Daftar Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS Guna Mengetahui Tipe Kepemimpinan

OSIS atau organisasi siswa intra sekolah merupakan kelompok yang berfungsi mengembangkan kemampuan siswa melalui kegiatan positif yang terprogram. Berikut kami ulas 30 daftar pertanyaan untuk calon ketua OSIS yang dapat Anda jadikan referensi.

Untuk mewujudkan semua program kerja OSIS, organisasi tersebut membutuhkan ketua untuk mengorganisir anggotanya mengerjakan visi misi yang sudah ditetapkan. Dalam setiap pemilihan calon ketua akan mengutarakan orasinya di depan seluruh siswa sekolah.

Pemilihan kandidat ini adalah Ajang yang ditunggu oleh semua warga sekolah untuk menyalurkan aspirasi dalam kegiatan tersebut. Untuk menyeleksi kandidat terbaik tentunya para peserta akan diberi beberapa pertanyaan penting.

Panitia perlu mempersiapkan daftar pertanyaan untuk calon ketua OSIS cara komprehensif. Mulai dari cara kepemimpinannya, kepribadiannya, serta kemampuan problem solving yang baik dalam memimpin anggota.

Contoh Pertanyaan Dasar Beserta Penjelasannya

1. Menurut Anda apakah definisi dari organisasi?

Pertanyaan ini dapat mengidentifikasi syarat calon ketua dalam memandang sebuah organisasi yang akan dipimpinnya. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui ciri khas atau gaya kepemimpinan para kandidat.

2. Apa yang akan Anda lakukan untuk sekolah ini 1 tahun ke depan?

Dengan pertanyaan di atas akan terlihat bagaimana kandidat ketua OSIS menyusun rencana jangka panjang yang akan meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Tentunya dengan strategi yang dipakai untuk mencapainya.

3. Apa alasan yang melatarbelakangi untuk mencalonkan diri sebagai ketua OSIS?

Saat mendapatkan pertanyaan seperti itu, secara tidak langsung para calon akan menjelaskan visi dan misi yang mendorong mereka untuk mencalonkan diri. Hal paling mendasar dapat dijadikan acuan layak tidaknya seorang pimpinan.

4. Apa yang membuat seluruh warga sekolah merasa layak untuk memilihmu sebagai ketua OSIS?

Daftar pertanyaan untuk calon ketua OSIS yang ketiga ini akan menunjukkan seberapa besar rasa percaya diri dari kandidat. Seorang pemimpin harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi tentang kemampuannya mengayomi anggota.

Daftar Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS Tentang Kepribadian

  1. Sebutkan gambaran tanggung jawab yang akan diemban sebagai ketua OSIS nantinya.

Tanggung jawab seseorang akan terlihat ketika diberi sebuah tugas. Tugas dalam mengemban jabatan ini, harus diiringi dengan rasa mau berkorban demi kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

  1. Bagaimana cara Anda mengatasi tekanan dari berbagai masalah pribadi yang harus dikesampingkan untuk lebih mengutamakan tugas organisasi?

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh seseorang. Saat memiliki tanggung jawab ini, pimpinan harus mampu memanajemen waktu dan membagi tanggung jawab.

Pertanyaan Mengenai Kepemimpinan Seorang Ketua

  1. Seperti apa visi misi dan program kerja yang Anda rencanakan untuk memajukan organisasi ini?

Pemikiran yang luas tentang rencana ke depan harus dimiliki seorang ketua. Didongkrak dari visi misi yang disampaikan pada penjelasan mendasar. Proses apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan utama.

  1. Tindakan seperti apa yang akan diberikan kepada pengurus yang mangkir dari tugas?

Ketegasan harus ditunjukkan kepada seluruh anggota. Kemampuan untuk mengayomi anggota dan memberikan sanksi tegas kepada siapa saja yang mangkir dari tanggung jawab bersama.

  1. Segala sesuatu tidak selalu berjalan dengan sesuai rencana lalu bagaimana cara Anda menghadapi hambatan-hambatan yang akan datang?

Mental pantang menyerah, selalu berusaha, dan belajar dari kegagalan adalah kunci utama bagi seorang pemimpin. Harus ada persiapan rencana cadangan apabila salah satu program tidak berjalan dengan lancar.

  1. Konsekuensi seperti apa yang akan diterima apabila tidak melaksanakan tugas dan janji sebagai seorang ketua?

Tidak hanya tegas kepada anggotanya saja, diri sendiri harus memegang komitmen dengan integritas tinggi. Memisahkan urusan pribadi dan organisasi, dengan tidak meninggalkan tanggung jawab utamanya sebagai pelajar.

Beberapa kisi-kisi pertanyaan calon ketua OSIS di atas dapat dijadikan referensi untuk pemilihan kandidat yang akan datang. Segala aspek mendasar mulai dari kepribadian sampai kepemimpinan harus dimiliki oleh siswa.