Wajib Tahu Alasan Belajar Phyton untuk Pemula

Belajar Phyton merupakan bahasa pemrograman yang disarankan untuk pemula karena memiliki perintah yang lebih ringkas sehingga lebih mudah dipahami. Jika Anda bingung memilih bahasa pemrograman yang bagus untuk dipelajari pemula, maka Phyton bisa menjadi solusinya.

Meski memiliki keunggulan mudah dipahami untuk pendatang baru, bukan berarti kegunaannya hanya terbatas untuk pemula. Saat ini banyak perusahaan menyelesaikan berbagai masalah mengolah data sampai membuat mesin cerdas menggunakan phyton.

Apa itu Bahasa Pemrograman Phyton?

Phyton merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia. Pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai hal seperti membangun sebuah website atau menganalisis data.

Selain itu, pemrograman ini juga memiliki karakteristik seperti tergolong kedalam bahasa program tingkat tinggi, menggunakan pendekatan berorientasi objek, serta ditulis secara dinamis.

Phyton tergolong pemrograman tingkat tinggi, karena sintaksnya didesain semirip mungkin dengan bahasa manusia. Hal tersebut membuat proses belajar Phyton untuk pemula menjadi lebih mudah, cepat dan menyenangkan.

Selain itu bahasa program ini menggunakan paradigma pemrograman yang berorientasi objek atau object oriented programming. Hal tersebut berarti perintah pada coding tersusun dari objek-objek kecil yang memiliki karakteristik dan atributnya tersendiri.

Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum, seorang programmer asal Belanda. Hingga saat ini, Phyton telah berkembang pesat terbukti dari versi terbarunya yaitu versi 3.10 yang dirilis pada 2021 lalu.

Saat ini juga termasuk salah satu bahasa pemrograman terpopuler menurut survei dari Stack Overflow yang menempatkannya pada posisi tiga besar dengan persentase pengguna di seluruh dunia sebesar 48,24 persen.

Fungsi dan Alasan Perlu Belajar Phyton

Selain populer, juga memiliki beberapa fungsi untuk digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman. Berikut ini beberapa fungsi Phyton beserta alasan kenapa Anda harus mempelajarinya.

1. Dapat Digunakan Secara Gratis dan Open Source

Alasan pertama Anda harus belajar phyton adalah karena dapat digunakan secara gratis. Semua library, modul hingga tools untuk menjalankan bahasa program ini dapat dinikmati tanpa perlu membayar biaya langganan.

Selain itu bahasa pemrograman ini juga open source. Hal ini berarti Anda dapat dengan bebas menggunakannya baik untuk tujuan pribadi atau tujuan komersil tanpa perlu membayar royalti ke pengembangnya.

2. Mudah untuk Dipelajari

Sebagai bahasa tingkat tinggi dengan sintaks mirip bahasa manusia, membuatnya mudah untuk dipelajari. Jika dibandingkan dengan sesama bahasa tingkat tinggi lain, perintah coding Phyton jauh lebih simple dan sederhana.

Sebagai salah satu yang populer, Phyton juga memiliki komunitas yang luas dan sportif. Di dalam komunitas tersebut Anda bisa berdiskusi atau mencari solusi saat mengalami kesulitan dalam belajar phyton.

3. Bahasa Pemrograman yang Multiplatform

Phyton juga merupakan salah satu bahasa pemrograman multiplatform. Maksudnya adalah Anda bisa dengan leluasa menulis coding lalu menjalankannya di berbagai sistem operasi populer seperti Windows, Linux atau MacOS.

Tentu ini menjadi sebuah keuntungan, karena Anda bisa langsung segera mempelajari Phyton tanpa perlu mengganti atau membeli perangkat baru yang kompatibel dengan bahasa program satu ini.

4. Bahasa Pemrograman yang Multifungsi

Selain multiplatform, Phyton juga merupakan bahasa pemrograman yang multifungsi. Bahasa pemrograman ini paling umum banyak digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop, mobile dan web.

Selain itu dapat juga digunakan untuk mengolah hal-hal yang berkaitan dengan data. Anda dapat mengekstraksi, membersihkan bahkan memvisualisasikan data dengan mudah. Jika Anda adalah seorang Data Scientist, maka perlu untuk belajar phyton.

Karena memungkinkan Anda untuk menganalisis data yang sudah diekstrak menjadi informasi yang lebih berguna. Selain itu juga bisa digunakan untuk membangun mesin learning, mengembangkan teknologi kecerdasan buatan serta membangun teknologi robotika.

Karena dikenal ramah bagi para pemula yang bekerja di bidang programming, maka Anda wajib untuk mempelajarinya dengan konsisten. Belajar Phyton dengan konsisten dapat membuat Anda menjadi lebih mahir saat ingin menyelesaikan suatu masalah pemrograman.