Tutorial Cara Cek Jam Tayang Youtube Melalui PC dan HP

Bagi youtuber pemula, cara cek jam tayang youtube pasti sangat penting. Jam tayang merupakan banyaknya durasi video Anda sudah ditonton oleh orang lain.

Untuk mendapatkan monetasi para konten kreator youtube wajib untuk mengumpulkan 4000 jam tangan youtube pada kanalnya masing-masing. Ini merupakan salah satu hal yang penting dan banyak diperbincangkan oleh para youtuber pemula yang baru memulai karirnya sebagai konten kreator.

Tetapi sebelum mengumpulkan jam tayang, Anda sebelumnya harus tahu dulu cara cek jam tayang di youtube. Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan perangkat apapun seperti PC atau juga smartphone.

Cara Cek Jam Tayang Youtube Wajib Diketahui Konten Kreator Pemula

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mengecek jam tayang youtube. Mengetahui jam tayang di kanal Anda harus bisa dilakukan untuk mengecek apakah Anda sudah memenuhi syarat untuk bisa memonetasi video atau belum.

Untuk mengeceknya juga terbilang mudah karena bisa menggunakan hampir semua perangkat dari mulai smartphone hingga PC. Syaratnya hanya Anda sudah memiliki sebuah channel youtube sendiri dan sudah memposting video.

Cara cek jam tayang youtube kadang-kadang masih diabaikan oleh para konten kreator pemula karena dianggap tidak terlalu penting. Biasanya mereka hanya melihatnya melalui videonya langsung untuk mengecek sudah berapa kali video tersebut ditayangkan.

Untuk mempermudah Anda mengeceknya, berikut ini cara cek jam tayang youtube yang bisa dilakukan melalui PC Anda.

  1. Masuk ke browser, pastikan internet pada PC menyala.
  2. Buka youtube studio pada browser
  3. Masuk akun youtube dan pada dashboard klik analytics
  4. Lihatlah ringkasan jam tayang konten Anda sendiri

Pada ringkasan tersebut, data yang ditampilkan merupakan jumlah dari akumulasi jumlah keseluruhan ham tayang youtube selama periode 28 hari terakhir. Anda juga harus mengingat berapa lama rata-rata video ditonton oleh penonton.

Sedangkan jika Anda menggunakan smartphone atau HP bisa menggunakan aplikasi YT Studio. Aplikasi YT Studio ini bisa diunduh melalui google playstore atau appstore. Setelah login di aplikasi, pada halaman depan akan langsung ditampilkan jam tayang channel.

Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang Youtube untuk Konten Kreator Pemula

Jam tayang 4000 jam merupakan salah satu syarat agar video yang Anda tayangkan di youtube dapat dimonetasi dan juga menghasilkan pendapatan. Bagi para konten kreator pemula, jumlah tayangan ini tentu saja sangat besar.

Tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui cara cek jam tayang youtube untuk bisa meningkatkan jumlah jam tayang dengan cepat.

1. Meningkatkan kualitas video

Penonton youtube akan menonton video yang menurut mereka memiliki kualitas yang baik dan juga tidak membosankan. Membuat konten yang menarik dan juga unik harus dilakukan agar dapat menarik minat banyak orang untuk menontonya.

Banyak cara untuk bisa meningkatkan kualitas video menjadi unik, menarik dan enak dilihat. Seperti, mengatur tone warna pada videonya, tambahkan musik pada videonya, serta bawakan konten dengan menarik agar tidak membosankan.

2. Buat thumbnail

Thumbnail berfungsi sebagai cover pada video Anda, penonton sebelum melakukan klik pasti akan melihat thumbnail Anda terlebih dahulu. Oleh sebab itu, agar mereka tertarik pembuatan thumbnail juga sangat penting.

Saat membuatnya, usahakan Anda memasukkan kata-kata yang persuasif hingga memancing orang untuk lanjut menonton. Yang penting lainnya, kata-kata yang digunakan harus mudah dibaca dan menggunakan warna terang.

Setelah menerapkannya, Anda bisa melakukan cara cek jam tayang youtube dan bedakan perbedaan antara video yang menggunakan thumbnail dan juga tidak menggunakan thumbnail.

3. Menggunakan kata kunci

Terakhir penggunaan kata kunci juga menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan jumlah penonton asli Anda. Kata kunci menarik ini merupakan kata-kata yang sedang tren dan dicari oleh banyak orang.

Jangan gunakan kata kunci yang rumit dan berbelit-belit, sebaliknya Anda harus menggunakan kata kunci yang simpel mudah dan sering digunakan oleh banyak orang.

Ketiga cara ini bisa Anda terapkan untuk bisa meningkatkan jumlah jam tayang pada video youtube Anda. Setelah menerapkan ketiganya, Anda bisa lakukan cara cek jam tayang youtube lagi untuk lihat sudah memenuhi syarat atau belum untuk bisa memonetasi video.