Cara Belajar Komputer Dasar, Hal Ini Perlu Diutamakan

Di era digital seperti sekarang, mengoperasikan komputer menjadi penting, sehingga pemula harus tahu cara belajar komputer dasar agar tidak bingung. Apalagi ketika calon pengoperasinya belum pernah memegangnya sama sekali.

Sebenarnya mempelajari bagaimana penggunaan komputer sangatlah mudah, caranya hampir mirip seperti menggunakan ponsel smartphone. Hanya saja komputer lebih sering menggunakan bahasa inggris ketika menuju menu satu ke lainnya.

Hampir setiap kegiatan kerja di zaman sekarang ini menggunakan komputer, entah menggunakan komputer PC atau laptop. Namun kedua perangkat ini sama cara kerja, hanya beda pada komponen-komponen hardwarenya saja.

Apabila Anda belum pernah sekalipun mengoperasikan komputer karena lebih sering bekerja dengan fisik, maka bisa mengikuti arahan ini. Tentunya, penjelasan dalam artikel ini harus dipahami, paling tidak dasar-dasarnya dulu.

Cara Belajar Komputer Dasar Dimulai dari Komponen Pentingnya

Tentu hal paling mendasar dalam belajar komputer yaitu mengenal terlebih dahulu komponen-komponen di kesatuan komputer tersebut. Apabila Anda menguasainya, maka nantinya bisa segera mulai membeli perangkat sendiri untuk digunakan.

1. Kenali Perangkat Keras Komputer

Langkah pertama terkait cara belajar komputer dasar adalah mengenali terlebih dahulu komponen perangkat keras di dalam seperangkat komputer. Misalnya seperti mouse, keyboard, monitor, dan lainnya harus dikenali.

Memang terkesan sepele, namun semua komponen tersebut menjadi inti mengapa komputer dapat dioperasikan. Misalnya tanpa adanya CPU, maka komputer tidak bisa digunakan, hanya bisa menghidupkan layarnya saja tanpa ada gambar.

2. Kenali Icon Aplikasi

Untuk cara belajar komputer dasar berikutnya yaitu mengenali icon aplikasi pada layar komputer. Sedangkan icon tersebut akan terlihat apabila apabila komputer dinyalakan karena menjadi bagian dari aplikasi layaknya ponsel.

Biasanya terdapat aplikasi bawaan yang sudah menjadi satu perangkat saat windows sudah terinstall di dalam komputer. Apabila icon dari aplikasi tersebut tidak muncul, maka bisa dimunculkan melalui menu di data c.

3. Kenali Menu Dasar Komputer

Kenali juga menu apa saja yang terdapat di dalam komputer karena pengenalan ini sangatlah penting. Misalnya saja kegunaan control panel, di mana cara mematikan atau sleep berada di menu tersebut serta harus diketahui oleh pengguna.

Tentu saja menyambung wifi atau internet juga melalui menu yaitu terletak pada pojok kiri bahwa yang memiliki simbol garis sinyal. Namun, setiap komputer memiliki simbolnya sendiri, namun para pengguna bisa membacanya sendiri.

4. Belajar Microsoft

Biasanya penggunaan komputer lebih sering pada aplikasi microsoft. Bahkan proses belajar mengajar juga selalu menggunakan aplikasi ini, entah aplikasi microsoft word, excel, power point, dan lain sebagai selalu digunakan.

Mempelajari aplikasi ini bisa dikatakan sangatlah penting dalam dunia karja, Anda pasti sering melihat iklan lowongan selalu terlihat menjadi salah satu syaratnya. Jadi, Anda perlu mempelajari, minimal tentang bar dan kegunaannya.

5. Latih Mengetik dengan 5 Jari

Ketika menggunakan microsoft juga tidak lepas dari kegiatan ketikan mengetik atau menulis. Anda pastinya tidak terlalu lama bukan dalam mengetik? Jika demikian, perlu menghafal terlebih dahulu letak tombol keyboard beserta meletakan jari-jarinya sebagai cara belajar komputer dasar.

Susunan pada tombol huruf, angka, dan lainnya tersebut memang terlihat tidak beraturan, namun fungsinya adalah memudahkan para pengguna nantinya. Misalnya saja letak tombol space di bawah karena untuk digunakan jempol yang sering bergerak.

Secara mendasar dalam belajar komputer dasar khususnya saat mengetik, seorang pengguna dapat mengetik lebih cepat menggunakan kelima jarinya. Jadi, calon pengguna harus membiasakan agar ke depannya tidak perlu lagi melihat tombol tersebut.

Asalnya pembaca memahami beberapa poin yang sudah diterangkan sebelumnya, niscaya ke depannya dapat langsung menggunakannya untuk bekerja. Tentunya, cara belajar komputer dasar ini sangat mudah bukan? Praktik segera.