Penyebab HP Lemot dan Macet Dan Solusinya

Pernahkah HP mengalami penurunan secara tiba-tiba? Ponsel yang tiba-tiba berhenti bekerja atau lambat memang sangat mengganggu dan membuat merasa cemas. Istilah “lag” mengacu pada keterlambatan dalam kemajuan, gerakan, atau pengembangan. Berikut ini adalah penyebab HP lemot dan macet juga cara mengatasinya.

4 Penyebab HP Lemot dan Macet Yang Paling Umum

Kelambatan biasanya mengacu pada program yang macet saat berjalan di komputer atau perangkat seluler. Ternyata HP sering nge-lag karena beberapa faktor. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan HP lagging  yang biasanya umum terjadi:

1. Memori Penuh

Tidak dapat dipungkiri bahwa memori ponsel merupakan komponen yang sangat penting. Nah, kinerja HP pasti akan terhambat dan sedikit loyo jika memori sudah penuh.

Jika terus menggunakan ponsel, itu akan menjadi lag, terutama jika memori internalnya terbatas dan sering menginstal aplikasi besar atau game yang menuntut.

2. Cache Dan Gumpalan Sampah

Sistem memiliki banyak sampah dan gumpalan cache. Ini biasanya terjadi pada pengguna Android yang jarang memperhatikan cache atau tempat sampah aplikasi. Cache sistem Android itu sendiri adalah kumpulan data. HP dapat tertinggal dan mengalami penurunan kinerja jika cache tidak dibersihkan.

3. Banyak Aplikasi Berjalan di Belakang Layar

Apakah sebagai  pengguna Android yang senang menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan? Jika itu masalahnya, mungkin itu penyebab ponsel lambat.

Sebagian besar waktu, setiap aplikasi yang digunakan tetapi tidak ditutup sepenuhnya masih berjalan atau berjalan di latar belakang. Akibatnya, kinerja HP akan menurun akibat aplikasi tersebut menghabiskan sumber daya.

4. Kapasitas RAM tidak mencukupi

Selain memori internal atau eksternal, RAM merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Setiap smartphone memiliki jumlah RAM yang berbeda-beda, biasanya mulai dari 2 GB. Namun akhir-akhir ini banyak ponsel yang keluar dengan kapasitas lebih dari 8 GB. Lagging HP sebenarnya bisa disebabkan oleh RAM yang tidak mencukupi.

Cara Mengatasi HP Lemot dan Macet

Setelah mengetahui penyebab HP lemot, sudah barang tentu pengguna ingin mengetahui cara mengatasinya. Setiap penyebab HP lemot memiliki solusinya masing-masing. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Jika HP ngelag karena memori internal penuh, kini bisa mengatasinya dengan menghapus aplikasi yang tidak penting dan menghapus aplikasi yang sudah diinstall di HP.

Atau, jika memungkinkan, beli SD atau memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan memori HP. Setelah itu, transfer semua aplikasi dan data dari memori internal ke kartu SD. Tentu saja, kartu SD harus memiliki kapasitas yang besar minimal 32 GB.

Gunakan memori eksternal jika perlu menginstal banyak aplikasi di ponsel dengan spesifikasi dan kapasitas penyimpanan yang rendah. Menginstal aplikasi besar tidak diperlukan.

2.Membersihkan Sampah

Penumpukan sampah atau cache pada ponsel menjadi salah satu penyebab mengapa ponsel menjadi lemot. Solusinya adalah dengan teliti membersihkan cache HP.

Cache HP harus dibersihkan, dan pengguna Android biasanya akan menerima notifikasi otomatis dari sistem. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menghapus cache.

3.Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Aplikasi yang berjalan bersamaan juga bisa jadi penyebab HP lagging. Solusinya adalah menutup aplikasi sepenuhnya setiap kali  selesai menggunakannya. Setiap aplikasi itu unik, maka  tidak boleh membiarkannya berjalan diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna.

4.Upgrade RAM

Lagging ponsel juga bisa disebabkan oleh RAM yang tidak mencukupi. Solusinya, RAM beberapa smartphone bisa ditingkatkan, dari 2 GB menjadi 4 atau 8 GB, misalnya. Silakan tanyakan ke pusat layanan mengenai kemungkinan penambahan RAM HP.

Itulah penyebab HP lemot dan macet dan solusinya. Berusahalah untuk membersihkan cache dan sampah ponsel  dengan hati-hati agar memiliki lebih banyak ruang dan tidak terlalu sering lag.