Aplikasi Screenshot Laptop yang Mudah untuk Digunakan

Aplikasi Screenshot Laptop adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menangkap atau merekam layar yang sedang ditampilkan. Fitur ini biasa digunakan pada perangkat ponsel atau sejenisnya, namun saat ini sudah bisa digunakan pada perangkat laptop atau PC.

Jika biasanya perlu menekan tombol print screen pada keyboard kiri, saat ini sudah dapat menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan screenshot tersebut. Bantuan tersebut dapat membuat aktivitas screenshot berjalan dengan lebih baik dengan hasil yang bisa disesuaikan.

Rekomendasi Aplikasi Screenshot Laptop untuk Anda

Jika Anda merasa tombol print screen dan snipping tool untuk menangkap layar dari bawaan Windows belum dapat memenuhi kebutuhan, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi screenshot khusus laptop dan PC.

Dengan menggunakan aplikasi screenshot laptop, Anda akan menemukan berbagai macam fitur dan menu untuk membantu membuat hasil tangkapan layar menjadi sesuai keinginan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi screnshot pada laptop atau PC.

1. Greenshot

Greenshot dapat membantu Anda melakukan proses tangkapan layar dengan lebih cepat dan lebih baik. Anda hanya perlu menekan tombol hotkey yang tersedia pada aplikasi atau menggunakan sistem tray yang memang telah terpasang secara otomatis.

Dengan begitu Anda bisa melakukan proses penangkapan layar dengan lebih cepat dan hasil lebih baik. Greenshot memiliki mode yang bisa dipilih seperti tangkapan layar penuh atau full screen, last region, region serta Windows.

Masing-masing akan memiliki posisi gambar tersendiri sesuai dengan model yang dipilih. Tangkapan layar tersebut juga akan berada pada posisi sesuai dengan keinginan Anda.

2. Lightshot

Lightshot merupakan aplikasi screenshot laptop yang cukup banyak digunakan pengguna untuk perangkat Windows atau Mac. Ukurannya sendiri terbilang sangat ringan sehingga mudah untuk dipasang pada laptop.

Karena memiliki ukuran ringan, jumlah memori laptop tidak akan termakan oleh aplikasi ini. Untuk menggunakan Lightshot cukup dengan menekan tombol print screen, maka secara otomatis aplikasi akan melakukan proses screenshot.

Lightshot juga memungkinkan Anda menyeleksi dan mengambil gambar hanya pada bagian tertentu dari layar. Kemudian mengedit dan menyimpannya pada Drive. Selain itu hasil tangkapan layar juga bisa dibagikan melalui internet.

3. TinyTake

Jika ingin menggunakan aplikasi screenshot laptop yang multifungsi, TinyTake bisa dijadikan pilihan. TinyTake selain digunakan untuk melakukan tangkapan layar, juga bisa digunakan sebagai Screen Recorder.

Fitur yang ada di dalamnya juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain seperti memperbaiki dan mengedit hasil screenshot. Anda juga bisa menambahkan atau mengurangi bagian yang ada pada gambar hasil screenshot.

Tinytake dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti crop, line, arrow, rectangle, text dan masih banyak fitur lain. Hasil tangkapan layar nantinya juga bisa langsung dibagikan atau disimpan di dalam Drive.

4. ScreenPresso

Aplikasi screenshot laptop lainnya untuk dicoba adalah ScreenPresso. ScreenPresso memungkinkan Anda menangkap gambar layar dengan berbagai mode seperti menyeleksi bagian tertentu hingga semua halaman website yang bisa di scroll.

Anda juga bisa merekam layar PC sebagai video HD dan menyimpannya dalam bentuk GIF atau mp4. Hasil screenshot juga bisa diedit menggunakan fitur image editor kemudian disimpan dalam cloud ScreenPresso, Google Drive, Dropbox, Onenote dan Evernote.

Fitur di dalam ScreenPresso yang bisa dicoba antara lain arrow, rectangle, bubble, berbagai ikan dan simbol hingga alat cutting dan blur. ScreenPresso juga kompatibel untuk laptop Sistem Operasi Windows 10, 8 atau 7.

Menggunakan beberapa bantuan aplikasi di atas selain untuk kebutuhan screenshot juga dapat digunakan untuk merekam layar yang tampil pada laptop. Selain itu hasil dari aplikasi screenshot laptop juga dapat langsung tersimpan aman di dalam Drive.