3 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Paling Cepat

Bagi pengguna Android, pasti tak sedikit yang mengeluh karena minimnya penyimpanan internal sehingga sering penuh. Terlebih lagi jika Anda sering mengunduh banyak aplikasi yang memakan memori. Sebenarnya, ada gak sih cara memindahkan aplikasi ke kartu SD?

Perlu diketahui bahwa kartu SD ialah memori eksternal tambahan yang bisa berfungsi sebagai penyimpanan. Agar penyimpanan ponsel Anda tidak mudah penuh, maka Anda perlu memindah aplikasi ke SD card. Untuk itu, ini dia cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang bisa Anda ikuti.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Pastinya, saat ini Anda sudah tak sabar lagi mengetahui bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Terdapat 3 cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Anda bisa memindahnya melalui pengaturan ponsel, pengaturan aplikasi, dan bantuan aplikasi lain.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD hp Oppo, cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi maupun ponsel merek lainnya sebenarnya sama. Untuk itu, bagi pengguna Android, simak tutorial cara memindahkan aplikasi ke kartu SD berikut sampai habis ya!

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Anda bisa memindah aplikasi menuju kartu SD tanpa menggunakan aplikasi ataupun root lebih dulu. Cara ini isa dilakukan bagi Android versi Marshmallow ke atas. Berikut caranya:

  • Siapkan kartu SD yang Anda miliki kemudian masukkan pada slot memori yang terdapat di ponsel. Anda bisa memasang kartu SD ukuran 256 GB hingga 1 TB tergantung dukungan ponsel; 
  • Pilih menu Settings kemudian klik Storage dan klik Kartu SD; 
  • Klik ikon tiga garis yang terdapat di atas layar kemudian pilih Setelah Penyimpanan; 
  • Pilih Format Kartu SD kemudian klik Format sebagai Internal. Tunggulah hingga proses format selesai kemudian Anda bisa memindahkan aplikasi menuju kartu SD satu persatu.

Nah, begitulah cara untuk memindahkan aplikasi menuju SD card hanya dengan pengaturan pada ponsel. Anda juga bisa mencoba cara lainnya yakni memindahkan aplikasi ke sd card dengan pengaturan aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi lain.

2. Melalui Pengaturan Aplikasi

Untuk OS Android 9 pie, Android 10 maupun 11 Anda bisa mencoba cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan pengaturan aplikasi.

  • Bukalah menu Setting yang ada di ponsel. Klik menu Aplikasi atau Apps; 
  • Pilih aplikasi yang hendak dipindah kemudian klik menu Ganti Penyimpanan dan pilihlah SD Card sehingga aplikasi bisa terpindah ke sd card Anda; 
  • Tunggulah beberapa saat hingga aplikasi berhasil dipindahkan;

Nah, begitulah cara pindah aplikasi ke kartu SD tanpa ribet yang dapat Anda coba.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Apabila Anda tidak berhasil menggunakan keduanya, Anda bisa mencoba cara terakhir yakni menggunakan aplikasi. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduhlah aplikasi Link2SD di Google Playstore. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis dan bisa digunakan secara bebas; 
  • Pilihlah aplikasi yang hendak dipindahkan ke kartu SD; 
  • Klik bagian Move to SD Card kemudian pilih OK agar bisa segera memulai proses transfer data. Tunggulah hingga proses tersebut selesai. Nantinya, aplikasi Anda pun agar segera berpindah ke kartu SD yang Anda pasang.

Nah, begitulah tips cara untuk memindahkan aplikasi ke sd card dengan menggunakan bantuan aplikasi lain.

Baik, sampai disini saja pembahasan mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mudah. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!