Cara Melacak HP dengan IMEI yang Cepat

Apakah Anda kehilangan ponsel dan berusaha mencarinya lagi? Jangan khawatir, terdapat cara melacak HP dengan IMEI untuk menemukan ponsel yang hilang cepat dan sangat mudah.

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity atau kode unik untuk setiap perangkat seluler yang berlaku secara internasional, sehingga semua ponsel memiliki identitasnya masing-masing, berbeda dengan ponsel lainnya.

Saat membeli perangkat seluler, pengguna perlu memeriksa nomor IMEI dan memastikannya apakah sudah terdaftar atau tidak di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Mengenal Apa Itu IMEI dalam HP

IMEI adalah nomor 15 digit yang terdapat pada perangkat telekomunikasi. Dengan memeriksa Nomor IMEI, Anda dapat mengetahui negara pengguna, jaringan perangkat, garansi, informasi operator, dan cara melacak HP dengan IMEI.

Pada umumnya operator seluler menggunakan International Mobile Equipment Identity sebagai identitas perangkat agar ponsel mudah dilacak jika hilang atau dicuri. Bagaimana dengan HP yang belum memiliki nomor tersebut?

Jika membeli ponsel dari luar negeri, ada kemungkinan ponsel tersebut tidak terdaftar International Mobile Equipment Identity. Fungsinya adalah untuk secara unik mengidentifikasi perangkat seluler atau Perangkat Seluler,

Komputer Genggam dan Tablet (HKT) yang terhubung ke jaringan seluler. Fungsi IMEI sangat penting karena pengguna perangkat dapat terhubung ke operator jaringan seluler yang beroperasi di Indonesia segera setelah mendaftar.

Jika nomor tidak terdaftar di website Kementerian Perindustrian, kemungkinan besar perangkat terkena pembatasan akses dan seluler hingga diblokir.

Kebijakan pengendalian ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 tentang pengendalian alat dan perangkat telekomunikasi yang terhubung ke jaringan seluler melalui identifikasi.

Inilah Cara Melacak HP dengan IMEI Mudah dan Cepat

Pemilik ponsel perlu mengecek nomor mengingat arti dari status apakah ponselnya legal atau tidak, biasanya nomor IMEI tertera pada box atau dus ponsel. Namun jika hilang berikut cara melacaknya.

1. Ketahui Nomor IMEI

Nomor IMEI bisa Anda temukan sendiri dengan membuka menu “Tentang perangkat” di ponsel tersebut atau memasukkan kombinasi angka *#06#*.

Harus diingat bahwa cara melacak HP dengan IMEI ini hanya dapat dideteksi selama ada koneksi Internet, GPS dan ponsel aktif atau menggunakan kartu SIM di dalamnya.

Saat ponsel dimatikan, lokasi ponsel akan hilang dan tidak bisa terdeteksi. Namun cara satu ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan handphone yang hilang.

2. Meminta Surat Keterangan Hilang

Jika ponsel hilang atau dicuri, Anda masih dapat menemukan ponsel Anda melalui nomor tersebut. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah meminta sertifikat yang hilang dari pihak berwenang.

Hal tersebut untuk meminta operator seluler melacak ponsel yang hilang. Meski terdengar rumit, melacak HP menggunakan IMEI cukup aman karena data pribadi Anda lebih terlindungi.

3. Hubungi Pusat Panggilan Operator Seluler

Cara melacak HP dengan IMEI lainnya setelah menerima surat hilang, Anda bisa melacak HP yang hilang menghubungi call center operator smartphone.

Pemilik smartphone juga dapat mengunjungi lokasi penjualan penyedia jaringan. Berikan nomor ponsel Anda kepada operator seluler nantinya akan memberi tahu tentang ponsel Anda yang hilang.

4. Kunjungi Gerai Operator

Setelah menerima sertifikat kerugian, segera pergi ke titik penjualan operator jaringan. Di sana Anda hanya perlu memberikan nomor HP kepada operator.

Setelah diproses, Anda akan diberitahu keberadaan HP Anda yang hilang. Ketika lokasi perangkat ditemukan, Anda dapat melanjutkan perawatan lebih lanjut melalui cara melacak HP dengan IMEI.

Jika terjadi kehilangan perangkat atau insiden pencurian yang Anda alami, Anda dapat menyimpan nomor tersebut pada penyedia penyimpanan data online.

Dengan begini, jika HP Anda hilang lagi, Anda bisa mendapatkan nomor tanpa harus pulang untuk mengecek nomor di kotak perangkat.

Melalui nomor tersebut pengguna juga bisa mengecek spesifikasi smartphone seperti tahun, RAM, CPU, dan banyak lagi selain dari cara melacak HP dengan IMEI.