Berikut Ini Cara Mengecek Penghasilan YouTuber

Cara mengecek penghasilan YouTuber sangat membantu, bagi Anda seorang YouTuber yang ingin mengetahui penghasilan didapatkan selama membuat konten di platfrom tersebut.

Banyak orang menjadi seorang YouTuber karena penghasilan lebih besar dan menjajikan. Platfrom ini juga merupakan platfrom besar di dunia media sosial dan memberikan penghargaan pada setiap karya yang dihasilkan oleh setiap kreatornya.

Dengan terus secara konsisten membuat konten, bisa menghasilkan banyak rupiah. Bahkan beberapa yang sudah terkenal dapat menghasilkan uang ratusan juta dengan mudah, tentunnya dengan konsistensi yang tinggi.

Sehingga bagi Anda yang sedang menjalani profesi ini atau ingin mengetahui penghasilan kreator terkenal lainnya, perlu tahu bagaimana cara mengecek penghasilan YouTuber.

Berikut Cara Mengecek Penghasilan YouTuber

Penghasilan yang didapatkan, sangat bergantung pada klik iklan yang muncul, topik pembahasan, harga iklan tayang, serta lokasi dari negara.

Untuk kelas seorang pemula, bisa menghasilkan kurang lebih sebanyak 18 USD dengan minimal 1000 jam tayang video.

Tapi tidak semua kreator, bisa menghasilkan diangka tersebut. Penghasilan ini dapat diketahui menggunakan rumus RPM (revenue per impression) serta CPC (cost pe clic). Biasanya per tayangan iklan, nilai RPM yang didapatkan Rp 7000.

Sedangkan hasil dari CPC, dalam satu klik menghasilkan Rp 5000 sampai Rp 12.000. Untuk cara pengecekan lebih mudahnya, gunakan salah satu cara mengecek penghasilan YouTuber berikut ini.

1. Menggunakan Social Blade

Melalui cara ini, Anda dapat mengetahui berapa pendapatan yang dimiliki oleh seorang pemilik konten kreator terkenal. Gunakan social blade untuk mengetahuinya, untuk cara mengeceknya lakukan langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, buka website www.socialblade.com
  • Kemudian masukkan nama channel yang ingin Anda ketahui jumlah penghasilannya
  • Tekan enter
  • Anda langsung disuguhkan dengan kisaran pendapatan yang dimiliki oleh pemilik Channel terkenal tersebut
  • Tidak hanya terkait penghasilan, Anda juga dapat mengetahui informasi lainnya; jumlah subscribe, video yang diupload, jumlah viewers, tingkat grafik dan informasi lainnya.

Melalui situs ini dan cara mengecek penghasilan YouTuber, semua konten kreator dapat diketahui kisaran pendapatannya. Bisa membuat Anda lebih semangat membuat video di platfrom terkenal ini.

2. Melalui Channel YouTube Sendiri

Setelah mengetahui cara mengecek penghasilan YouTuber lainnya, Anda bisa mengetahui jumlah pendapatan sendiri dengan melakukan pengecekan di Channel YouTube. Caranya juga tidaklah rumit, berikut ini caranya.

  • Langkah cara mengecek penghasilan YouTuber, buka akun milik Pribadi
  • Kemudian masuk ke bagian Profil, terletak dibagian pojok kanan atas
  • Pilih YouTube Studio
  • Kemudian pilih Analytics
  • Pilih juga Pendapatan
  • Langsung ditampilkan jumah pendapatan milik sendiri.

Untuk pendapatan utama dari seorang YouTuber biasanya didapatkan dari YouTube adsense. Merupakan program iklan dari Google, membuat pemilik channel tersebut bisa mendapatkan bayaran dari iklan tersebut dan dibagi dua dengan Google.

Sistem dari perhitungannya sendiri, audiens yang menonton iklan tersebut sampai menit terakhir menghasilkan 0,10$ sampai 0,30$, bisa disimpulkan rata-rata periklannya 0,18$.

Tarif dari penayangan iklan, biasanya dibayarkan setiap 1000 tayangan iklan atau dikenal dengan CPM. Google memberikan 68% bagian tersebut ke channel kreator. Mungkin dalam penilaian sekilas, jumlahnya tidak terlalu besar dan bisa dibilang kecil.

Tapi jika dihitung dengan banyaknya video dibuat oleh kreator, maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan.

Para kreator juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari endorsement, affiliate marketing, serta penjualan barang atau jasa.

Dengan begitu, Anda dapat dengan percaya diri melakukan cara mengecek penghasilan YouTuber karena jumlahnya yang banyak.