Pahami Perbedaan Kamera DSLR Dan Mirrorless Dari Segi Bentuk Hingga Fiturnya

Antara kamera DSLR dengan kamera Mirrorless memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang tidak sama. Akan tetapi, dalam kelemahan ataupun kelebihan tersebut tentu ada perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless yang dijadikan bahan pertimbangan ketika memilihnya.

Untuk lebih mudah dalam proses memilih kamera jenis mana yang dirasa lebih sesuai untuk dipilih maka perlu diketahui letak perbedaan antara kedua kamera tersebut. Berikut ini adalah perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless antara lain:

1. Perbedaan Dilihat Dari Berat Dan Bentuknya

Jika dibandingkan dari segi bentuknya maka akan tampak perbandingan yang cukup signifikan antara perbedaan  kamera DSLR dan Mirrorless. Kamera jenis DSLR memiliki bentuk dengan ukuran  yang lebih besar daripada bentuk dari kamera Mirrorless.

Ukuran dan juga bentuk yang lebih besar dari DSLR dibandingkan dengan Mirrorless membuat kamera DSLR juga memiliki berat yang lebih daripada Mirrorless. Hal ini mengakibatkan kamera Mirrorless menjadi lebih gampang untuk dibawa daripada kamera DSLR.

2. Dari Segi Ketersediaan Lensa

Kamera tidak akan pernah lepas dari suatu anggota yang bernama lensa. Lensa inilah yang membantu kamera untuk dapat menangkap berbagai macam gambar dan pemandangan. Oleh karena itu, ketika membeli kamera lensa menjadi hal yang diperhatikan.

Baik kamera jenis DSLR maupun kamera jenis Mirrorless memiliki banyak jenis lensa. Akan tetapi, dari segi variasi lensa kamera DSLR memiliki ketersediaan lensa yang lebih banyak daripada lensa yang dimiliki kamera jenis Mirrorless.

3. Dilihat Dari Sensor Dan Autofokus

Awalnya kamera DSLR memiliki kualitas sensor yang jauh lebih unggul daripada kamera Mirrorless. Akan tetapi, perkembangan tipe dari kamera Mirrorless juga membuat perkembangan pada kualitas sensor yang dimiliki sehingga hampir mengurangi kualitas dari kamera DSLR.

Pengaturan secara manual yang dimiliki oleh kamera DSLR membawa kamera DSLR memiliki kualitas autofocus yang sangat baik. Hal tersebut juga membuat kualitas autofocus dari kamera DSLR lebih baik dari kualitas autofocus yang dimiliki kamera Mirrorless.

4. Perbedaan Dari Segi Shutter Dan Juga Live Preview

Jika pengaturan pada kamera DSLR yang kebanyakan dilakukan secara manual membuat kualitas sensornya lebih baik dari Mirrorless maka berbeda halnya dengan kondisi Shutternya. Pengaturan manual DSLR membuat kualitas Shutter DSLR kalah dari kualitas Shutter Mirrorless.

Jika dilihat dari segi Live Preview, baik Mirrorless ataupun kamera DSLR sama-sama sudah memiliki fitur ini. Akan tetapi, untuk kamera DSLR yang versi lama masih memungkinkan untuk ditemukan yang tidak memiliki fitur Live Preview.

5. Perbedaan Pada Baterai

Perangkat jenis apa saja jika dibandingkan pasti akan selalu bersinggungan dengan aspek baterai. Hal tersebut terjadi karena semua perangkat hanya akan bisa digunakan jika baterai tidak dalam kondisi kosong.

Kapasitas baterai dari kamera DSLR lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas baterai kamera Mirrorless. Hal tersebut karena kamera DSLR penggunaannya lebih diutamakan untuk kegiatan profesi.

6. Perbedaan Fitur Serta Aksesoris Kamera

Kelengkapan fitur dari suatu kamera juga kadang menjadi suatu perhatian khusus bagi pembeli. Antara kamera Mirrorless dengan kamera DSLR, yang memiliki kelengkapan fitur yang lebih banyak adalah kamera DSLR.

Sama seperti halnya kondisi perbandingan fitur, dari segi aksesoris juga kamera DSLR memiliki aksesoris yang lebih banyak. Akan tetapi, aksesoris tambahan untuk kamera Mirrorless sekarang bisa didapatkan melalui sumber lain.

Dengan mengetahui dan memahami perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless maka akan diketahui juga di mana letak kelebihan dan kekurangan kedua jenis kamera tersebut. Pengetahuan tersebut juga bisa dijadikan pedoman dalam memilih jenis kamera yang dibeli.