6 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Ketika Melakukan Meeting Online

Ada beberapa cara agar kamera laptop jernih saat sedang melakukan meeting online. Tentu saat ini kerap kali melakukan meeting atau conference online. Selain karena keadaan, cara ini lebih praktis, sehingga tidak mengharuskan bertemu secara langsung.

Permasalahan yang sering terjadi adalah tidak semua kamera laptop mendukung atau memiliki kualitas yang baik. Padahal ini merupakan yang penting supaya menghasilkan gambar yang bagus ketika meeting sedang berjalan. Ada solusi untuk atasi hal ini, diantaranya:

1. Membersihkan Lensa Kamera Laptop

Salah satu cara agar kamera laptop jernih ketika meeting online adalah dengan membersihkan lensa kamera tersebut. Ini adalah langkah pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna. Banyak yang kurang memperhatikan kebersihan kamera tersebut, sehingga tertutup oleh debu.

Terkadang pula, ketika membuka laptop tak jarang pengguna menyentuh bagian tengah dekat kamera. Tentu saja akan meninggalkan bekas sidik jari. Untuk membersihkannya, gunakan cairan pembersih lensa serta kain kacamata. Hindari penggunaan tisu sebab teksturnya kasar.

2. Memilih Spot Dengan Pencahayaan Bagus

Selain itu, cara agar kamera laptop jernih saat melakukan meeting adalah memilih spot yang bagus. Ini sangat mempengaruhi sekali. Dengan memilih sudut yang tepat dengan pencahayaan yang bagus, akan membuat tangkapan layar menjadi lebih baik.

Jika tidak memiliki pencahayaan alami dari matahari, bisa menggunakan tambahan lampu pendukung sehingga memberikan cahaya yang cukup. Bisa gunakan lampu dengan jenis ring light, LED, lampu studio, lampu meja belajar, dan sebagainya.

3. Memilih Background yang Tepat

Selanjutnya, selain dua di atas pengguna bisa memperhatikan dalam memilih background. Jika menggunakan background yang berwarna gelap tentu kurang bagus di layar. Oleh karena itu, pentingnya memilih sudut atau posisi yang tepat.

Usahakan untuk memilih sudut dengan dinding atau latar yang berwarna polos cerah atau rak buku, sehingga terlihat rapi. Hal ini menghindari penggunaan background yang kurang enak dipandang dan supaya lebih profesional.

4. Menggunakan Aplikasi Kamera Untuk Laptop

Jika memang kamera bawaan dari laptop pengguna hasilnya kurang maksimal, bisa memanfaatkan aplikasi kamera tambahan. Saat ini sudah bertebaran aplikasi sejenis yang mendukung hasil layar menjadi jernih dan bagus, sehingga tidak kesulitan untuk mencarinya.

Selain itu, menggunakan aplikasi kamera akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam atau fitur untuk menambahkan efek. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan, seperti free Screencast, Manycam, dan Youcam.

5. Memakai Kamera Eksternal

Selain menggunakan aplikasi kamera, pengguna bisa menggunakan kamera eksternal yang jauh menghasilkan resolusi lebih tinggi bahkan sampai kualitas FHD. Pastinya akan memberikan tangkapan gambar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera bawaan.

Pengguna bisa memilih jenis webcam dengan spesifikasi resolusi tinggi dan mempunyai fitur merekam gambar di ruangan yang minim cahaya. Pengguna bisa membandingkan satu persatu yang sekiranya cocok dengan kebutuhan serta harganya.

6. Memanfaatkan Bantuan Kamera HP

Terakhir, cara agar kamera laptop jernih bisa dengan mengganti kamera dengan kamera HP pengguna. Kamera HP cenderung memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan laptop, sehingga hasil gambar tidak pecah atau buram.

Untuk cara yang ini, pengguna harus memasang aplikasi pendukung untuk berhasil. Bisa menggunakan aplikasi droidcam atau sejenisnya. Selain itu, bisa gunakan tambahan alat lain seperti tripod untuk meletakkan HP sehingga tidak repot untuk memegangnya.

Itulah 6 cara agar kamera laptop jernih sehingga menghasilkan tangkapan gambar yang bagus saat sedang meeting online. Pengguna bisa memulai dari cara yang termudah yakni nomor pertama hingga terakhir.