setelah 5 jam beroperasi atau sesuai kebutuhan.

5. Swing

Tombol berikutnya adalah Swing, dimana fungsi tombol tersebut untuk mengatur arah udara dari pendingin ruangan. Tujuan utama penggunanya adalah untuk menyebarkan udara AC secara merata ke berbagai penjuru ruangan.

Cara menggunakan remot AC pada bagian Swing yaitu Anda hanya perlu menekannya dan mengatur arah saluran udara. Anda bisa menentukannya untuk bergerak ke kanan, kiri, bawah, atau atas secara bergantian.

6. Mode

Langkah terakhir adalah melakukan pengaturan pada tombol mode. Terdapat empat jenis mode pada pendingin ruangan. Pertama, cool mode untuk membuat suhu ruangan menjadi sangat dingin.

Kedua, fan mode untuk menghasilkan udara yang tidak sedingin suhu dari cool mode. Ketiga, dry mode untuk mengurangi kelembaban pada ruangan. Keempat, auto mode untuk mengatur kinerja fan secara otomatis.

Setiap pemilihan mode akan mempengaruhi kinerja AC. Anda bisa memilih mode sesuai kebutuhan dengan menekan tombol tersebut hingga sampai pada pilihan mode yang diinginkan pada pendingin ruangan.

Dengan beberapa langkah dan fungsi dari tombol AC tersebut, Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan remot pendingin ruangan. Cara menggunakan remot AC bisa segera diterapkan pada pendingin ruangan di rumah.