Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Hp Samsung

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Samsung dapat membantu Anda ketika mendapatkan masalah tidak sengaja foto terhapus. Foto atau video yang ada di dalam galeri terkadang menjadi kenangan yang berharga bagi seseorang.

Jika tidak sengaja terhapus, tentu merasa kurang nyaman. Sebenarnya jika tidak sengaja menghapus foto di Smartphone tidak perlu khawatir sebab biasanya foto tersebut masih ada di kotak sampah sejak 30 hari penghapusan dilakukan.

Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Samsung

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto dari hp Samsung yang tidak sengaja terhapus. Berikut ini beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di hp Samsung dengan mudah.

1. Mengembalikan Melalui Galeri

Cara pertama bisa dilakukan melalui galeri hp. Setiap smartphone pasti menyediakan galeri untuk tempat melihat foto serta video. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa melalui galeri bisa mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus loh.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, seperti berikut.

  • Pertama,untuk mengatasi cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Samsung silahkan buka galeri smartphone Anda. Selanjutnya bisa mencari menu tiga titik yang ada dibagian sudut kanan atas. Pilih ikon titik tiga tersebut.
  • Jika sudah, pilih menu “sampah”
  • Anda akan melihat halaman dengan foto yang sudah terhapus. Bahkan foto screenshot serta video yang terhapus juga akan tersedia di halaman tersebut.
  • Cobalah cari foto yang ingin dikembalikan ke galeri dengan memilih opsi “pulihkan”. Biasanya memiliki tanda berbentuk panah melengkung ke atas.
  • Jika foto yang ingin dikembalikan lebih dari satu, maka Anda dapat menandai beberapa foto terlebih dahulu kemudian pulihkan sekaligus
  • Tunggu beberapa saat kemudian periksa galeri apakah foto tersebut sudah kembali.

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Samsung satu ini terbilang cukup sederhana dan membantu Anda untuk mendapatkan foto yang sudah terhapus. Anda bisa mencobanya sendiri.

2. Kembalikan dengan Google Photo

Di smartphone Samsung Anda bisa mendapatkan aplikasi Google Photo yang merupakan layanan untuk menyimpan foto dan dikembangkan oleh Google. Layanan ini sudah ada sejak pertengahan 2015 dan menyediakan penyimpanan gratis dengan resolusi paling tinggi.

Jika ada foto yang tidak sengaja terhapus kemudian ingin dikembalikan, Anda bisa memanfaatkan layanan Google Photo tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Silakan buka aplikasi Google Photo.
  • Proses untuk mengembalikan foto sebenarnya tidak jauh berbeda dari cara yang pertama, dimana Anda bisa memilih menu “sampah” di Google Photo.
  • Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Samsung dengan Google Photo ini lebih mudah. Sebab Anda bisa memilih opsi “pulihkan” untuk mengambalikan.Ada batas waktu penyimpanan di kotak sampah lebih dari 60 hari melalui Google Photo.

3. Gunakan Aplikasi Data Recovery

Cara selanjutnya bisa mengandalkan aplikasi Data Recovery yang merupakan perangkat lunak dengan berbagai macam tools, sehingga memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan file foto maupun dokumen yang telah terhapus secara permanen.

Berikut ini cara penggunaannya:

  • Pastikan sudah memiliki aplikasi data recovery pada laptop
  • Hubungkan ponsel Samsung Anda ke komputer menggunakan bantuan kabel USB
  • Akan muncul petunjuk untuk memilih tipe file yang akan dipindah. Jika smartphone sudah pernah dirooting sebelumnya maka akan otomatis melakukan proses pemindaian.
  • Pilih tombol izinkan agar program bisa melakukan pemindaian dan analisis file
  • Pilih data yang terhapus. Temukan lokasi untuk melakukan recovery dengan memilih tombol “pulihkan”
  • Dengan begitu foto akan kembali di laptop Anda

Ada berbagai macam cara yang bisa membantu mengembalikan foto atau video sekalipun sudah terhapus. Pastikan menggunakan setiap langkah cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp Samsung dengan benar.