Fungsi Aplikasi VPN dan Berbagai Kelebihan yang Dimilikinya

Aplikasi VPN atau Virtual Private Network android yaitu software yang mampu memberikan layanan berupa koneksi untuk akses internet secara personal. Selain koneksi, fungsi aplikasi VPN ini juga ada beragam dan memiliki berbagai kelebihan di dalamnya.

Untuk saat ini memang belum banyak yang mengetahui fungsi dari VPN itu sendiri karena yang menggunakannya juga masih sedikit. Namun perlu diketahui bahwa terdapat kelebihan jika menggunakannya pada perangkat android agar dapat mengakses internet secara personal.

Fungsi Aplikasi VPN

Terdapat berbagai fungsi secara umum yang menjadi alasan mengapa ada yang menggunakan aplikasi VPN ini untuk akses internet. Untuk lebih jelas maka akan dipaparkan seperti berikut ini secara sederhana agar mudah dipahami:

1. Meningkatkan Kecepatan Internet

Seperti yang telah diketahui bahwa ISP yaitu pihak yang menyediakan internet memberikan batasan terhadap situs-situs atau website tertentu untuk diakses. Oleh karena itu banyak yang mengeluhkan kecepatan internetnya melambat saat melakukan akses karena adanya batasan tersebut.

Oleh karena itu para pengguna android dapat memanfaat VPN dengan melakukan perubahan terhadap geografi server pada perangkatnya. Perubahan tersebut dapat dilakukan agar kecepatan dari jaringan internetnya tetap meningkat saat mengakses website yang dibatasi oleh ISP tersebut.

2. Menjaga Data Pribadi Atau Privasi

Masih belum banyak yang mengetahui bahwa VPN mampu menjaga atau melindungi data pribadi yang dimiliki oleh penggunanya. Seperti yang diketahui bahwa privasi sangatlah penting jika terkait data-data pribadi karena dapat disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Fungsi VPN dalam menjaga data pribadi ini adalah dengan melakukan enkripsi sesuai rute jaringan internetnya lewat internet server. Dengan begitu kebocoran atas privasi ini bisa dihindari dengan memanfaatkan aplikasi VPN yang ada pada android penggunanya.

3. Memberi Kebebasan Bagi Pengguna Internet

Fungsi aplikasi VPN yang selanjutnya ialah memberikan kebebasan bagi para pengguna internet untuk melakukan akses berbagai website di luar wilayah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengubah lokasi virtualnya agar tidak pada wilayah pribadi kemudian disesuaikan pada keinginan.

Dengan melakukan perubahan wilayah pada server internet lewat VPN ini maka pengguna dapat mengakses internet secara bebas. Maksudnya disini yaitu akses pada situs tertentu yang kemungkinan sudah diblokir atau tidak diijinkan untuk diakses di wilayah penggunanya.

4. Dapat Melakukan Streaming Dari Seluruh Dunia

Penggunaan VPN pada android dapat melakukan perubahan wilayah dari server internet. Tidak hanya dalam skala lokal atau nasional saja yang bisa diubah tetapi juga internasional. Oleh karenanya pengguna dapat melihat streaming yang ada di seluruh dunia.

Sebelumnya perlu diketahui juga bahwa koneksi dari VPN ini memiliki kemampuan dalam menembus pembatasan data. Jadi tidak heran untuk fungsi melakukan atau melihat streaming di seluruh dunia ini bisa dilihat.

Kelebihan Aplikasi VPN

Setelah fungsi dari aplikasi VPN sudah disebutkan, maka perlu diketahui juga berbagai kelebihan yang dimilikinya. Hal itu karena banyak yang menjadikan kelebihan pada sebuah aplikasi menjadi alasan dilakukan download. Adapun berikut merupakan poin-poinnya:

  • Keamanan data pribadi yang sudah dijamin.
  • Dapat melakukan akses pada lokasi server yang berbeda.
  • Tidak ada satupun website atau situs yang diblokir apabila menggunakan VPN.
  • Identitas berupa IP dari VPN tidak langsung dapat diketahui oleh orang lain.
  • Kecepatan dari internet yang terus meningkat dan stabil.
  • Cara kerja yang cukup mudah dan sederhana.

Itulah berbagai fungsi aplikasi VPN dan berbagai kelebihan yang dimilikinya pada perangkat android. Dengan mengetahuinya maka dapat dijadikan pertimbangan agar melakukan pemasangan terhadap aplikasi VPN tersebut.