Ini Dia Kode Remot TV Akari dan Cara Menyettingnya

Remote universal tidak bisa langsung digunakan untuk TV Akari, perlu ketahui daftar kode remot TV Akari yang cocok. TV Akari memiliki banyak variasi kode remot, masing-masing terdiri dari tiga digit.

Cara membedakan remote universal dan non-universal yaitu melalui tombol “SET” di remote. Jika ada tombol tersebut berarti itu remote TV universal. Jika tidak ada berarti merupakan remote non-universal.

Setiap kode biasanya disesuaikan dengan model TV Akari tertentu. Sehingga Anda juga perlu mencoba satu per satu sampai menemukan yang benar-benar kompatibel dengan model TV Akari Anda.

Kode TV tabung yaitu 013, 213, 140, 015, 102, 104, 181, 224, 073, 103. Kode Akari LED dan LCD yaitu 103, 213, 140, 015, 102, 104, 181, 224, 073, 013.

Cara Menyetting Kode Remot TV Akari

Ada dua cara untuk menyetting kode remot TV Akari, yaitu secara manual dengan memasukan kode remot. Ada metode otomatis yang dapat memindai kode remot secara otomatis. Cara manual yaitu:

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol SET pada remotehingga LED merah menyala.
  2. Saat lampu menyala, masukkan kode kendali jarak jauh 3 digit yang telah cantumkan di atas.
  3. Setelah selesai, tekan kembali tombol SET sampai LEDmerah mati.
  4. Ulangi langkah ini jika Anda ingin memasukkan kode jarak jauh lainnya.

Lalu cara menyetting kode remot TV Akari secara otomatis yaitu;

  1. Pastikan TV dihidupkan, lalu arahkan multi-kontroler ke Akari TV Anda.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol [SET] pada remot TV sampai LED merah pada remot menyala.
  3. Kemudian, saat LED menyala, Anda harus menekan tombol [CH + dan CH-] berulang kali hingga ada respons di TV.
  4. Terakhir, tekan dan tahan tombol [SET] lagi sampai LED mati.

Masalah Penyebab Remote TV Tidak Berfungsi

Jika Anda gagal menyetting kode remot TV Akari, mungkin ada beberapa masalah yang dimiliki remote. Penyebab tidak berfungsinya remot mungkin dapat disebabkan oleh beberapa alasan.

1. Baterai remote habis

Remot mungkin tidak merespons karena baterai melemah atau akan habis. Biasanya, baterai hampir habis ditunjukkan dari lampu indikator tampak melemah. Ganti baterai yang sudah rusak dengan yang baru.

2. Besi di bagian baterai karatan

Jika baterai sudah diganti tetapi masih tidak berfungsi, mungkin ada karat pada remote. Karat atau kotoran bisa menghalangi tegangan dari baterai ke remote. Bersihkan karat dengan tiner sampai benar-benar bersih.

3. Kode remote salah atau tidak cocok

Penyebab lainnya adalah Anda salah memasukkan kode remote TV. Pastikan Anda memasukkan kode yang benar sesuai dengan daftar kode remot TV Akari di atas hingga digit terakhir.

4. Sensor remote inframerah rusak

Remot universal dan bawaan memiliki sensor inframerah yang berfungsi sebagai pemancar dari remot ke sensor TV. Jika bagian ini rusak, TV Anda tidak akan dapat merespon sinyal dari remote.

Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk mengecek sensor inframerah remote. Coba ikuti langkah berikut ini untuk memastikan apakah sensor inframerah rusak atau tidak:

  • Buka kamera handphone.
  • Arahkan remote ke kamera.
  • Tekan tombol pada remot TV.
  • Perhatikan kamera, jika setiap kali Anda menekan tombol pada remotedan terlihat cahaya dari sensor inframerah, berarti sensor remote berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa kode dan cara memasukkannya yang bisa Anda coba agar remote multifungsi berfungsi di TV Anda. Semoga artikel kode remot TV Akari dan cara menyettingnya berguna bagi Anda.