Berikut Keunggulan dan Cara Pakai Earphone Bluetooth Untuk Pemula

Bingung cara pakai earphone Bluetooth untuk pertama kalinya? Mungkin bagi yang belum pernah memakai memang terlihat membingungkan, namun sebenarnya tidak sulit sama sekali. Sekarang ini, memang sudah banyak pengguna yang beralih ke earphone bluetooth ketimbang kabel.

Hal ini tidak mengherankan, sebab dengan menggunakan earphone bluetooth banyak kemudahan yang dirasakan oleh pengguna. Lihat beberapa keunggulan dari earphone Bluetooth dan cara penggunaannya.

Keunggulan Earphone Bluetooth

Bagi pengguna yang ingin beralih menggunakan earphone Bluetooth, banyak kemudahan yang dirasakan. Sebelum adanya ini, pengguna memakai headset kabel untuk sehari-harinya. Dengan adanya terobosan baru ini tidak repot lagi dengan gulungan kabel yang merepotkan.

Selain kepraktisannya, banyak manfaat lain jika beralih ke earphone Bluetooth. Berikut ini keunggulannya:

  • Praktis digunakan. Pengguna tidak akan repot, sebab konsep wireless memang memudahkan pengguna untuk beraktivitas sambil menggunakan earphone. Mengangkat telepon tidak perlu memencet HP, cukup menekan tombol di earphone saja.
  • Ruang gerak menjadi luas. Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, penggunaan earphone Bluetooth merupakan solusi. Bergerak menjadi lebih leluasa tanpa adanya kabel yang harus diperhatikan pengguna.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Setelah mengetahui keunggulannya, kini ketahui cara pakai earphone Bluetooth. Bagi pengguna yang belum pernah menggunakannya, jangan khawatir. Untuk penggunaannya cukuplah mudah untuk diikuti.

Ada beberapa tahapan yang perlu diikuti untuk menghubungkan earphone ke perangkat supaya dapat digunakan. Berikut ini adalah rangkaian tahapannya:

  • Mengaktifkan earphone Bluetooth. Pertama adalah menyalakan earphone ke mode on dengan memencet tombol power-nya. Jika muncul lampu yang berkedip, tandanya sudah aktif.
  • Menyalakan mode pairing. Jika sudah aktif, lanjut dengan menyalakan mode pairing supaya bisa mendeteksi earphone di perangkat yang digunakan. Pencet dan tahan power beberapa saat hingga muncul lampu biru atau merah yang berkedip.
  • Memastikan Bluetooth di perangkat telah hidup. Ini perlu sebab untuk menghubungkan earphone, Bluetooth di perangkat haruslah hidup.
  • Memindai perangkat untuk mendeteksi earphone Bluetooth. Jika Bluetooth kedua perangkat sudah aktif, lakukan pemindaian di perangkat yang digunakan untuk menemukan nama bluetooth di earphone.
  • Menghubungkan perangkat dengan earphone. Jika perangkat sudah berhasil menemukan nama Bluetooth device-nya, silahkan lakukan sambungan satu sama lain. Tekan “Connect” di perangkat untuk menghubungkannya.
  • Menggunakan dengan nyaman. Semua step sudah dilakukan, pengguna sudah bisa menggunakannya dengan bebas untuk mendengarkan lagu, menonton video, menerima panggilan dan sebagainya.

Penggunaan Dasar Earphone Bluetooth

Setelah pengguna berhasil menyambungkannya, pengguna sudah bisa untuk menggunakannya secara bebas dan nyaman. Tidak sulit bukan tahapannya? Untuk seterusnya, hanya perlu menghidupkan Bluetooth dan menyambungkan tanpa perlu memindai. Sebab, di perangkat tersebut telah tersimpan.

Selanjutnya adalah mengetahui cara penggunaan dasar dari earphone Bluetooth. Berikut ini ada beberapa cara untuk memudahkan pengguna ketika menggunakannya. Diantaranya berikut ini:

  • Menghentikan musik. Jika ingin mematikan musik yang sedang didengarkan, pengguna bisa menekan tombol yang terdapat di earphone sekali. Bisa di bagian kiri maupun kanan.
  • Mengganti lagu. Apabila ingin mengganti lagu yang sedang diputar, silahkan lakukan swipe ke arah luar earphone. Bisa di sebelah kanan maupun kiri.
  • Menerima panggilan telepon. Jika ingin menerima panggilan, cukup tekan tombol yang terdapat di earphone. Nanti akan secara otomatis terangkat panggilan tersebut. Pengguna bebas menekan tombol sebelah kiri atau yang di kanan.

Itulah cara pakai earphone Bluetooth serta keunggulannya yang bisa dinikmati oleh pengguna. Jika sering mendengarkan lagu melalui earphone, pilihan earphone wireless menjadi solusi yang bagus untuk dipilih.