Kesalahan Belajar Bahasa Inggris Offline yang Perlu Dihindari

Kesalahan belajar bahasa Inggris offline merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan dilakukannya kesalahan tersebut, hasil yang didapat menjadi kurang sesuai dengan harapan. Bahkan ada banyak orang yang belajar bahasa Inggris sejak lama namun hasilnya nihil.

Perlu diketahui, efektivas mempelajari bahasa Inggris secara offline sebenarnya sangat tinggi. Ini berbeda dengan kondisi belajar online di mana setiap hal dilakukan serba terbatas. Namun Anda tetap tidak boleh asal.

Lakukan setiap hal dengan serius agar hasil yang didapat bisa maksimal. Perlu diingat, belajar bahasa sendiri berbeda dengan mempelajari matematika. Anda tidak akan bisa menguasainya hanya dengan memahami rumus.

Kesalahan Belajar Bahasa Inggris Offline

Penting bagi Anda untuk menghindari beberapa kesalahan saat belajar bahasa Inggris. Apabila kesalahan tersebut terus dilakukan, hasil yang didapat pasti kurang memuaskan. Supaya lebih mudah dalam menghindarinya, berikut beberapa kesalahan tersebut.

Jika pemahaman secara teori sudah dimiliki, belajar berbahasa Inggris secara offline perlu dilanjutkan dengan mempraktekkannya saat beraktivitas. Upaya praktik inilah yang akan membuat hasilnya sesuai dengan harapan.

1. Kurang Latihan Mendengar

Kesalahan pertama saat belajar bahasa Inggris offline terletak pada kurangnya latihan mendengar. Biasanya kebanyakan orang hanya mempelajari cara berbicara, menulis, atau membaca. Mendengar biasanya dilakukan dengan sangat minim.

Saat belajar mendengar, jangan hanya mendengarkan percakapan orang Indonesia yang berbicara bahasa Inggris. Anda juga perlu berlatih untuk mendengarkan orang yang memang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya akan ada kesan berbeda ketika mendengarkan bahasa Inggris dari orang Indonesia dan penutur asli. Normalnya, kesulitan saat mendengarkan bahasa Inggris dari penutur asli lebih tinggi.

2. Rasa Ingin Tahu

Bahasa Inggris memiliki banyak kosa kata yang terus diperbaharui. Oleh karena itu, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sangat penting saat mempelajari bahasa Inggris. Adanya rasa ingin tahu ini membuat Anda terus mencari kata baru yang dirasa penting.

Untuk meningkatkan rasa ingin tahu, penting untuk memiliki tujuan pembelajaran. Jika Anda belum memiliki tujuan yang jelas dalam belajar bahasa Inggris, sulit untuk memunculkan rasa ingin tahu yang besar dalam diri.

3. Pemikiran Kaku

Pemikiran yang kaku juga menjadi kesalahan belajar bahasa Inggris offline. Mengubah cara berpikir seseorang sendiri memang sulit. Namun pernah dilakukan penelitian yang membandingkan murid dengan pemikiran kaku dan terbuka.

Dari hasil penelitian tersebut, didapat data kalau murid dengan pemikiran terbuka jauh lebih cepat dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu, cobalah untuk membuka pemikiran mulai dari sekarang.

Tidak hanya saat mempelajari bahasa, ini juga bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Cara tersebut akan membuat Anda semakin mudah ketika menerapkan cara berpikir terbuka dalam proses belajar bahasa Inggris.

4. Metode Belajar

Ada banyak metode yang bisa diterapkan dalam belajar bahasa Inggris offline. Namun metode ini sering menjadi kesalahan ketika melihat pada kebanyakan orang. Biasanya kebanyakan orang hanya menggunakan satu metode dalam belajar.

Bahkan sering kali ada kondisi di mana metode yang digunakan tersebut adalah referensi dari orang lain tanpa memerhatikan kenyamanan pribadi. Perlu diketahui, Anda perlu memilih metode yang memang cocok dengan diri apabila hasilnya ingin maksimal.

5. Rasa Takut

Rasa takut menjadi kekang terbesar saat seseorang mempelajari bahasa Inggris. Itu karena rasa takut ini bisa membuat Anda merasa ketakutan ketika berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris.

Padahal komunikasi ini memiliki peran yang sangat vital. Jika Anda tidak berkomunikasi dengan percaya diri, sulit untuk mengecek apakah pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan efektif atau tidak.

Hindari kesalahan-kesalahan di atas saat belajar bahasa Inggris agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Jika terus dilakukan, upaya belajar bahasa Inggris offline pasti tidak membuahkan hasil yang diinginkan.