Belajar Bahasa Program Dasar Bagi yang Baru Memulai

Belajar bahasa program dasar sudah menjadi salah satu kepentingan bagi kehidupan sehari-hari, hampir setiap kegiatan yang Anda lakukan sekarang berkaitan dengan sistem pemrograman mulai dari menonton televisi hingga berselancar di media sosial lewat hp.

Bagi kebanyakan orang mungkin menganggap kegiatan pemrograman sangat rumit, sehingga sebagian menganggapnya sangat keren ketika dilihat. Berasal dari rasa takjub dan keren ini menyebabkan banyak pemula ingin mempelajarinya supaya dapat menjadi programmer.

Programmer sendiri merupakan sebuah profesi dilakukan bagi setiap orang menekuni belajar bahasa program hingga tingkat tinggi. Namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin mempelajar pemrograman, karena dapat dilakukan dengan mudah jika niat mempelajarinya.

Mengenal Sebelum Belajar Bahasa Program Dasar

Pada dasarnya pemrograman merupakan sebuah proses guna menyusun sebuah program berdasarkan bahasa program. Bahasa ini merupakan susunan kode memiliki fungsi untuk membuat suatu pemrograman melalui kumpulan kode beragam atau biasa disebut sintaks.

Secara mudahnya dengan belajar bahasa program dasar, Anda sebagai programmer dapat memahami perintah supaya program yang dibuat dapat melaksanakan tugas sesuai yang diperintahkan, penerapannya sudah sering digunakan pada penyusunan situs atau aplikasi.

Sebagai contoh jika Anda akan mem-booking sebuah tiket entah untuk menonton konser maupun melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta dibutuhkan beberapa kode unik. Kode unik ini akan disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bukti booking Anda.

Konsep Dasar yang Bisa Dipahami

Guna belajar bahasa program dasar, sebagai pemula Anda diwajibkan untuk memahami konsep dasar yang menyusunnya terlebih dahulu. Terdapat lima konsep yang menyusun proses pemrograman mulai dari originating, input, proses, output, serta distribution.

Originating merupakan proses untuk mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan, sedangkan imput merupakan proses memasukkan semua data yang sudah dikumpulkan kedalam perangkat supaya dilakukan pengolahan lebih lanjut supaya lebih sempurna.

Proses sendiri merupakan kegiatan utama dalam pemrograman, fase dimana data diproses lalu dihitung dan dikelompokkan. Output merupakan hasil akhir, serta distribution pada belajar bahasa program dasar merupakan proses penyebaran data yang telah dihasilkan.

Jenis Pemrograman dalam Dunia Koding

Dalam proses menyusun pemrograman, terdapat berbagai macam jenis bahasa yang dapat Anda gunakan untuk memulai mempelajari kegiatan pemrograman. Diantaranya beberapa yang sering digunakan adalah Python, Java, Javascript, PHP, dan macam jenis lainnya.

Untuk melakukan kegiatan belajar bahasa program dasar dapat dilakukan dengan mudah, pertama cukup tentukan fokus utama ingin mempelajari bahasa yang ingin Anda gunakan. Salah satu yang sering digunakan oleh banyak orang adalah pemrograman Python.

Sebagai pemula, gunakanlah serta pelajari aplikasi untuk memulai pemrograman yang paling mudah digunakan serta sesuai kebutuhan. Berikut beberapa jenis programming languages yang sering digunakan oleh beberapa programmer di Indonesia.

1. Python

Untuk belajar bahasa program dasar yang pertama adalah Python, salah satu jenis layanan pemrograman dan biasa digunakan untuk membuat aplikasi. Selain itu juga dapat digunakan untuk menyusun berbagai perintah supaya dapat dilaksanakan oleh komputer Anda.

Python sendiri merupakan salah satu general purposive language, sehingga dapat dikatakan dapat digunakan di mana saja. Oleh karena itu, penggunaannya juga dapat digunakan untuk melakukan proses analisis data mulai dari sederhana hingga mendetail dan sulit.

Walaupun merupakan salah satu programming language tingkat tinggi, namun banyak programmer yang menggunakannya. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana belajar bahasa program dasar.

2. Java

Selain Python, Java juga merupakan programming language yang sering digunakan oleh banyak orang. Anda mungkin tidak asing oleh programming language satu ini, karena sering digunakan untuk membaut berbagai permainan di ponsel jadul zaman dahulu.

Penggunaannya sering digunakan untuk membuat aplikasi, situs, hingga berbagai software lainnya baik untuk platform ponsel maupun komputer. Oleh karena itu, cocok digunakan bagi Anda untuk belajar bahasa program dasar.

Memiliki motto write once, run anywhere yang artinya Java dapat digunakan dalam berbagai platform tanpa perlu adanya desain ulang guna menyesuaikan dengan platform asalnya. Ini bisa menjadi alternatif.

Program telah ditemui dalam kehidupan dengan sangat banyak. Penggunaan programing language sangat penting untuk kehidupan zaman ini, sehingga sangat penting bagi Anda untuk belajar bahasa program dasar.