IG Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kondisi IG tidak bisa dibuka pasti terasa kurang menyenangkan. Itu karena, menggunakan IG sudah seperti kebutuhan untuk setiap orang. Jika IG tidak bisa digunakan, seseorang tidak bisa lagi melihat informasi terbaru yang ada di luar sana.

Jika melihat sekarang, Instagram sendiri sudah menjadi salah satu sosial media terpopuler. Memang Instagram ini tidak seperti Facebook yang banyak digunakan oleh orang di usia 30 ke atas. Kebanyakan pengguna Instagram memang berusia di bawah 30 tahun.

Hal tersebut tentu berefek pada informasi yang beredar di Instagram. Usia pengguna yang lebih muda membuat informasi di Instagram jauh lebih segar.

Penyebab IG Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa hal yang menyebabkan Instagram tidak bisa dibuka. Tetapi untuk penyebab pertama, ini bisa disebabkan oleh versi Instagram yang digunakan. Bisa saja ponsel Anda masih menggunakan Instagram versi lama.

Hal tersebut akan membuat IG tidak bisa dibuka. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem ponsel. Jika ini terjadi, Anda harus mereset sistem ponsel ke setelan pabrik atau mencari masalahnya secara mandiri.

Alasan selanjutnya mengapa Instagram tidak bisa diakses adalah karena server yang mengalami down. Jika ini terjadi, masalah tidak akan Anda alami sendiri. Pengguna Instagram lain juga akan mengalaminya.

Oleh karena itu, Anda bisa bertanya pada teman atau kerabat untuk mengetahui server sedang down atau tidak. Alasan terakhir mengapa IG tidak bisa dibuka adalah karena jaringan internet.

Sangat mungkin jaringan internet Anda sebenarnya bermasalah. Perlu diingat, Instagram adalah aplikasi yang bergerak secara online. Oleh karena itu, keberadaan jaringan internet sifatnya wajib.

Berikut Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika IG tidak bisa Anda buka. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. langsung saja berikut beberapa caranya yang akan direferensikan.

1. Hapus Data Aplikasi

Cara mengatasi IG tidak bisa dibuka pertama adalah dengan menghapus data aplikasi. Untuk mencoba cara ini, Anda hanya perlu membuka setelan ponsel terlebih dahulu. Selain itu, masuklah ke opsi pengaturan aplikasi.

Nantinya cari aplikasi Instagram lalu klik hapus data. Tunggu hingga proses hapus data selesai lalu keluarlah dari setelan. DI sini Anda bisa kembali ke Instagram untuk mengetahui apakah sudah bisa dibuka atau tidak.

2. Paksa Berhenti dan Restart Ponsel

Menghapus data seperti cara di atas memang cukup efektif untuk mengatasi IG tidak bisa dibuka. Tetapi cara di atas akan membuat data Instagram hilang dan Anda perlu mengunduh data-data tersebut dari awal.

Oleh karena itu, beberapa orang tidak siap jika harus menghapus data aplikasi. Sebenarnya ada opsi lain yang bisa dilakukan selain menghapus data. Opsi lain tersebut adalah memilih paksa berhenti atau force stop.

Opsi ini biasanya muncul berdampingan dengan opsi hapus data. Setelah melakukan paksa berhenti, lakukan restart ponsel terlebih dahulu. Setelah ponsel direstart, barulah Anda akan melihat apakah aplikasinya bisa dibuka atau tidak.

3. Install Ulang Aplikasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi IG yang tidak bisa dibuka adalah dengan menginstall ulang aplikasinya. Untuk menginstall ulang, pertama uninstall dulu aplikasi Instagram yang ada di ponsel.

Dari sana lanjutkan dengan masuk ke playstore dan download Instagram. Jika proses download dan install sudah selesai, langsung saja coba buka aplikasi tersebut. normalnya proses install ulang ini akan membuat aplikasi menjadi normal.

Sebenarnya ada beberapa kondisi di mana Anda tidak bisa melakukan apapun. Kondisi tersebut seperti server yang sedang mengalami down. Anda hanya bisa menunggu hingga server kembali normal jika ig tidak bisa dibuka karena masalah tersebut.