Ikuti Cara Agar iPhone Tidak Lemot Yang Mudah Ini!

Banyak yang belum mengetahui bahwa terdapat cara agar iPhone tidak lemot yang menyebabkan kurang nyaman penggunanya. Ada kalanya setelah diperbarui sistem operasinya malah terasa lambat. Hal tersebut umum terjadi apalagi pada iPhone generasi lama.

Tentu saja, semakin lama HP iPhone tersebut digunakan pasti performa dari HP tersebut tidak seperti sedia kala. Semakin banyak data yang diangkut, maka semakin berat HP tersebut berjalan. Untuk itu, simak cara berikut untuk mengatasinya!

1. Hapus Semua Aplikasi yang Tidak Terlalu Dipakai

Cara agar iPhone tidak lemot yang bisa dilakukan pertama kali untuk mengatasinya, yakni dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi terpakai. Pengguna perlu melakukan pemeriksaan pada semua aplikasi yang diunduh, apakah masih sering dipakai atau tidak.

Aplikasi yang tidak terpakai hanya menambah berat kinerja dari iPhone saja. Walaupun aplikasi tersebut tidak pernah dipakai, data cache dari aplikasi tersebut tetap berjalan dan tersimpan. Oleh karenanya, data hanya memenuhi memori sehingga berpengaruh pada kinerja.

2. Matikan Fitur Siri

Apabila iPhone milik pengguna mulai terasa berat dan lemot, pengguna bisa mematikan fitur Siri di iPhone. Fitur asisten iOS ini memang membantu dalam penggunaan iPhone dalam pencarian dan pemberian saran-saran. Justru, terkadang fitur tersebut memberatkan.

Untuk dapat mematikan fitur Siri tersebut, lakukan langkah berikut:

  • Buka menu “Pengaturan” kemudian klik menu “General.”
  • Selanjutnya, pilih “Spotlight Suggestions” dan cari “Siri Suggestions.”
  • Lalu pengguna tinggal mematikan fitur tersebut.

3. Bersihkan RAM dan Safari

Sekilas telah dijelaskan bahwa penggunaan dari aplikasi walaupun yang tidak pernah dipakai pun dapat memperberat kerja HP. Semua data cache yang tersimpan di memori RAM iPhone lama-lama akan menumpuk, dan itu memperlambat kerja sistem iPhone.

Jadi, pengguna perlu membersihkan memori secara berkala dan juga membersihkan data cache dari Safari. Apabila pengguna telah berhasil membersihkan data cache dan bekas penjelajahan dari Safari, maka akan memperingan kerja iPhone.

Pengguna bisa menerapkan cara berikut untuk membersihkan data dari Safari:

  • Pilih menu pengaturan atau “Setting.”
  • Selanjutnya, cari aplikasi Safari kemudian ketuk, cari dan pilih “Clear History.”
  • Lalu, lanjut pilih “Clear Cookies and Data.”
  • Tunggu hingga terproses, data dan history dari Safari telah dihapus.

Secara berkala, pengguna harus menghapus data cache dan history pencarian dari Safari karena jika menumpuk dapat melambatkan kerja HP. Menghapus datanya pun tidak memerlukan waktu yang lama, dan pengguna bisa segera memakainya kembali.

4. Matikan Fitur Auto Download

Terkadang pada sejumlah aplikasi membutuhkan pembaruan, dan hal tersebut umumnya telah terpasang secara otomatis. Jadi, aplikasi yang terunduh secara otomatis diperbarui sendiri oleh sistem iPhone. Hal tersebut juga membuat lemot, karena data sementara yang diunduh.

Dengan mematikan fitur download otomatis tersebut, iPhone lebih bisa bekerja secara optimal. Dan, pengguna bisa mengoptimalkan aplikasi mana yang perlu segera untuk diupdate karena sering dipakai. Jadi, pengguna bisa lebih memanajemen aplikasi yang tidak terlalu penting.

5. Lakukan Restart Pada iPhone

Langkah terakhir yang bisa dilakukan apabila dirasa mulai lemot atau melambat, yakni dengan merestartnya. Cara ini merupakan cara umum dan cara paling mudah apabila kinerja iPhone mulai melambat. Dengan dilakukannya restart ini,maka cache akan dibersihkan.

Pengguna cukup menekan tombol daya mati bersamaan dengan tombol volume hingga layar HP memunculkan penggeser daya. Tinggal geser untuk mematikan daya, lalu lakukan hal yang sama untuk menghidupkan iPhone. Cukup mudah bukan?

Demikianlah beberapa cara agar iPhone tidak lemot yang bisa dilakukan sendiri oleh pengguna. Apabila dari cara diatas tidak bisa mengatasi lemotnya iPhone, maka perlu dibawa pada kantor pusat iPhone terdekat.