Cara Mengetahui Last Seen WA yang Dimatikan dengan Aplikasi

Layanan last seen pada WA membuat waktu online terakhir tidak terlihat, hal ini membuat pengguna lain penasaran. Sehingga cara mengetahui last seen WA yang dimatikan menjadi satu topik menarik para pengguna WA.

Sayangnya pihak WA hanya menyediakan fitur pengaktivan last seennya saja, jadi untuk tahu last seen orang lain perlu trik khusus. Trik yang dimaksud yaitu dengan melibatkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga lainnya, antara lain.

1. Memanfaatkan Online Monitor

Cara mengetahui last seen WA yang dimatikan pertama yang bisa digunakan adalah platform Online Monitor. Aplikasi tersebut direkomendasikan karena melihat rating yang dimiliki terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 4,8.

Ukurannya yang tidak sampai 5 MB membuat aplikasi tersebut tidak memakan banyak tempat penyimpanan perangkat. Perangkat yang dipakai untuk menginstall aplikasi Online Monitor setidaknya adalah Android dengan versi 4.1. Berikut kemampuan aplikasi ini.

  • Dapat menampilkan status online pada WA sekaligus kapan terakhir terlihat walaupun disembunyikan oleh pemilik akun.
  • Mampu memberikan pantauan online terhadap 10 profil yang berbeda.
  • Membantu penggunanya mengumpulkan serta melakukan analisis online sampai 30 hari yang terakhir.
  • Memberikan pemberitahuan saat profil yang dipantau tersebut online.

2. Mengakses WhatsLog

Merupakan aplikasi untuk perangkat Android yang memberikan kemungkinan kepada penggunanya untuk melihat kontak online di WA. Platform ini seolah adalah mata-mata yang memonitor dan membuat laporan dari riwayat akses WA.

Aplikasi ini bisa diunduh kemudian digunakan dengan cuma-cuma oleh pengguna namun dengan beberapa batasan, yaitu hanya 1 profil saja yang bisa dimonitor. Untuk bisa terus memantau kontak dalam jumlah yang lebih banyak, maka perlu berlangganan. Berikut langkah pengaksesannya.

  • Instal dan unduh aplikasi WhatsLog pada perangkat. Setelah itu, akses dengan mengetuk ikon buka berikan izin pada perizinan yang ditampilkan.
  • Pada persyaratan yang ditampilkan, baca dengan singkat kemudian ketuk setuju dan terima jika memang menyetujui persyaratan tersebut.
  • Setelah selesai, mulai penggunaannya dengan menekan ikon plus yang terletak di pojok kanan sebelah atas.
  • Selanjutnya ketuk opsi WA yang muncul lalu masukkan nomor kontak yang ingin dipantau kemudian tekan OK.
  • Kemudian input nama sebagai identifikasi nomor lalu tekan perintah OK, setelahnya kontak tersebut akan muncul di WhatsLog.

3. Menggunakan Wason Logger

Merupakan aplikasi baru dengan manfaat yang sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Telah digunakan 1000 pengguna, aplikasi ini memperoleh rating sebanyak 4,4 tergolong bagus untuk sebuah aplikasi yang masih baru.

Ukuran aplikasi Wason Longer ini tidak sampai 20 MB, dan perangkat yang direkomendasikan adalah Android 5.0. Perlu diketahui bahwa penggunaan Wason Logger adalah hanya untuk 1 kontak saja dan masa trialnya pun hanya 1 hari.

4. Memanfaatkan Wossip

Sebuah aplikasi yang mampu memberikan pemberitahuan ketika kontak yang didaftarkan  sedang online atau ganti profil. Wossip juga dapat memeriksa berapa lama waktu yang digunakan oleh kontak tersebut untuk akses WA.

Cara penggunaan aplikasi ini hanya tinggal diakses menggunakan email lalu ketuk ‘Monitor Kontak dan pilih kontak yang diinginkan. Kontak yang dapat dipantau hanyalah 1 kontak saja dan hanya dalam waktu 24 jam.

5. Menggunakan OnLog

Karya pengembang LogMobi ini sangat berguna untuk mengetahui aktivitas online kontak WA tanpa membuka WA itu sendiri. Pada versi gratisnya kontak yang bisa didaftarkan hanyalah 1 saja dan harus membayar untuk menambah kontak lainnya.

  • Setelah OnLog dipasang bukalah dan masukkan sebuah nama samaran disertai dengan nomor tujuan.
  • Kemudian ketuk Start to Follow, maka  otomatis nomor akan masuk ke aplikasi untuk dipantau.
  • Pengguna akan mendapatkan notifikasi setiap kontak tersebut online di WA. Caranya yaitu dengan tap ikon berbentuk lonceng sampai berwarna merah.

Demikianlah cara mengetahui last seen WA yang dimatikan melalui 5 aplikasi khusus dengan keunggulannya masing-masing. Selama hal tersebut tidak terlalu melanggar privasi seseorang sepertinya sah saja untuk dilakukan.