Cara Melihat Spek Laptop Sebelum Membeli, Mudah dan Cepat

Laptop atau komputer sekarang sudah menjadi kebutuhan utama baik dalam hal pendidikan atau pekerjaan saat ini. Sebelum membelinya Anda perlu mengetahui cara melihat spek laptop terlebih dulu.

Spek laptop merupakan deskripsi teknis mengenai komponen dan kemampuan komputer mulai dari kecepatan prosesor sampai model. Pembeli harus melihat kecepatan prosesor yang ditunjukkan dalam GHz, semakin tinggi angka maka semakin cepat kinerja komputer.

Selanjutnya Anda juga perlu mengecek Random Access Memory (RAM) untuk mengetahui kapasitas memori dari unit tersebut. Mengetahui spesifikasi laptop membuat Anda dapat mengatur kapasitas perangkat dalam memenuhi kebutuhan penggunaan.

Semua komponen tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Spesifikasi laptop akan menunjukkan kegunaan serta kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut. Berikut kami ulas cara melihat spek laptop sebelum membeli.

Cara Melihat Spek Laptop Melalui Settings

Cara pertama paling mendasar dan sederhana adalah membuka Pengaturan atau Settings yang ada pada perangkat Anda. Dengan menggunakan cara ini maka akan ditampilkan gambaran umum konfigurasi sistem perangkat Anda. Ikuti langkah berikut.

  1. Buka Settings atau pengaturan melalui tab menu Search di bagian bawah desktop sebelah kiri.
  2. Kemudian klik tab menu System.
  3. Dengan begitu spesifikasi PC akan muncul dengan lengkap mulai dari merek, jenis prosesor, RAM, versi, dan detail sistem keamanan lainnya.

Melalui This PC di My Computer

Berikut cara melihat spek laptop kedua yakni melalui This PC di My Computer. Selain melalui Settings pengguna juga dapat mengecek spesifikasi perangkat dengan beberapa langkah seperti di bawah ini.

  • Pertama buka Windows Explorer menggunakan jalan pintas agar lebih mudah yaitu tekan Windows+E selesai pada keyboard.
  • Dilanjutkan dengan Klik Kanan pada My Computer atau pilihan This PC.
  • Klik Properties.
  • Sekarang Anda bisa melihat detail informasi mulai dari Tipe, RAM dan kecepatan.

Lihat Spesifikasi Komputer Dengan CPU-Z

Cara melihat spek laptop dengan CPU-Z sedikit berbeda dari cara sebelumnya. Sebelumnya Anda hanya perlu memanfaatkan fitur yang telah tersedia pada perangkat. CPU-Z adalah pihak ketiga berupa aplikasi yang berguna untuk melihat spesifikasi PC.

  • Pertama unduh dan install terlebih dahulu CPU-Z pada komputer Anda.
  • Setelah memastikan aplikasi terinstal dengan sempurna, Buka aplikasi dan rincian spesifikasi akan langsung terlihat secara detail.
  • Pengguna dapat melihat CPU mulai dari nama processorsampai core speed pada kolom CPU.
  • Untuk informasi dari mainboardlaptop silakan buka kolom Mainboard pada platform CPU-Z
  • Sedangkan untuk mengecek kapasitas memori, buka kolom Tab SPD maka slot peran serta beragam informasi mengenai penyimpanan akan terlihat jelas.
  • Aplikasi ini juga dapat mendeteksi power consumptiondan tegangan listrik yang dibutuhkan pada perangkat.

Melihat Spesifikasi PC Via Software Speccy

Cara melihat spek laptop menggunakan software selanjutnya adalah Software Speccy. Seperti biasa, Anda harus mengunduh dan menginstal software terlebih dahulu di perangkat. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat dan teliti.

  • Pastikan softwareterinstal dengan sempurna agar dapat dibuka.
  • Setelah terinstal informasi rinci sudah dapat dilihat pengguna lengkap mengenai spesifikasi CPU Anda.
  • Lebih jelasnya pengguna dapat melihat secara rinci mengenai spesifikasi dari PC dalam kolom Tab Summary.

Mengetahui kualifikasi PC atau laptop tujuannya adalah untuk memastikan Apakah perangkat tersebut kompatibel untuk menginstal software tertentu yang Anda butuhkan. Mulai dari model motherboard, memori RAM, dan prosesor yang digunakan.

Selain itu pengguna juga dapat mengetahui keunggulan komponen yang terpasang misalnya mengenai kecepatan dan kapasitas penyimpanan perangkat. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara melihat spek laptop sebelum memutuskan untuk membelinya.