Cara Transfer Data Dari Hp Ke Hp Dengan Aplikasi Dan Tidak

Cara transfer data dari Hp ke Hp biasanya dilakukan oleh pengguna yang baru berganti Hp. Namun tidak semuanya, bisa saja pemindahan data tersebut memang dibutuhkan atau cukup memindahkan satu sampai dua data file yang ukurannya tidak besar.

Memindahkan data seperti ini sebenarnya mudah saja dan bisa dilakukan sekali jalan. Data dalam sebuah Hp bisa berupa data yang besar seperti data telepon yang berisi media, chat, backup, dan semua file yang dijadikan dalam satu folder.

Namun, data juga bisa berupa file berjumlah sedikit juga sehingga proses pemindahan tidak sulit. Simak ulasannya berikut!

Cara Memindahkan Data dengan Aplikasi

Ada sebuah hal yang harus menjadi perhatian sebelum pengguna Hp memindahkan datanya ke Hp yang lain. Hal tersebut adalah melakukan back up data. Sebuah data yang ingin dipindah harus terlebih dahulu disimpan di dalam akun agar ketika dipindahkan semuanya bisa terangkut.

Secara luas, cara transfer data dari Hp ke Hp bisa dilakukan menggunakan sejumlah aplikasi. Inilah beberapa aplikasi yang bisa diandalkan:

1. Google

Aplikasi pertama yang bisa dijadikan sebagai sarana pemindahan data dari Hp ke Hp adalah Google, bisa Google Drive atau Gmail. Biasanya, penggunaan Google Drive ini dilakukan oleh pengguna yang baru mengganti Hp ke perangkat yang baru.

Awalnya, semua data yang ingin dipindahkan, misalnya chat dan file foto-video dicadangkan terlebih dahulu. Setelah semuanya dipastikan tersimpan ke Google Drive, maka konfirmasikan pemindahan.

Terakhir, aktifkan ponsel yang satunya. Akses ke Google Drive dengan akun yang sama. Pilih opsi pulihkan data. Proses pemulihan data ini memang berlangsung cukup lama. Tunggu sampai selesai dan secara singkat, semua data yang ada di ponsel sebelumnya sudah pindah.

2. Share It

Pada dasarnya saja, secara konsep aplikasi ini merupakan software yang digunakan untuk berbagi data. Semua data bisa dicakup di aplikasi ini. Mulai dari data foto, data video, dokumen, chat yang diarsipkan ke file txt, data mp3, dan semua data lainnya.

Selain disediakan dalam pilihan mengirim jenis data apa pun, Share It juga membebaskan penggunanya untuk mengirim data dalam besaran berapa pun. Tidak ada patokan maksimal besaran data, namun hanya jumlah data yang dikirim ada batasan banyaknya.

Caranya mudah. Hal yang harus pengguna pastikan saat mengirim data dengan aplikasi ini adalah kedua perangkat Hp harus terhubung satu sama lain. Pindahkan data dari Hp pertama ke Hp nomor dua dan tunggu sampai data yang dipindahkan selesai.

3. WhatsApp

WhatsApp pada awalnya merupakan aplikasi yang diandalkan untuk saling mengirim pesan. Bentuk pesan yang dikirim bisa berupa teks atau juga suara.

Namun, fitur yang dikembangkan oleh WhatsApp kini membuat penggunanya bisa mengirim lebih banyak, contohnya adalah data. Melalui WhatsApp, data yang diinginkan bisa dikirim dari perangkat satu ke perangkat kedua.

Namun sayangnya, pengiriman data pada WhatsApp ini hanya berlaku pada data yang ringan saja. Apabila data yang diinginkan berukuran besar, maka WhatsApp dirasa kurang efektif.

Namun untuk data yang ringan dengan jumlah yang sedikit, WhatsApp bisa menjadi media pengirim data paling simpel.

Memindahkan Data dengan Bluetooth

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, Pengiriman data juga bisa dilakukan melalui metode tanpa aplikasi alias dengan bluetooth. Bagi yang belum mengetahui, bluetooth merupakan sebuah sistem original dari ponsel yang dulu digunakan sebagai pengirim data.

Apabila kedua perangkat terhubung dengan bluetooth satu sama lain, maka data yang diinginkan bisa terkirim. Namun sayangnya, data tersebut memiliki batasan ukuran dan juga jarak. Selain itu, mengirim dengan bluetooth juga memakan waktu yang cukup lama.

Jadi itulah sejumlah cara transfer data dari hp ke hp lain yang masing-masing caranya bisa dicoba. Besar kecilnya data yang dikirim bisa dicocokkan dengan salah satu metode yang sudah disediakan tersebut.

Namun, apabila data yang dimaksudkan adalah untuk dipindahkan ke ponsel baru maka lebih disarankan untuk menggunakan cadangan Google Drive.