Settingan Joystick di PC Windows 10 (Lengkap)

Cara Setting Joystick di PC Windows 10 (Lengkap)

Cara Setting Joystick di PC Windows 10 – Hai Sobat! Buat kamu yang hobi bermain game akan lebih seru jika menggunakan Joystick (Stick) atau Gamepad. Maka dari itu, kali ini mimin mau membahas tentang cara mengatur Joystick pada PC windows 10.

Biasanya jika dulu orang banyak bermain game di rental PS, maka sekarang kamu bisa bermain game dirumah hanya dengan menggunakan Joystick PlayStation dan 1 buah PC saja. Dengan begitu kamu bisa ngegame dirumah sepuasnya.

Alat yang kamu perlukan sudah jelas seperti Joystick dan PC. Untuk Joystick kamu bisa membelinya di kios Komputer dengan harga murah sekitar Rp 45.000 saja. Biar murah yang penting controler nya nyaman digunakan.

Nah, untuk itu kali ini mimin akan memberikan tutorial berupa cara menyambungkan atau mengkonekan Joystick di PC Windows 10. Tujuan mensetting Joystick ialah agar terdeteksi untuk semua game.

Cara Setting Joystick di Windows 10

Buat kamu yang yang berminat untuk bermain game menggunakan stick, tetapi bingung gimana cara masangnya. Oke deh, berikut ini cara memasang Joystick di Windows 10 dengan mudah dan praktis:

  • Colokan USB ke port USB di PC maupun Laptop kamu.
  • Bukalah menu Control Panel dengan cara mengetikan di kolom pencarian pada Windows 10.
  • Setelah masuk ke Control Panel, di menu Hardware and Sound pilihlah View Devices and Printers.
  • Setelah kamu memilih View Device, maka akan kelihatan menu Device yang terhubung di komputer kamu. Selanjutnya kamu pilihlaj Icon Generic USB Joystick.
  • Lalu, klik kanan pada Icon Generic USB Joystick, kemudian klik Game Controller Settings.
  • Langkah selanjutnya, setelah kamu memilih Game Controller Settings, kita akan memulai Wizard untuk melakukan setting yaitu kalibrasi Joystick. 
  • Jika di menu Game Controllers sudah terlihat statis USB Joystick OK, maka saatnya kamu untuk mencoba kalibrasi sekali lagi pada menu Properties.
  • Kemudia, setelah kamu klik Properties, pilih Tab Settings dan klik Calibrate untuk memulai kalibrasinya serta akan secara otomatis terarah pada Wizard.
  • Silahkan kamu klik Next saja hingga Finish.
  • Terakhir, saatnya untuk mensetting pada bagian Tab Test, Silahkan kamu klik semua tombol pada Joystick agar kelihatan fungsi buttonnya.
Oke Sobat! Itulah cara kalibrasi stick USB di Windows 10. Caranya sangat gampang sekali dan diatas sudah jelas mimin terangkan dengan detail. Cara diatas tidak dapat digunakan untuk Windows 8 maupun 7 ya sobat.
Gimana sobat? Mudah bukan? Tips dan trik diatas tentang cara Setting Joystick di PC Windows 10 dengan gampang. Semoga tutorial kali ini dapat membantu sobat dan bermanfaat tentunya. Sampai jumpa,..